Facebook Moments ~ Ubah Kumpulan Foto Menjadi Video yang Mengesankan

Image dari clapway.com

Image dari clapway.com

Setelah muncul pada bulan Juni 2015 yang lalu, “Moments” yang merupakan fitur Facebook untuk me-manage kolase foto secara otomatis saat ini telah mampu untuk Anda gunakan untuk membuat video. Kumpulan kolase foto yang telah Anda miliki saat ini dengan Facebook Moments akan mampu Anda jadikan video atau film.

Dengan adanya fitur tambahan ini tentu saja Anda sebagai pengguna akan semakin diberikan keleluasaan dan kemudahan serta pilihan yang lebih atraktif untuk aktivitas di media sosial Facebook ini. Facebook memang dikenal sebagai media sosial yang selalu melakukan inovasi dan gebarakan atau pembaruan fitur untuk terus memanjakan penggunanya. Lalu seperti apakah tambahan fitur terbaru dalam Facebook Moments kali ini? Berikut ulasannya.

Kemunculan Facebook Moments

Seperti disebutkan sebelumnya, “Moments” sebagai fitur #Facebook untuk mengorganisasi kolase foto ini sebenarnya telah muncul sejak bulan Juni 2015 yang lalu. Aplikasi yang terhubung dengan layanan pesan instan Facebook Messenger ini akan mampu memudahkan Anda untuk menyimpan atau mengunggah bahkan menautkan foto-foto ke Facebook dengan cepat tanpa banyak memakan waktu.  Dengan aplikasi tersebut, pengguna Facebook tak perlu menyimpan foto satu persatu. Pengguna juga tak perlu khawatir ada foto yang luput untuk dibagi di beranda Facebook.

Pengguna hanya perlu mensinkronisasi foto-foto yang ada di smartphone atau tablet dengan Facebook. Setelahnya, teknologi pengenal wajah Facebook bakal melacak foto-foto yang menampilkan wajah pengguna dari berbagai akun teman yang juga mengaktifkan fitur “Moments”. Semua foto-foto dari “Moments” ini nantinya akan dikelompokkan berdasarkan tempat pengambilan gambar dan orang-orang yang wajahnya dikenali dalam kejadian atau momen itu.

Artikel lain: Facebook Mentions ~ Fitur Facebook yang Bisa Dekatkan Fan dengan Idolanya

Mendapat Pertentangan dari Beberapa Negara

Namun sayangnya peluncuran Facebook Moments ini kemudian tak didukung bahkan digugat dan dilarang oleh sejumlah negara di Eropa. Seperti oleh pemerintah Irlandia yang menawarkan pihak Facebook agar fitur “Moments” tidak perlu dilengkapi sensor pengenal wajah. Bahkan pemerintah Belgia pun terang-terangan berencana mengambil langkah serius untuk menuntut Facebook ke badan pengawas perlindungan data dan ke pengadilan atas dugaan pencurian data pengguna Internet.

Tidak hanya di Eropa, Moments ternyata juga mendapatkan pertentangan di Kanada dan bahkan di Amerika sendiri. Dengan alasan keamanan data, facebook diharapkan segera memberikan solusi atas respon pertentangan tersebut.

Hadirkan Pembuat Video Klip Kolase dari Foto Anda

Setelah dua bulan beredar, pihak Facebook ternyata tetap mempertahakan “Moments” dan malah mengupdate atau memperbarui fiturnya. Jika dulu “Moments” hanya bisa mengorganisasi kolase foto, kini fitur tersebut telah bisa membuat kumpulan kolase foto tersebut menjadi video atau film. Facebook menambahkan fitur baru aplikasi foto pintar “Moments”, pembuat video klip dari kolase foto terbaik pengguna. Facebook Moments bisa menyatukan beberapa foto ke dalam satu rangkaian cerita dan membuat pengguna bernostalgia.

Untuk menggunakan fitur terbaru ini, caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu memilih foto-foto yang menjadi favorit dan mengingatkan ke momen-momen tertentu, lalu Anda tinggal menyematkan alunan musik pengiring yang dianggap pas.

Setelah pengeditan video sederhana ini rampung, pengguna bisa membagi hasilnya ke beranda Facebook. Selain melakukan editing dan pembuatan video, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mematrikan nama-nama pengguna facebook lain (tagging) yang wajahnya terpampang pada video klip.




Baca juga: Add a Link ~ Fitur Mesin Pencarian Berkonsep Unik Dari Facebook

Ingin Lebih Memanjakan Pengguna dan Meningkatkan Daya Saing

Dengan adanya fitur ini, pihak Facebook berharap pengguna bisa lebih enjoy dan lebih merasakan pengalaman berbeda dengan melihat dan menikmati momen-momen terindah dalam hidup melalui video. Selain itu dengan adanya fitur terbaru “Moments” ini cerita-cerita di masa lalu dari pengguna tak akan lekang oleh waktu karena disimpan dalam bentuk video cerita. Menurut penuturan dari pihak Facebook dikatakan bahwa video ini bisa memotret permulaan, pertengahan dan akhir suatu cerita. Fitur ini juga bisa mengelompokkan foto-foto pada momen dan waktu tertentu.

Ada dugaan bahwa fitur teranyar “Moments” juga dibuat untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitornya yaitu Google Photos. Aplikasi buatan Google tersebut memang telah memungkinkan pengguna membuat GIF dan gambar gabungan dari foto-foto yang tersemat pada Photos. Entah benar atau tidak dugaan itu yang pasti Facebook Moments saat ini telah menjadi lebih canggih dan semakin akan memanjakan penggunanya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Memang apapun yang kita lakukan tidak terlepas dari kontroversi. Ada yang suka dan ada yang tidak. Tapi kalau yang kita lakukan sesuatu yang baik, tidak perlu khawatir dengan orang yang akan kontra dengan kita.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud