Fenomena April The Giraffe ~ Belajar Mempopulerkan Dari Hal Yang Sederhana

Image dari Express.co.uk

Belum lama ini pengguna internet terutama yang berada di kawasan Amerika Serikat sedang banyak membahas tentang salah satu fenomena online dari seekor jerapah yang berada di salah satu kebun binatang.

Terkenal dengan nama April the Giraffe, jerapah yang satu ini mungkin tidak terlalu berbeda dengan jerapah lain yang pernah kita lihat di kebun binatang. Namun, yang membuat dirinya viral adalah karena kebun binatang tempat jerapah tersebut dibesarkan melakukan beberapa langkah marketing cerdas untuk melambungkan nama April.

Bermula Dari Youtube

April adalah seekor jerapah yang dibesarkan di salah satu kebun binatang Animal Adventure Park di Amerika Serikat. Dari situ muncul video yang diupload di YouTube berisi tampilan April yang sedang berada dalam masa mengandung anak keempatnya.

Dibungkus dengan kisah yang menarik, cerita tentang April si jerapah dengan cepat menyebar melalui internet dan menjadi viral di media sosial. Uniknya, kebun binatang tempat April dirawat bahkan sampai saat ini belum secara resmi dibuka, namun sudah begitu terkenal akibat pemberitaan.

Artikel lain: Belajar Kekuatan Konten Viral Dari Kesuksesan Founder Dollarshaveclub.Com, Michael Dubin

Dan berikut ini beberapa hal yang bisa kita pelajari dari fenomena April the Giraffe tersebut.

Sesuatu yang sederhana di mata kita bisa menjadi luar biasa di mata orang lain

Terkadang kita lupa bahwa, sesuatu yang kita lakukan atau kita sadari setiap hari bisa jadi adalah sesuatu yang terkesan istimewa atau di luar kebiasaan bagi orang lain. Inilah dasar pemikiran dari strategi marketing yang dilakukan oleh kebun binatang Animal Adventure Park.

Jika kita melihat dari sisi pengembang kebun binatang atau mungkin pelatih jerapah, melihat seekor jerapah hamil dan melahirkan bukanlah hal yang terlalu besar. Namun tentunya hal ini tidak berlaku bagi kebanyakan orang di luar sana. Menyaksikan seekor jerapah melahirkan adalah hal yang tidak bisa dilihat sehari-hari.




Apalagi, jika diperkenalkan lewat media online seperti streaming video, tentu makin banyak orang yang tertarik untuk melihatnya. Sejak bulan April 2016 lalu, video tentang jerapah April yang hamil sudah mulai dipopulerkan hingga akhirnya bisa menarik perhatian banyak sekali netizen  dan penasaran seperti apa perkembangan dari si jerapah tersebut.

Memanfaatkan Fasilitas Teknologi

Ketika ide untuk membuat video live streaming jerapah tersebut muncul, mungkin bukan hal yang luar biasa brilian. Karena, untuk menjalankan video live streaming melalui YouTube atau media sosial lain, saat ini sudah cukup mudah. Yang terpenting mempunyai perangkat serta koneksi internet, kita bisa melakukannya.

Namun yang luar biasa adalah, bagaimana sebuah video live streaming bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan sebuah maskot kebun binatang dengan cara yang berbeda. Pemanfaatan fasilitas teknologi “sederhana” tersebut, makan bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Mulailah Sebelum Anda “Siap”

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa sebenarnya kebun binatang Animal Adventure Park, sebenarnya belum benar- benar aktif beroperasi. Inilah hal yang patut diapresiasi dari pihak pengembang kebun binatang, karena berhasil membangun ketertarikan masyarakat luas bahkan sebelum kebun binatang tersebut dibuka.

Hal ini tidak terlepas dari, banyaknya pemberitaan media terkait dengan bisnis tersebut. Yang bisa dipelajari, terkadang kita perlu untuk langsung menjalankan sesuatu bahkan ketika kita belum sepenuhnya “siap” dengan berbagai atribut pelengkap.  Ini bukan tentang bagaimana menjadi sempurna di awal, namun membuat awalan yang baik dan efektif.

Baca juga: Ingin Ciptakan Konten Viral? Inilah 9+1 Teknik yang Bisa Anda Coba

Kekuatan Promosi

Sebagai pelengkap dari apa yang bisa kita pelajari ketika menyaksikan video April the Giraffe adalah, pengembang kebun binatang juga tidak lupa untuk menjalankan upaya promosi. Dalam video April yang diunggah melalui YouTube, Animal Adventure Park juga menyertakan beberapa materi promosi seperti misalnya menawarkan  konten digital serta sumbangan untuk pengembangan kebun binatang.

Disampaikan bahwa, masyarakat bisa memberi dukungan tidak hanya untuk April namun juga pengembangan kebun binatang dengan cara mendownload GiraffeMoji seharga $1.99 atau sekitar Rp 14.000 lewat toko App Store. Selain itu, ada juga opsi sumbangan melalui GoFundMe dari akun kebun binatang tersebut.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Menarik sekali. Sesuatu yang terlihat sepele ternyata bisa menjadi hal yang luar biasa.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud