Eko Hardjanto ~ Sukses Berbisnis Agen Travel Untuk Para Turis Indonesia yang Melancong Ke Eropa

Eko Hardjanto

Eko Hardjanto via Detik.com

Eko Hardjanto – Berbicara tentang bisnis travel, Indonesia tentu menjadi salah satu surganya. Bagaimana tidak, dengan kekayaan alam dan juga budaya yang begitu melimpah, tentu sangat banyak sekali pelancong baik lokal maupun internasional yang datang ke Indonesia untuk menghabiskan masa rehatnya.

Namun ternyata, untuk sukses berbisnis di bidang pariwisata, tidak terbatas di dalam negeri saja. Bagi mereka yang ingin untuk mengembangkan diri, juga bisa melirik potensi berbisnis pariwisata di negeri orang. Seperti yang dilakukan oleh Eko Hardjanto, yang kini sukses mengelola bisnis travel agent Etraveline di negeri kincir angin Belanda.

Bagaimana perjalanan Eko mengelola hingga mengembangkan bisnis travel yang membidik wisatawan asli Indonesia tersebut? Berikut ulasannya.

Eko Hardjanto Mengutamakan Sajian Makanan Halal

Bagi Anda yang sudah pernah berpergian ke luar negeri, tentu salah satu masalah yang harus dihadapi utamanya bagi yang beragama muslim adalah terkait dengan makanan halal. Makanan halal memang tidak selalu tersedia di beberapa negara. Pun ketika ada, kita harus mencarinya dengan susah payah bahkan dengan harga yang tidak murah.

Fakta inilah yang ditangkap oleh Eko Hardjanto dan dijadikan salah satu kelebihan bisnis agen travel miliknya. Eko yang memang membidik mayoritas pengunjung yang berasal dari Indonesia tersebut mengaku bahwa kebanyakan dari customer memang berharap mendapatkan sajian kuliner halal selama menghabiskan masa liburan.

Artikel lain: Yossa Setiadi ~ Founder Bisnis Bawang Soy, Berbekal Inovasi Hingga Sukses Rambah Pasar Luar Negeri

Dari situlah ia mulai mengembangkan bisnis agen travel yang akan membantu para wisatawan Indonesia untuk berkeliling ke berapa negara di Eropa. Beberapa negara yang menjadi destinasi wisata travel agen travel Etraveline milik Eko di antaranya, Belanda, Belgia, Paris dan beberapa negara lain.

Mekanisme Eko Menyajikan Sajian Halal

Tentu akan timbul pertanyaan, bagaimana Eko bisa menyediakan beragam sajian halal untuk para pelancong asal Indonesia yang menggunakan jasa agen travelnya. Beragam sajian tersebut dapat dinikmati tak lain karena usaha keras dari beberapa orang yang terlibat dalam bisnis milik Eko tersebut. Mereka yang terlibat tentu keluarga yakni anak dan juga istri, sahabatnya hingga teman dari putranya.

Mengenai mekanisme pembuatan hingga penyajian beragam kuliner halal, pada dasarnya masakan tersebut diolah oleh salah satu rekan yakni ibu Ghifari yang berada di Belanda. Masakan tersebut memang dibuat dalam konsep katering yang disesuaikan dengan pesanan dari customer. Setelah makanan tersebut siap, maka akan diantar ke lokasi dimana rombongan wisatawan sedang berada. Proses pengantaran tersebut biasa dilakukan tidak hanya oleh petugas di tempat gathering, namun terkadang juga diambil oleh salah satu anak Eko sendiri.

Dan ketika tidak berada di negara Belanda, seperti berada di Belgia atau Paris, maka proses memasak juga tetap akan dilakukan di negara tersebut. Baru setelahnya akan diantar ke lokasi rombongan. Dan hanya sekali para rombongan akan mendapatkan jamuan makan tidak langsung dari agen travel, melainkan di salah satu restoran ala Indonesia yang ada di Belanda.




Mengenai menu yang ditawarkan, umumnya berisi makanan yang sudah sangat familiar dengan lidah orang Indonesia diantaranya seperti nasi, daging rendang, telur, sambal, sayur, kerupuk, buah serta tentunya air minum. Kesemua makanan tersebut dijamin halal dan pastinya memenuhi kebutuhan gizi para penikmatnya.

Baca juga: Abie Abdillah ~ Sukses Berjuang dan Bergelut di Bisnis Desain Rotan Lewat Studio Hiji

Awal Mula Eko Hardjanto Terjun Ke Bisnis Agen Travel

Menilik kembali kepada awal mula Eko Hardjanto menjalankan bisnis agen travel di Belanda, kala itu sebenarnya ia belum terjun ke bisnis ini. Ketika pindah ke Belanda, Eko merupakan seorang manajer di salah satu perusahaan IT. Namun karena sibuknya pekerjaan, akhirnya ia mulai melirik bisnis lain yakni bisnis agen travel seperti saat ini.

Mengenai potensi bisnis, pria yang menawarkan layanan tambahan yakni wisata religi di beberapa masjid di Eropa ini mengaku bisa mematok biaya untuk setiap satu wisatawan sebesar Rp15 juta dalam kurun waktu kunjungan wisata selama satu minggu. Biaya tersebut telah termasuk akomodasi, transportasi serta makanan.

Menjalani bisnis agen travel bersama orang terdekat yakni istri, anak dan juga sahabat, menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang Eko Hardjanto. Meski harus mengais rejeki di negeri orang, namun tetap hal ini merupakan pilihan yang menguntungkan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. pak eko hardjanto yang hebat melihat peluang..!
    sebenarnya saya juga ingin seperti pak hardjanto ini..!
    eh bukan..!!
    lebih tepatnya saya ingin menjadikan kampung halaman saya di solok selatan sana .menjadi tempat wisata yang di favoritkan oleh wisatan lokal maupun mancanegara.dengan cara menuliskan semua hal menarik yang ada di solok-selatan. di blog pribadi milik saya. namun itu hanyalah mimpi saya yang saat ini sedang saya lakoni. bukan hanya sekedar mimpi. karena solok-selatan memanglah bagus dan tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di indonesia..
    hehe malah kecplosan curhat. kepanjangan jadinya..

    tengkiu min.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud