Facebook, Media Sosial Paling Banyak Digunakan Kaum Muda Indonesia

media sosial populer di Indonesia

Image dari Alit.co.id

Sudah kita ketahui bersama bahwasannya penggunaan #media sosial di Indonesia saat ini termasuk yang terbesar di dunia. Paling banyak pengguna media sosial di Indonesia tentu saja dari golongan kaum muda. Dari sekian banyak penggunaan media sosial di Indonesia ini ternyata yang menempati posisi teratas adalah media sosial Facebook.

Fakta ini didasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan oleh layanan mobile survey, JakPat pada Januari yang lalu. Seperti data yang telah dilansir oleh eMarketer, menemukan fakta bahwa sebanyak 87,5 persen pengguna internet mobile yang berusia antara 16 sampai 35 tahun selalu mengakses #Facebook dalam rentang satu minggu pada bulan Januari. Besaran persentase ini kemudian membuat media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menjadi media sosial paling populer.

Peringkat Media Sosial Lainnya

Sementara itu, media sosial milik Facebook yang lain, Instagram, memperoleh ranking kedua dengan besaran 69,2 persen. Sedangkan di peringkat ke tiga ditempati oleh Twitter dengan persentase sebesar 41,3 persen. JakPat kemudian melanjutkan bahwa sebanyak 73,8 persen dari responden yang berusia antara 20 sampai 25 tahun lebih sering menggunakan #Instagram untuk media sosial yang kerap digunakan. Sedangkan responden yang berusia 30 sampai 35 tahun yang memakai Instagram mencapai angka 55,8 persen.

Lebih lanjut, penelitian ini juga menyebutkan bahwa sebagian besar responden lebih tertarik untuk mengeksplore akun Instagram lain dari pada mengunggah foto sendiri. Mengeksplorasi akun yang berisi gambar-gambar lucu dan juga #toko online lebih mereka gemari. eMarketer memprediksikan juga bahwa ke depan pengguna media sosial Indonesia akan meningkat hingga 13,5 persen atau sekitar 82 juta pengguna.

Artikel lain: Cara Hemat Kuota dan RAM Untuk Facebook di Android

Facebook Segera Keluarkan Fitur Baru Pada Messenger?

Meski saat ini Facebook menjadi media sosial yang populer, namun penyempurnaan-penyempurnaan fitur tetap dilakukan. Terutama pada Messenger, Facebook dikabarkan akan segera menambahkan dua fitur baru ke Messenger. Dua fitur baru tersebut adalah integrasi SMS dan juga fitur multi akun. Fitur baru ini tentu ditujukan agar pengguna Facebook Messenger semakin betah dan tidak berpaling pada yang lain.

Berita akan munculnya fitur baru pada Facebook Messenger ini diberitakan oleh situs Android Police beberapa waktu yang lalu. Kabar tersebut menyebutkan bahwa fitur tambahan itu tengah diujicoba Facebook untuk aplikasi Android, termasuk juga integrasi dengan SMS. “Dengan Messenger, kami terus berusaha untuk membuat cara baru untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan semua orang,” jelas juru bicara Facebook.

Sebenarnya, Messenger sendiri sudah pernah menawarkan fitur yang sama beberapa tahun silam, namun kemudian membatalkannya setelah gagal dilaunching. Namun ternyata, baru-baru ini para pengguna menemukan opsi SMS pada Messenger pada perangkat #Android mereka. Percakapan pesan teks tersebut muncul dengan highlight berwarna ungu yang kemungkinan terpisah dari pesan Facebook. Selain fitur yang mengintegrasikan Messenger dengan SMS, para engineer Facebook tampaknya juga tengah melakukan uji coba fitur pendukung multi akun pada Messenger.

Terkait penggunaan multi akun pada Messenger, Facebook menjelaskan, “Jutaan orang berbagi dengan teman dan keluarga mereka. Hingga sekarang, tidak ada cara mudah bagi mereka untuk mengakses akun Messenger mereka dari perangkat yang dipakai bersama. Untuk mengatasi hal ini, kami telah meluncurkan sebuah fitur pada Android yang memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan Messenger dari satu ponsel yang sama.”

Baca juga: Facebook Reaction ~ Fitur Terbaru Pengganti Fungsi Tombol Dislike




Tentu saja fitur ini sangat berguna bagi para user yang memiliki dua atau lebih akun Facebook. Seperti misalanya saja bagi para pengguna yang mengelola sebuah halaman untuk bisnis dan ingin berinteraksi langsung dengan para kliennya. Bukan itu saja, Facebook juga tengah melakukan uji coba pada beberapa desain tweaks. Action bar #aplikasi yang dulunya berwarna putih dengan ikon berwarna biru menjadi biru dengan ikon warna putih, status bar pun juga diganti menjadi warna biru.

Meski kabar ini sudah beredar luas, namun sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Facebook mengenai kehadiran fitur baru pada Facebook Messenger tersebut. Patut kita tunggu, apakah fitur tersebut benar-benar akan diluncurkan Facebook atau tidak



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud