Facebook Kembali “Tikung” Snapchat Dengan Fitur Baru

Image dari Geo.tv

Bagi rekan-rekan yang aktif menggunakan aplikasi perpesanan Whatsapp mungkin sudah menyadari bahwa ada yang berbeda dari layanan tersebut beberapa waktu yang lalu. Ya, ada fitur baru yang ditambahkan pada layanan Whatsapp yakni fitur status.

Yang mungkin banyak tidak diketahui adalah, fitur ini disinyalir merupakan fitur yang diadaptasi dari fitur milik aplikasi pesan Snapchat. Aplikasi Whatsapp yang saat ini berapa dibawa perusahaan Facebook, kabarnya menjadi alat bagi Facebook untuk kembali mengungguli pengembangan aplikasi Snapchat.

Dilakukan Menjelang IPO Snapchat

Sebagai informasi, belum lama ini pengembang aplikasi perpesanan Snapchat, telah menjalankan Initial Public Offering (IPO) perusahaannya. Ini tentu menjadi langkah yang sangat strategis untuk mengembangkan bisnis di masa mendatang.

Namun yang tidak disangka, pada momen bahagia tersebut, para pengembang Snapchat harus melihat sang pesaing yakni Facebook menjalankan langkah yang dinilai “menikung” yakni mengkloning fitur Stories nilai Snapchat kepada layanan perpesanan Whatsapp.

Artikel lain: Inilah Bukti Kecerdasan Sistem Periklanan yang Diterapkan Oleh Instagram




Beberapa hari yang lalu secara umum memang sudah disampaikan oleh pengembang Whatsapp maupun Facebook, bahwa semua pengguna Whatsapp sudah bisa memanfaatkan fitur status, baik yang menggunakan perangkat Android, iPhone maupun Windows Phone.

Tentang Fitur Status Whatsapp

Pada dasarnya fitur ini serupa dengan stories dimana nantinya pengguna bisa mengakses gambar secara langsung melalui kamera bawaan. Setelah gambar sudah diambil, pengguna bisa menghiasnya dengan menggambar teks dan emoji. Setelah diunggah, gambar tersebut akan tampil di tab “status” yang baru dan bisa dilihat oleh daftar teman selama 24 jam ke depan.

Teman yang sudah berada pada kontak Whatsapp kita juga bisa berikan komentar secara langsung pada posting tersebut.

Langkah Facebook Saingi Snapchat

Tercatat bahwa Facebook sudah melakukan langkah semacam ini beberapa kali. Bahkan sebelumnya sudah ada 3 aplikasi lain yang juga menerapkan fitur yang dirasa mirip dengan fitur milik Snapchat.




Yang pertama ada Instagram. Aplikasi yang mengutamakan konten foto dan video tersebut juga mengeluarkan fitur stories yang sangat mirip dengan Snapchat pada akhir tahun 2016 lalu. Setelah itu fitur Snapchat lain, kembali di kloning pada aplikasi Facebook Messenger serta aplikasi Facebook.

Disampaikan bahwa Facebook Messenger dan Facebook saat ini masih menguji fitur tersebut ke sejumlah pengguna di beberapa negara. Whatsapp adalah produk kedua milik Facebook dengan fitur stories yang sudah meluncur secara global.

Penjelasan dari Whatsapp

Namun dari pihak Whatsapp sendiri menyatakan bahwa, sebenarnya fitur status yang dikeluarkan belum lama ini bukankah fitur yang terinspirasi dari pesaing. Pengembang menyatakan bahwa adanya fitur status merupakan langkah untuk kembali pada fungsi awal Whatsapp yang dibentuk 8 tahun lalu.

Fitur baru ini sendiri dikeluarkan tempat pada ulang tahun Whatsapp yang kedelapan yakni pada 24 Februari 2017 lalu. Disampaikan bahwa, sebelumnya memang Whatsapp lebih banyak digunakan oleh pengguna untuk menyampaikan status mereka. Namun seiring waktu hal tersebut mulai bergeser dan justru menjadi aplikasi perpesanan.

“Saat meluncur hampir 8 tahun lalu (24 Februari), Whatsapp dimulai sebagai sebuah aplikasi untuk berbagai status baru, di mana orang-orang bisa mengetik pesan pendek agar teman-temannya bisa mengetahui apa yang mereka lakukan. Ketika kami menyadari mereka menggunakan fitur itu untuk berkomunikasi secara real time, kami mendesain ulang Whatsapp sebagai sebuah aplikasi pesan,” ungkap Whatsapp di blog resminya.

Memang tidak ada yang salah ketika sebuah pengembang aplikasi menelurkan fitur baru untuk semakin meningkatkan layanannya. Namun menjadi perbincangan jika kemudian fitur tersebut merupakan fitur yang memiliki kemiripan dengan aplikasi pesaing.

Facebook sendiri dinilai sedang melakukan upaya untuk menekan Snapchat, sehubungan dengan semakin meningkatnya pengguna Snapchat di seluruh dunia. Di sisi lain, kehadiran dan popularitas Snapchat di kalangan anak muda menjadi teror eksternal bagi Facebook, sehingga harus membuat perusahaan merombak roadmap produknya selama setahun terakhir.

Baca juga: Maksimalkan Peran Pengiklan, Facebook Luncurkan Beberapa Fitur Anyar

Dari sini, tentunya Snapchat diharuskan untuk berpikir kembali bagaimana menciptakan fitur yang lebih orisinil yang sulit untuk dicontoh oleh para pesaingnya.

Itulah persaingan bisnis dalam industri teknologi, di mana semua hal bisa saja terjadi. Namun pada akhirnya determinasi dan kreativitas yang bisa menentukan siapa pemenangnya.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. kalau ndak ada bbm, wa adalah alternatif standar saat kita memiliki smartphone, ini adalah gebrakan yang luar biasa dari wa, kalau dilihat2 yang gunaiin wa ini umumnya orang tua, atau yang ndak mau tampil terlalu exsis, ketika menggunkan spanchat itu lngsung. ini luar biasa banget.

    padahal udah update wa, tapi baru kerasa ada fitu barunya stelah baca ini :D kikikikk

  2. baru ngeh ada fitur status di whatsapp

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud