ESPAY ~ Solusi Pembayaran Digital Dengan Konsep B2B2C

ESPAY

Image dari Builtbyblank.com

Seperti diketahui bahwa bisnis ecommerce indonesia saat ini sedang berada di masa suburnya. Peningkatan dalam sisi volume konsumen jual beli online, juga didukung dari kian majunya sarana prasarana di bidang ecommerce nasional. Salah satunya yakni dalam hal fasilitas pembayaran.

Tidak hanya menawarkan fitur pembayaran melalui transfer bank, kini sudah banyak #ecommerce maupun toko online yang memberikan pilihan fitur pembayaran melalui berbagai kanal seperti COD, kartu kredit hingga yang kian populer yakni melalui e-money. Mengenai pilihan yang terakhir yakni e-money, kini juga sudah semakin banyak perusahaan yang bergerak pada layanan ini, yang menawarkan beragam kelebihan dan keuntungan.

Salah satunya yang akan kita bahas yakni platform payment gateway ESPAY yang dikembangkan oleh PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS). Dengan kelebihan jaringan penyedia jasa keuangan yang luas serta penggunaan sistem pembayaran online B2B2C, ESPAY bisa menjadi sarana yang tepat bagi Anda yang bergelut di bidang perniagaan online. Selengkapnya tentang #startup layanan keuangan yang satu ini, bisa kita simak lewat artikel berikut ini.



Sekilas Tentang Payment Gateway ESPAY

Jika ditilik kembali tentunya sudah cukup banyak platform pembayaran digital yang membuka layanannya di Indonesia. Dari sekian banyak perusahaan tersebut, beberapa mampu beradaptasi dengan baik bahkan berkembang dengan jaringan yang sudah sangat luas. Dan salah satunya yang terbilang masih berada di tahap adaptasi adalah ESPAY.

Layanan ini diperkenalkan oleh PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses atau yang lebih dikenal dengan nama Plus. Plus sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Square Gate One (SGO) yang merupakan perusahaan besar di bidang solusi transaksi dan finansial.

Disampaikan oleh Direktur SGO, Joshua A. Dharmawan, bahwa lahirnya ESPAY merupakan wujud inovasi dari perusahaan SGO yang menganggap bahwa saat ini ekosistem ecommerce di Indonesia membutuhkan sistem pembayaran yang tidak hanya aman namun juga mudah bagi semua pihak. Lebih lanjut pihaknya memetakan banyak customer di Indonesia yang tergolong dalam segmentasi unbankable dan bankable.

Artikel lain: Mengenal Apa Itu E-Payment dan Bagaimana Konsep Pembayaran Elektronik

Segmentasi unbankable merupakan mereka yang tidak mempunyai rekening bank dengan berbagai alasan, sedangkan sebaliknya terdapat juga segmentasi bankable yang sudah mempunyai rekening bank dan bisa melakukan transaksi melalui transfer bank, SMS banking bahkan hingga #internet banking. Variasi inilah yang kemudian coba dirangkul oleh ESPAY, sehingga mereka tetap bisa menjalankan transaksi dengan mudah walaupun mempunyai keterbatasan satu sama lain.

“Melalui anak perusahaan kami di PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS), kami mengembangkan sistem pembayaran online B2B2C yaitu Payment Gateway bernama ESPAY. ESPAY menggunakan berbagai sumber pembayaran seperti tabungan, pinjaman, kartu kredit, e-money sampai dengan settlement retail kepada principle/vendor secara otomatis. ESPAY sangat membantu merchant-merchant yang ada karena proses pembayaran yang tadinya rumit menjadi jauh lebih mudah sekalipun volume transaksi meningkat,” jelas Direktur SGO, Joshua.

Telah Bekerjasama Dengan Ecommerce Besar di Indonesia

Sebagai salah satu wujud pencapaian dari ESPAY adalah kerjasamanya dengan perusahaan ecommerce besar di Indonesia. Kerjasama yang diresmikan pada awal bulan Februari 2016 lalu, melahirkan sebuah layanan pembayaran e-money.

Bagi pihak ESPAY sendiri, Albert Johannes menyatakan antusiasme yang sangat besar karena bisa menjalin hubungan bisnis dengan salah satu pemain utama ecommerce di Indonesia.

Baca juga: iPaymu ~ Aplikasi Payment Processor ala Paypal, Asli Indonesia

Kelebihan Layanan ESPAY

Memasuki persaingan platform payment gateway di Indonesia yang sudah begitu ketat, ESPAY tentunya datang bukan dengan tangan hampa. Layanan yang satu ini menawarkan beberapa kelebihan antara lain kokohnya jaringan pembayaran dengan beragam bank mulai dari bank nasional, bank daerah hingga institusi keuangan.

Tidak hanya bermanuver dalam ranah nasional, kerjasama yang dijalin juga menggandeng platform pembayaran terbesar di dunia yakni #Paypal. Diharapkan dengan adanya hubungan ini, para customers bisa lebih dimudahkan dalam transaksi baik di skala nasional maupun pembayaran luar negeri.

Selain itu kelebihan dari ESPAY juga nampak dengan konsep B2B2C yang diusungnya. Dengan adanya konsep ini, tentunya layanan ESPAY tidak hanya bisa dinikmati oleh customer tingkat akhir namun hingga pihak penjual serta merchant online.

“Platform ESPAY menangani B2B2C yang artinya bukan hanya menerima pembayaran dari end user saja, melainkan sistem kami dapat melakukan settlement secara otomatis kepada supplier setelah terlebih dahulu dilakukan kalkulasi biaya,” jelas Joshua.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud