Es Pot Makboy ~ Bisnis Kuliner Es Krim Dengan Kemasan Pot yang Unik

Image dari Tribunnews.com

Image dari Tribunnews.com

Es krim saat ini merupakan kuliner favorit dan populer bagi banyak orang. Tak ayal apabila kini banyak bisnis es krim yang bermunculan dengan berbagai ide, konsep dan strategi. Salah satu bisnis es krim dengan ide unik yang muncul adalah Es Pot Makboy. Es Pot Makboy sendiri didirikan dan dikelola oleh seorang pemuda bernama Putra Endah Lesmana.

Berlokasi di Jalan Raden Patah, samping kiri Studio 21 lama, Baloi, Batam, Kepulauan Riau, Es Pot Makboy menyajikan sajian es krim yang mengesankan dengan kemasan pot kecil yang unik dan menarik. Lalu seperti apakah bisnis Es Pot Makboy ini sendiri? Berikut ulasannya.

Inspirasi Bisnis

Menurut pendirinya yaitu Putra Endah Lesmana, lahirnya Es Pot Makboy ini terinspirasi dari kuliner dan makanan-makanan ringan yang dilihatnya saat berkunjung ke Yogyakarta. Di sana, es dengan media pot ini cukup diminati di kalangan mahasiswa.

Selang beberapa bulan kemudian selepas dari Yogyakarta, Putra pun mencoba menerapkan inspirasi yang didapatnya dari Yogyakarta itu dengan membuka usaha Es Pot Makboy. Menurutnya es krim dengan media pot di daerahnya yaitu Batam ini masih belum jarang bahkan belum banyak ditemui.

Artikel lain: Cotton Drops ~ Bisnis Kuliner Minuman Unik dengan Konsep Nostalgia Permen Kapas




Nama Es Pot MakBoy

Diberikan nama es pot ini disebabkan oleh tampilannya dibuat semirip mungkin dengan pot tanaman. Jika Anda tidak teliti mungkin saja Anda akan mengira itu adalah sebuah pot tanaman. Namun jika amati secara detail Anda akan baru sadar bahwa itu adalah sebuah es krim dengan kemasan pot tanaman.

Es pot yang dikelola Putra Endah Lesmana ini sendiri adalah es krim dengan kemasan pot kecil. Isinya dibuat mirip dengan tanaman di pot-pot bunga. Lengkap dengan aksen bunganya, batang, tanah hitam, hingga cacing.

Tapi jangan khawatir semua komponen tanaman tadi dapat dimakan karena terbuat dari bahan makanan, kecuali bagian bunga dan tentunya pot-nya sendiri yang hanya digunakan sebagai penghias saja. Bagaimana dengan cacing dan tanahnya? Cacing pada Es Pot Makboy dibuat dari cincau yang diiris panjang atau ada yang dibuat dari permen Yupi.

Sedangkan tanahnya sendiri merupakan bubuk biskuit Oreo. Sedangkan untuk nama Makboy adalah nama yang sengaja diberikan Putra agar nuansa Melayu produknya terasa kental dan mudah diingat.

Es Pot Makboy sendiri terdapat tiga varian atau jenis yang ditawarkan yaitu Es Pot Makboy rasa vanila, cokelat dan strawberry. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau untuk semua kalangan bahkan untuk sekelas pelajar. Dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per porsinya, Anda pun sudah bisa menikmati kelezatan Es Pot Makboy ini.




Perkembangan dan Rencana Ke Depan

Meski masih berjalan dua bulan, namun Es Pot Makboy ini sudah mendapatkan tempat dan respon di masyarakat Batam. Walhasil penjualannya pun lumayan laris manis. Setiap hari, selalu ada pengunjung yang membeli dan bahkan persediaannya selalu habis. Keunikannya yang menyajikan tampilan kemasan pot tanaman bisa jadi menjadi daya tarik tersendiri bagi Es Pot Makboy yang tidak terdapat di Batam untuk meraih perhatian para konsumen.

Selain dari segi tampilan, rasanya yang menggugah selera juga menjadi salah satu daya tarik Es Pot Makboy. Untuk tempat usahanya sendiri Putra Endah Lesmana membuatnya dengan tidak terlalu mewah. Berada di ruang terbuka dengan tambahan beberapa payung besar, namun tetap bisa memberikan kesan santai.

Baca juga: Es Njonja Besar ~ Bisnis Kuliner Es Krim Jadul yg Tak Lekang Oleh Jaman

Ketika ditanya tentang rencananya ke depan, Putra Endah Lesmana ini ingin membawa Es Pot Makboy ke suasana seperti kafe-kafe untuk lebih memanjakan konsumennya. Dengan adanya tempat yang lebih eksklusif dan #profesional ini tentu lebih lanjut Putra berharap ia bisa menarik lebih bayak konsumen dan pelanggan. Saat ini sendiri kedai Es Pot Makboy buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Untuk memfasilitasi keinginan konsumennya untuk bisa lebih bisa menikmati Es Pot Makboy miliknya lebih lama, maka terkadang Putra juga menambah jam operasionalnya lebih lama. Di kedainya sendiri selain menyediakan Es pot MakBoy ada juga sajian Kesuke yang merupakan akronim dari Ketan Susu Keju.



1 comment on this postSubmit yours
  1. keren, unik, menarik dan tampilan yang cantik
    ide yang cemerlang, sungguh saya takkan tega untuk memakannya
    mending buat tatanan ruang tamu ajjalah :D biar tambah cakep

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud