File Android Terhapus dan Ingin Kembali? Lakukan 5 Trik Berikut Ini

cara mengembalikan data Android yang terhapus

Image dari Androiddata-recovery.com

Sebagai salah satu komponen penting dalam urusan dan kepentingan komunikasi lain, file adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita jaga. Tidak hanya sebatas untuk kepentingan kerja, beberapa file yang ada juga penting untuk kita sebagai sarana komunikasi dan hiburan. Sayangnya data yang tersimpan dalam sebuah perangkat digital termasuk #smartphone Android kadangkala memiliki kerentanan untuk hilang dan terhapus.

Dengan sengaja atau tidak sengaja karena aksi kita atau sebab dari sistem yang rusak, maka data file bisa saja terhapus dari ponsel pintar Android. Nah saat sudah terhapus banyak orang kebingungan bagaimana caranya untuk mengembalikan file tersebut. Meski tak seratus dijamin berhasil setidaknya beberapa trik berikut ini akan mampu membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dari perangkat #Android. Berikut ulasannya.

1. Mengembalikan Foto Terhapus dari Google Photos

Trik pertama yang akan dibahas adalah pengembalian file Android berupa foto dari #aplikasi Google Foto. Ya  file dari Google Photo memang bisa saja kemudian terhapus. Namun jangan khawatir Anda bisa mengembalikannya dengan cara memilih opsi Bin di menu Google Photos.

Dari sana Anda dapat memilih dan menahan gambar yang telah terhapus dan ingin dikembalikan. Kemudian ketuk restore supaya gambar yang sudah terhapus tadi kembali muncul lagi. Dalam mekanismenya Google memang tak melakukan penghapusan secara langsung dari gambar yang sudah dihapus, namun Google akan memasukkan terlebih dulu ke bin.

Artikel lain: Cara Backup dan Restore Data SMS di Android

Namun Anda harus ingat bahwa foto yang disimpan Google di bin ini hanya bertahan 60 hari, dan setelah lewat dari waktu itu maka Google akan menghapusnya dengan otomatis.

2. Mengembalikan File Terhapus di Google Drive

untuk mengembalikan file yang terhapus di Google Drive, Anda bisa melakukan hal yang hampir sama dengan trik pertama di Google Photos. Pertama-tama masuk ke aplikasi Google Drive. Setelah itu pilih opsi Bin. Kemudian pilih file yang telah terhapus dan ingin dikembalikan. Berikutnya sentuh ikon ‘restore‘ guna memunculkan kembali file yang telah terhapus tersebut.




Seperti pada Google Photo, pada Google Drive Anda hanya memiliki beberapa waktu saja untuk bisa melakukan restore. Jika melewati waktu (biasanya 60 hari) maka file yang tersimpan sementara di bin (tempat sampah) akan dihapus secara permanen.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga DiskDigger

Jika Anda melakukan penghapusan file tidak melalui aplikasi Google, maka Anda membutuhkan aplikasi lain yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan file. Caranya Anda bisa menggunakan aplikasi DiskDigger yang bisa Anda unduh dari Google Play Store.

Setelah Anda mengunduhnya, Anda bisa langsung menggunakannya untuk mengembalikan file yang telah terhapus. Dari aplikasi DiskDigger sendiri diketahui masih terbatas pada file foto yang sudah terhapus. Untuk bisa mendeteksi file berbentuk video dengan DiskDiger ini, maka Anda perlu melakukan root pada smartphone Anda.

4. Menghubungkannya dengan Komputer

Masih belum berhasil mengembalikan file yang terhapus? Jangan khawatir lakukan cara berikut ini. Hubungkan smartphone Anda dengan laptop atau komputer. Namun sebelum menghubungkan, pastikan #komputer atau laptop Anda telah memiliki software pengembalian file Recuva. Nah jika sudah terdapat software Recuva ini maka Anda bisa menghubungkan smartphone Anda dan menjalankan Recuva.

Saat menjalankan Recuva, pengguna cukup men-setting tipe file terhapus yang ingin dicari. Setelah file ditemukan klik file tersebut dan pilih opsi recovery guna mengembalikan file. Namun dalam menjalankan hal ini Anda harus ingat bahwa kemungkinan file kembali lebih besar terjadi dan berlaku pada memori internal daripada memori eksternal.

Baca juga: Inilah 4 Cara Ampuh Untuk Amankan Data ala Edward Snowden

5. Mengembalikan Data di Game

Permainan #game yang sudah dimainkan begitu lama dan sudah mencapai level tertentu memang akan menyebalkan jika kemudian file-nya hilang. Namun dengan sistem yang ada pada Google, maka hal ini akan teratasi. Sebab memainkan game dengan menggunakan akun Google di Google Play Store maka Google akan melakukan penyimpanan data permainan secara otomatis. Jadi Anda tak perlu khawatir kehilangan level-level Anda di game Android.

Dengan masuk atau login dengan akun #Google maka Game pun bisa dimainkan lagi dengan level yang sama tanpa harus mengulang di level awal. Tapi sekali lagi hal ini akan berlaku jika pengguna mengaktifkan fitur masuk di Google Play Games.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud