Evan Williams, Sosok Dibalik Kesuksesan Blogger dan Twitter

Banyak orang yang bisa mewujudkan passion di bidang menulis dengan membuat blog dan rutin mengisi blog tersebut. Bahkan dari cikal bakal blog yang sederhana, Indonesia memiliki banyak penulis berbakat dengan karya-karya populer. Tidak sedikit dari penulis tersebut yang mampu menulis buku secara teratur dan membuat karya-karyanya diwujudkan ke dalam bentuk film.

Daripada hanya melakukan browsing di #internet yang tak tentu arahnya, menulis di blog bisa menjadi salah satu sarana yang tepat untuk menyalurkan pengetahuan dalam bentuk yang nyata. Siapa sangka konsep teknologi blog tersebut mampu membantu penulis maupun masyarakat biasa untuk berbagi pengetahuan dan perasaan secara praktis. Tak dapat dielakkan lagi bahwa hasil karya Evan Williams ini turut menyumbangkan perubahan positif bagi perkembangan internet, yakni layanan penyedia blog gratis Blogger.

Siapakah Evan Williams?

Lahir pada tanggal 31 Maret 1972 di Nebraska, Evan Williams dibesarkan di kawasan peternakan di daerah tersebut. Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan SMU, Evan lantas memilih untuk melanjutkan pendidikannya di University of Nebraska. Namun ternyata pemikiran dan passion Evan berkata lain. Setelah 1.5 tahun menuntut ilmu di bangku kuliah, Evan lantas memutuskan untuk meninggalkan jenjang pendidikan tersebut agar bisa mengejar karirnya.

Artikel lain: Enda Nasution ~ Bapak Blogger Indonesia

Konsep Blog yg Sangat Mempengaruhi Internet

Passion yang besar di bidang IT membawa Evan untuk serius menekuni bidang tersebut. Bersama salah seorang rekannya yang bernama Meg Hourihan, Evan sempat mendirikan sebuah perusahaan bernama Pyra Labs. Pyra Labs adalah perusahaan yang memproduksi software untuk kebutuhan manajemen proyek. Salah satu fitur #software Pyra Labs yang paling terkenal adalah blogger.

Blogger digunakan untuk mendukung pembuatan aplikasi weblog. Dan pada hari ini, kata blogger tersebut menjadi sebutan populer untuk perkembangan blog di bidang internet. Sebuah istilah di bidang internet yang pertama kali dicetuskan oleh Evan Williams.

Pyra Labs sempat mengalami pasang surut setelah ditinggalkan oleh Meg Hourihan dan sebagian pekerja lainnya. Namun akhirnya keberuntungan berpihak pada Pyra Labs dan perusahaan tersebut resmi dibeli #Google pada tanggal 13 Februari 2003. Hal ini membawa perubahan yang sangat besar bagi perkembangan aplikasi blog yang kini kita kenal.

Tentang Odeo dan Twitter

Setelah menyelesaikan karirnya di Pyra Labs, Evan sempat mendirikan perusahaan bernama Odeo bersama beberapa orang rekannya. Selain berkarir di Odeo, pada tahun 2006 Evan juga mendirikan perusahaan lain yang diberi nama Obvious Corp, setahun sebelum Odeo akhirnya diakuisisi oleh Sonic Mountain.

Salah satu proyek Obvious Corp yang paling berhasil dan sangat populer adalah #Twitter. Kesuksesan Twitter dalam bidang media sosial dan micro-blogging membuat Twitter akhirnya resmi berdiri sebagai perusahaan mandiri sejak periode April 2007. Evan Williams sendiri bertindak sebagai co-founder sekaligus anggota dewan dan investor bagi perusahaan Twitter.

Dibawah kepemimpinan dan inovasi Evan, Twitter menjelma menjadi sebuah raksasa teknologi modern. Tercatat pada periode Feburari 2009, Twitter menjadi salah satu #media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dengan jumlah pengunjung unik mencapai 6 juta dan jumlah total pengunjung sebanyak 55 juta setiap bulannya. Perubahan yang positif ini berlangsung secara pesat dan signifikan hingga pada pertengahan tahun 2010 Twitter berhasil memiliki lebih dari 105 juta pengguna yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Ini Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan WordPress




Beristirahat Sambil Menyiapkan Terobosan Baru

Pencapaian gemilang di bidang IT membuat Evan memutuskan untuk beristirahat dari dunia yang telah membesarkannya. Sempat mendapatkan penghargaan sebagai tokoh berpengaruh pada tahun 2004 versi PC Magazine, pria beranak satu ini akhirnya memilih untuk mundur dari posisi CEO Twitter pada tahun 2010. Evan kini sedang menikmati hidupnya bersama keluarga dan tinggal di kawasan teluk San Fransisco.

Akankah seorang Evan Williams kembali membuat terobosan baru dengan popularitas yang menyerupai ketenaran blog dan Twitter? Ini bukan hanya hak seorang Evan Williams, namun juga menjadi hak kita untuk menyumbangkan sebuah terobosan yang berharga bagi kehidupan masyarakat dunia. Jadi, jangan bosan untuk mencoba dan menekuni sesuatu yang baru dan bermanfaat, ya!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud