Food Photography ~ Peluang Bisnis Buat Yang Hobi Memotret Makanan

food photography

Image dari Blasshofer.com

Jika sesuatu sudah menjadi hobi, memang sangat menyenangkan untuk menjalaninya. Nah, dewasa ini salah satu hobi yang tengah digemari oleh khalayak terutama pemuda adalah hobi #fotografi. Banyak sekali pehobi-pehobi fotografi baru yang bermunculan dengan berbagai passionnya masing-masing. Kreasi dalam hobi fotografi semakin hari semakin banyak dan berkembang. Bahan yang dijadikan objek pun juga demikian, ada pemandangan alam, model, motor, mobil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, ternyata dari hobi fotografi ini ada banyak #peluang bisnis dari hobi yang bisa dijadikan usaha lebih serius lagi. Umumnya mungkin menjadi seorang fotografer dari model atau fotografer untuk kebutuhan jurnalistik. Namun ada jenis fotografi baru yang saat ini mulai banyak peminatnya, yaitu food photography. Apa itu food photography dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Food Photography

Fotografi makanan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan #bisnis kuliner yang semakin hari semakin besar. Persaingan yang tinggi untuk mendapatkan pelanggan dari bisnis ini memunculkan berbagai cara untuk memikat calon pelanggan.

Salah satu cara yang digunakan untuk promosi pada bisnis kuliner adalah dengan mengekspose makanan melalui fotografi. Nah, di sinilah peran fotografer sangat dibutuhkan. Tugas dari fotografer makanan adalah mengambil gambar dari menu makanan semenarik mungkun untuk membuat penikmat kuliner semakin terpikat.

Seorang fotografer makanan harus mampu menonjolkan sisi nikmat atau eksotisnya makanan melalui jepretan. Sedikit berbeda dengan seni fotografi lainnya, karena tentu saja mengambil gambar makanan berbeda dengan mengambil foto pada objek yang lain. Setiap menu makanan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.




Artikel lain: Mencermati Tehnik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online

Prospek Bisnis Food Photography ke Depan

Bisnis fotografi ini berkaitan erat dengan bisnis kuliner, jadi ketika bisnis kuliner tetap berkembang maka saya yakin bisnis ini juga akan tetap eksis. Selain itu, perkembangan #bisnis online dan media sosial juga sangat berpengaruh terhadap bisnis ini. Banyaknya kebutuhan akan hasil jepretan yang menawan untuk keperluan promosi melalui media sosial atau website, semakin menjadikan bisnis ini mendapatkan peluang.

Selain hal di atas, saat ini juga semakin banyak hotel maupun restoran besar yang semakin sadar akan kebutuhan promosi melalui media online. Dan, tentu saja semua itu membutuhkan sebuah foto yang berkualitas untuk menghasilkan kesatuan promosi yang menggoda. Dari situ bisa kita simpulkan bahwa kebutuhan pasar terhadap bisnis fotografi makanan ini masih tinggi.

Potensi Penghasilan Dari Bisnis Food Photography

Lalu jika bisnis ini potensial ke depan, berapa potensi penghasilan yang bisa dihasilkan dari aktifitas ini. Sebelumnya, fotografi makanan ini bisa dijalankan dengan sendirian ataupun dengan berpartner. Tentunya masing-masing tarf akan berbeda.

Rata-rata tarif yang dipatok pada umumnya setiap paket mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta. Tarif tersebut belum biasanya belum termasuk biaya yang lain, seperti biaya transportasi dan biaya akomodasi jika dibutuhkan di luar daerah.




Bahkan ada beberapa fotogarfer makanan yang mematok harga lebih mahal, bisa mencapai 5 juta sampai 20 juta rupiah. Biasanya jasa itu sering diperlukan oleh beberapa resto berkelas. Karena biasanya makanan resto lebih simpel dan sederhana, dan tentu sangat sulit mengambil angel sisi-sisi menarik dari makanan yang disajikan.

Baca juga: Fotografi ~ Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Menurut beberapa pelaku bisnis fotografi makanan ini, rata-rata mereka melayani 5 sampai 10 paket dalam satu bulan. Jika diambil rata-rata dari Rp. 500.000 – Rp. 1. 000.000 adalah Rp. 2.500.000 dengan perkiraan pesanan paket misalnya 5 kali saja, maka dalam satu bulan bisa menghasilkan Rp. 12.500.000. Penghasilan yang lumayan bukan, penghasilan tersebut tergantung juga pada paket yang dipesan dan juga tergantung kepada tingkat kesulitan objek yang diambil.

Bukankah peluang bisnis yang menarik dari hobi yang bisa Anda kerjakan? Namun juga perlu Anda ketahui, sebelum menjalankan atau membuka bisnis jasa ini Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perlu Anda ketahui teknik-teknik tertentu agar bisa menghasilkan citra lezat dan nikmat dari makanan itu sendiri.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud