Erdwin Susanto Wijaya ~ Youtuber Surabaya Yang Beken Di Manca Negara

Image dari Suarasurabaya.net

Image dari Suarasurabaya.net

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya dengan keberadaan #internet bisa dimanfaatkan untuk mengeruk pendapatan. Ada banyak sekali bidang yang bisa digeluti untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya yang saat ini populer dan banyak peminatnya adalah dengan menjadi Youtuber.

Ada banyak sekali materi yang bisa dijadikan bahan untuk membuat video yang kemudian diupload ke Youtube untuk selanjutnya dimonetisasi. Kisah sukses orang yang menekuni profesi Yotuber pun juga tak sedikit.

Salah seorang yang berhasil sukses menjadi Youtuber adalah Erdwin Susanto Wijaya, ia adalah seorang pemuda yang berasal dari Surabaya. Ia adalah seorang full time Youtuber yang fokus pada konten gaming. Sebelum ia memutuskan untuk menjadi seorang full time Youtuber, perjalanan karir dalam bidang bisnis nya pun terbilang berliku-liku. Ia pernah membangun dan mengelola beberapa bisnis yang pada akhirnya ia tutup. Simak kisah selengkapnya di bawah ini.

Perjalanan Karir Erdwin Susanto Wijaya

Erdwin Susanto Wijaya memang sudah menyukai dunia gaming sejak masih kecil. Bahkan begitu sukanya ia dengan #game, kemudian membawanya untuk menempuh pendidikan bahasa ke Negeri Sakura Jepang. Setelah dua tahun menempuh pendidikan di Jepang, ia pun kemudian pulang kampung ke Indonesia. Selain dunia gaming, jiwa entrepreneurship Erdwin memang sudah sangat kental. Sepulang dari Jepang, ia kemudian memutuskan untuk mencoba peruntungan dengan mendirikan beberapa usaha.

Usaha pertama yang ia rintis adalah dengan mendirikan warung internet dan game online. Usaha yang ia jalankan itu bertahan selama empat tahun sampai pada akhirnya kemudian ia membuka usaha baru dengan berjualan kebab di Mojokerto pada tahun 2013 silam. Bukan itu saja, ia juga pernah merintis usaha dengan membuka persewaan CD drama Jepang.

Usaha kebab yang dijalaninya sebenarnya juga tidak mati begitu saja, namun ketertarikannya di dunia gaming tidak bisa dihentikan begitu saja. Ia tetap melanjutkan hobinya pada game di tengah-tengah ia mengelola bisnis kebabnya. Pada sekitar tahun 2014, ia kemudian iseng-iseng bermain Brave Frontier dan direkam kemudian ia unggah di #Youtube.

Ia merekam aktifitas nya tersebut hanya bermodalkan ponsel saja dan tanpa adanya suara sama sekali. Bahkan ia menuturkan betapa repotnya merekam bermain game dengan ponsel. Ia merekam dengan tangan kirinya sementara tangan kanannya terus bermain game.

Artikel lain: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Pada Tahun 2015 Memutuskan Menjadi Full Time Youtuber

Pada awal pertama video yang ia unggah di Youtube, respon dari penonton sangat banyak. Baru beberapa hari videonya sudah mendapatkan 3000 viewer yang kemudian membuatnya semakin semangat dalam mengunggah #video ke Youtube. Sejak mengetahui hal itu, ia kemudian berusaha konsisten mengunggah satu video setiap hari ke Youtube. Ia pun kemudian memanfaatkan keahlian bahasa Jepang yang ia miliki, ia selalu menyertakan pengantar bahasa Jepang pada setiap video yang ia unggah ke Youtube.

Karena Erdwin merasa penonton di channel Youtube-nya semakin bertambah banyak dalam waktu singkat, ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang full time Youtuber pada tahun 2015. Usaha kebab yang ia miliki ia tutup untuk lebih fokus pada mengelola video untuk diunggah di Youtube. Ia menuturkan bahwa hasil dari monetize channel Youtube-nya sudah cukup untuk biaya hidupnya tiap bulan.

Banyak Subscriber Dari Manca Negara

Kini aktifitas Erdwin merekam dan membuat video-nya sudah menggunakan alat yang memadai. Sehingga hasil konten video yang ia buat pun juga memiliki kualitas yang bagus. Karena ia selalu menekankan pada kualitas konten untuk bisa bersaing dan mendapatkan banyak penonton dari Youtube.




“Sekarang sih sudah banyak, ya, untuk equipment saya. Komputer baru, kamera baru, handphone. Cuman saya sarankan, memulainya tidak perlu peralatan yang terlalu wah. Saya ingat, dapat uang 50 dolar pertama-tama itu sudah sangat senang,” begitu ujarnya.

Baca juga: Inilah 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

Dengan kefasihan bahasa Jepang yang ia miliki, ia sering dikira berasal dari Jepang atau Singapura. Bahkan subscriber Ushi Gaming yang merupakan channel Youtube yang ia bangun kebanyakan adalah dari manca negara. Penonton setianya berasal dari berbagai negara seperti Singapura, Amerika dan Filipina.

Ia kemudian berpesan kepada siapa saja yang ingin menekuni karir sebagai full time Youtuber, jangan memulainya karena ingin mendapatkan uang. Erdwin Susanto Wijaya dulu menekuni karir sebagai full time Youtube karena memang passion nya pada dunia gaming. Bahkan ia menyukai dan mencintai game semenjak dia masih kanak-kanak.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. dari hobi maen games sampai bisa terkenal dan jadi youtuber sukses juga dari games .. kepingin mengikuti jejak sukses nya mas erdwin! :D

  2. mantap, youtube membuka peluang terkenal + income di kancah internasional

    buat yg lokal, belum ada gaung nya nich..

    mrtube, vidio, terakhir beken.id

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud