Ganti Bos Baru, Xiaomi Siap Jalankan Ekspansi

Image dari Financialexpress.com

Seperti diketahui bersama bahwa perusahaan teknologi produsen #smartphone, Xiaomi belum lama ini ditinggal salah satu petingginya yakni Hugo Barra dari jajaran eksekutif. Sebelumnya, Hugo Barra menempati salah satu posisi teratas yakni sebagai Vice President Xiaomi.

Dengan keluarnya sosok tersebut, perusahaan tentu membutuhkan pengganti yang dinilai mampu memberikan performa lebih baik. Dari situlah, pimpinan Xiaomi India, Manu Kumar Jain ditunjuk untuk menggantikan posisi Hugo Barra.

Sosok Berprestasi

Sebelum resmi menjabat sebagai Vice President Xiaomi, Manu Kumar Jain menjabat sebagai Head of Xiaomi India. Posisi tersebut mulai diemban oleh Jain sejak tahun 2014 ketika pabrikan asal Tiongkok tersebut masuk ke pasar India.



Mengenai rekam sejak dari Jain sendiri, ia sebelumnya merupakan pendiri e-commerce di bidang fashion, Jabong. Namun ketika menerima tawaran dari Xiaomi, Jain memutuskan untuk keluar dan mulai aktif memimpin pergerakan produk Xiaomi di negara Bollywood.

Artikel lain: Yi Camera ~ Produk Terbaru Xiaomi Bermain di Pasar Action Camera

Alasan penunjuk Jain jadi bos baru perusahaan Xiaomi tentu bukan tanpa pertimbangan panjang. Disinyalir alasan pertama adalah melihat performa bisnis yang berhasil dicapai Jain selama memimpin untuk kawasan regional India.

Meskipun masih terbilang baru, kurang dari 2 tahun Jain sudah mampu memberikan pendapatan besar untuk penjualan produk Xiaomi di india. Tercatat bahwa, pria berambut tipis ini mampu membukukan keuntungan lebih dari satu miliar dollar pada tutup tahun 2016.

Untuk bisa memimpin perusahaan teknologi sebesar Xiaomi yang telah memiliki nama di pasar Asia, tentu membutuhkan kapabilitas dan pengalaman yang telah terbukti. Terlebih, masalah persaingan perusahaan teknologi produsen smartphone yang semakin ketat, juga mengharuskan pimpinan Xiaomi berikutnya mampu “membidani” lahirnya inovasi baru agar tidak kalah dengan para pesaing.

Alasan lain yang muncul adalah karena, besarnya pengaruh pasar India untuk kesuksesan perusahaan Xiaomi. Hingga saat ini, Tiongkok sebagai rumah dari perusahaan Xiaomi masih menjadi lokasi penyumbang keuntungan terbesar diikuti oleh negara India.

Tidak mengejutkan jika kemudian para eksekutif perusahaan mencoba mengakuisisi talenta lokal yang terbukti mampu memberikan prestasi.

Tetap Mengawasi Kawasan India

Meskipun telah ditunjuk sebagai Vice President Xiaomi, Jain akan tetap mengampu posisi strategis untuk wilayah pemasaran India. Oleh karena itu, jabatan ganda sebagai Managing Director of Xiaomi India akan dijalankan Jain selama beberapa periode berikut ini.

Disampaikan oleh juru bicara Xiaomi beberapa waktu lalu, operasional bisnis Xiaomi yang ada di India tetap akan berada dalam pengawasan Jain. Hal ini termasuk juga penjualan, purna jual, dukungan konsumen, manufaktur serta berbagai hal lainnya.

Perkembangan penjualan produk Xiaomi di India juga turut perangkat naik berkat prestasi yang ditorehkan Jain. Secara keseluruhan, Xiaomi mampu menjadi produsen smartphone terfavorit kedua yang ada di India. Dengan begitu, penetrasi untuk terus memperluas dominasi di pasar India tentu menjadi prioritas perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Dalam keterangannya, perusahaan Xiaomi akan dipimpin oleh Manu Kumar Jain sejak keputusan diambil beberapa waktu lalu. Tidak hanya berdiri sendiri, Jain juga akan mendapat pengawasan langsung dari senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang.

Baca juga: Inilah 5 Perusahaan Dengan Nilai Akuisisi Facebook Terbesar

Xiang Wang sendiri juga bukan sosok baru dalam industri teknologi Tiongkok. Sebelum nyaman menduduki posisi Senior Vice President Xiaomi, ia jika sudah menjadi Senior VP di Qualcomm. Baru pada tahun 2015 lalu, ia bergabung bersama tim eksekutif Xiaomi menjabat Vice President of Strategic Cooperation.

“Xiang Wang, Senior Vice President of Xiaomiakan memimpin semua upaya ekspansi global setelah keluarnya Hugo. Jain akan bekerja secara langsung dengan Xiang Wang untuk membangun kisah sukses India yang lebih kuat,” terang juru bicara Xiaomi.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud