Facebook Mentions ~ Fitur Facebook yang Bisa Dekatkan Fan dengan Idolanya

Facebook Mentions

Menjadi jejaring sosial terpopuler di seluruh dunia ternyata tak membuat Facebook lekas berpuas diri. Melalui beragam misi dan visinya, media sosial yang berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat ini terus bergerak, berbenah dan berinovasi. Penambahan dan pembaruan fitur merupakan salah satu wujud pergerakan Facebook untuk selalu bisa menjadi yang terdepan. Setelah beragam fitur telah dikeluarkan sebelumnya, kini giliran Facebook mentions yang dihadirkan pada para penggunanya.

Facebook Mentions sendiri adalah fitur eksklusif yang berguna untuk menghubungkan orang-orang tenar atau populer seperti selebritas, seperti atlet, musikus, dan politikus dengan para fans mereka.  Lalu seperti apakah fitur Facebook mentions ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Cara Kerja Facebook Mentions

Dengan inovasi Facebook mentions, para artis ini bisa membagi videonya langsung kepada para fans. Selain itu, para penggunanya juga dapat memberikan komentar,like, serta mengetahui jika ada teman Facebook mereka atau selebritas lainnya mulai bergabung untuk menonton video tersebut.

Para selebritas ini sendiri nantinya akan muncul pada News Feed Facebook di semua sistem operasi aplikasi mobile Facebook. Apabila pengguna tidak dapat menonton siaran video secara langsung, fitur ini masih bisa membuat para penggunanya menonton video tersebut pada halaman akun selebritas.

Sampai sejauh ini Facebook Mentions memang hanya diperuntukkan bagi para selebritas tertentu. Namun Vadim Lavrusik selaku Product Manager dari layanan Video Live ini sempat mengisyaratkan bahwa nantinya layanan tersebut juga akan bisa digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.

Artikel lain: Facebook Rilis 2 Fitur Baru, Facebook Floating Video dan Custom News Feed




Para selebritas yang telah bergabung dalam Facebook Mentions sendiri juga masih terbatas yaitu Dwayne ‘The Rock’ Johnson, Serena Williams, Luke Bryan, Ricardo Kaká, Ashley Tisdale, Lester Holt, Martha Stewart, dan Michael Bublé. Sedangkan untuk artis tanah air sendiri adalah Slank Band yang telah melakukan streaming perdananya dan mem-posting-nya di akun Facebook mereka.

Hadirkan Fitur Live Streaming

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur Facebook mentions memang dilengkapi dengan tayangan berbagi video secara langsung atau live dari satu pengguna (publik figur) yang terverifikasi ke pengguna Facebook lain yang mengikutnya. Meskipun belum semua publik figure bisa membagi video secara langsungnya, namun kehadiran Facebook mentions ini sudah memberikan warna tersendiri bagi dunia media sosial.

Kelebihan Fitur Live Facebook Mentions

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa live video streaming yang ada pada Facebook Mentions ini ternyata merupakan sebuah fitur terbaru yang dimiliki Facebook. Sebenarnya fitur live Facebook mentions ini bukanlah yang pertama.

Kita tahu bersama bahwa sebelumnya ada Twitter yang memperkenalkan Periscope dan Snapchat yang memiliki klip-klip dengan banyak sudut pandang. Walaupun Facebook bukan pihak yang pertama kali menerapkan fitur live ini, namun mereka memiliki keunggulan sendiri dalam live video yang dimilikinya.

Jika Periscope memiliki live video yang kemudian membuatnya melesat dengan satu juta pengguna dalam 10 hari pertama setelah pembukaannya, ternyata video itu hanya berlaku 24 jam saja, karena setelah itu vidio akan dihapus. Inilah kelemahan Periscope. Sedangkan Facebook Mentions, meskipun belum bisa diberlakukan untuk semua pengguna, namun pengguna bisa  melihat live video yang ada kapan pun ia mau dengan cara mengunjungi akun Facebook sang selebriti.




Sedangkan untuk Snapchat, vidio yang disebut sebagai Live Stories ini tidak real time, karena Ada jeda sekitar satu jam antara waktu pengunggahan si pengguna dan waktu bagi editor menaruhnya dalam story. Facebook Mentions sendiri hadir secara real time saat itu juga.

Baca juga: Peluncuran Layanan Musik Facebook, Seperti Apakah Perkembangannya Saat Ini?

Persaingan Bisnis Digital Semakin Sengit

Pada akhirnya, peluncuran Facebook Mentions ini memang mau tak mau akan semakin membuat persaingan bisnis digital semakin sengit, terutama antara Twitter (Periscope) dan Facebook. Pihak Facebook sendiri tidak menampik fakta bahwa dibalik peluncuran Facebook Mentions ini ada usaha mereka untuk tidak ketinggalan kereta dan merebut pasar video live.

Dengan memanfaatkan popularitas para selebritas atau figur publik yang telah memiliki banyak fans dan pengikut, Facebook mengharapkan bahwa Facebook Mentions bisa sukses dan bisa mengungguli para pesaingnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah,, inovasi yang dilakukan facebook tambah keren saja, pantaslah jadi sosial media yg paling populer saat ini,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud