Freelancer, Ini Cara Mengatasi Klien Yang Tidak Yakin Dengan Kerjamu!

Freelancer, Ini Cara Mengatasi Klien Yang Tidak Yakin Dengan Kerjamu!

Image dari Viralnovelty.net
Image dari Viralnovelty.net

Dalam dunia freelance, kepercayaan adalah sesuatu yang sangat berpengaruh signifikan terhadap bisnis ini. Tidak akan pernah berhasil kalian sebagai seorang freelancer tanpa memperoleh kepercayaan dari klien. Tentu saja klien di sana tidak semua memiliki karakter yang sama. Ada yang sangat percaya pada kerja kalian sebagai freelancer, ada yang justru sebaliknya. Model klien seperti ini yang sedikit memerlukan penanganan yang berbeda.

Jika kalian sulit mendapatkan kepercayaan darinya, maka bisa menjadi potensi yang merugikan terhadap reputasi yang sudah kalian bangun selama ini sebagai freelancer yang recommended. Nah, jangan biarkan itu terjadi pada kalian, segera antisipasi dan selesaikan masalah tersebut dengan baik. Perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Yakinkan Mereka Dengan Memberi Informasi yang Benar

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk meyakinkan mereka adalah dengan memberikan informasi yang benar. Berikan informasi tentang sampai di mana proyek dari klien yang sedang kalian kerjakan.

Jika masih sampai pada 25% misalnya, ya sampaikan saja apa adanya, jangan lantas menyampaikan pada klien sudah 50%. Ini biasanya sering terjadi untuk menyenangkan klien terhadap apa yang dipesankan. Dengan memberikan informasi yang sesuai dengan fakta, saya yakin akan menambah tingkat kepercayaan dari klien kalian sendiri.

Artikel lain: Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

2. Perlihatkan Apa yang Kalian Kerjakan Pada Klien

Ketidakpercayaan klien bisanya bisa terbaca ketika mereka banyak menanyakan sesuatu yang tak jarang tidak penting. Dan, ini akan membuat kalian merasa terganggu dengan pertanyaan dari mereka. Rangkaian pertanyaan semacam “bagaimana Anda membuat ini”, “bagaimana Anda menyelesaikannya” itu menunjukkan bahwa mereka tidak yakin dengan apa yang kalian kerjakan.

Coba sesekali perlihatkan bagaimana cara kalian bekerja dan menyelesaikan proyok-proyek yang ada. Bisa dengan merekam dengan video, atau dengan memberikan foto, cara ini bisa sedikit meredam ketidakyakinan mereka terhadap apa yang kalian kerjakan.

3. Berusahalah Semaksimal Mungkin Dalam Mengerjakan Setiap Proyek

Mungkin ada banyak alasan bagi para klien untuk tidak yakin terhadap apa yang kalian perbuat. Salah satunya mungkin karena mereka tidak kenal pada kalian sebelumnya. Nah, cara terbaik klien bisa mengetahui kapasitas kalian adalah dengan melihat proyek-proyek kalian sebelumnya.

Di sinilah pentingnya kalian harus selalu mengerjakan proyek dengan maksimal. Jangan mudah puas diri, akan semakin bagus dan meyakinkan apabila kalian bisa selalu meningkatkan kualitas pekerjaan kalian. Karena kalian adalah seorang pekerja #freelance, maka kualitas lah yang menjadi jualan utama kalian. Maka dengan meningkatkan kualitas, tentu dengan sendirinya reputasi akan terbangun sehingga kalian akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan dari klien.

4. Selalu Informasikan Perkembangan Terbaru 

Dengan selalu memberikan informasi perkembangan terbaru, diharapkan klien bisa semakin yakin pada kalian bahwa kalian adalah mampu dan sedang bekerja. Informasi itu menunjukkan bahwa proyek dari klien benar-benar dikerjakan dan sedang diproses.

Bukan berarti kalian harus menyampaikannya setiap hari, tapi lebih kepada signifikansi perkembangan proyek yang sedang kalian kerjakan. Mungkin dari 10% menjadi 20% begitu selanjutnya, dengan cara seperti ini bisa membuat klien lebih percaya pada kalian dan mereka bisa lebih tenang.

Selain itu, dengan menyampaikan perkembangan terbaru juga bisa meningkatkan komunikasi kalian dengan mereka. Tentunya komunikasi lang lancar akan membuat hubungan keterikatan semakin terbangun yang pada akhirnya akan meningkatkan rasa yakin dari mereka kepada kalian.

Baca juga: 4 Kesalahan Yang Membuat Freelancer Pemula Gagal

5. Tetap Fokus dan Profesional Meski Ditekan

Sikap ini sangat perlu kalian jaga, tetaplah menjadi serang profesional meskipun keadaan menghimpit kalian. Kebanyakan klien yang tidak yakin dengan pekerjaan kalian, biasanya cenderung akan menekan kalian. Tetaplah sabar dan fokus dalam mengerjakan proyek dari mereka agar hasilnya tetap bisa maksimal. jawab ketidakyakinan klien dengan hasil kerja yang maksimal.

Jangan terlihat sebagai seorang yang panik, tunjukkan kemampuan kalian pada mereka. Panik akan justru akan membuat klien semakin tidak percaya dengan kerja kalian. Tenang saja dan tetap fokus pada pekerjaan.

Sebagai seorang freelancer, kalian harus memperhatikan betul hal ini. Karena jika kalian tidak serius menangani klien yang tidak yakin pada kalian ini, imbasnya akan sangat buruk pada pekerjaan kalian ke depan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan