Kantor eBay Indonesia Bakal Dibuka, Seperti Apa Kabarnya?

kantor eBay Indonesia

Image dari Bloomberg.com

Perusahaan yang telah mengalami berkembang dan pertumbuhan yang pesat memang dianjurkan untuk terus memperluas jaringan pasarnya. Inilah setidaknya yang saat ini juga dialami eBay, sebuah perusahaan #ecommerce yang berasal dari Amerika Serikat. Saat ini eBay memang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dari pendiriannya oleh Pierre Omidyar di tahun 1995 silam.

Keberhasilan dalam menumbuhkan perusahaannya ini sendiri bisa dilihat dari pengguna aktifnya yang telah mencapai 159 juta pengguna aktif. Aplikasinya sendiri sudah diunduh sebanyak 291 juta kali. Selain itu eBay tercatat telah melakukan akuisisi terhadap kurang lebih 50 perusahaan, salah satunya adalah akuisisi terhadap #PayPal pada 2008 dengan nilai akuisisi US$ 1,5 juta.

Pada tahun 2011 sendiri eBay telah melayani 30 negara dan sebentar lagi malah akan sampai ke Indonesia. Kabar tentang akan berdirinya kantor eBay Indonesia akhir-akhir ini memang telah terdengar semakin santer terdengar di berbagai media.

Baca juga: Pierre Omidyar ~ Pendiri Ebay, Situs Lelang Online Terbesar Di Dunia

Pertumbuhan perusahaan multinasional yang dulunya bernama AuctionWeb yang ditujukan untuk mengumpulkan para penjual dan pembeli dalam sebuah marketplace  ini memang dinilai wajar bila kemudian merambah Indonesia. Lalu seperti apakah kabar selengkapnya tentang rencana dibangunnya kantor eBay Indonesia ini? Berikut ulasannya.

Dibuktikan dengan Adanya Lowongan Pekerjaan eBay Indonesia

Kabar tentang eBay yang akan membuka kantor perwakilannya di Indonesia memang semakin nyata kebenarannya. Pasalnya kabar ini telah dibuktikan dengan adanya lowongan pekerjaan untuk posisi Head of Cross Border. Lowongan ini sendiri diumumkan di situs jejaring sosial bisnis #LinkedIn.

Dalam lowongan tersebut eBay mencari kandidat dengan beberapa kriteria seperti memiliki pengetahuan yang signifikan tentang #internet dan ecommerce dengan pengalaman 8 sampai 10 tahun serta berpengalaman bekerja di Indonesia selama tiga tahun.

Posisi Head of Cross Border ini sendiri nantinya bertugas untuk bisnis CBT di Indonesia dengan mengelola, menyusun dan mengatur target yang akan dicapai. Selain itu Head of Cross Border ini nantinya juga bertanggung jawab  untuk mencari produk lokal yang bisa dijual di pasar global dan juga menjadi juru bicara dan perwakilan untuk eBay di Indonesia.

Dipertegas Lagi oleh Pihak eBay Asia Pasifik

Kebenaran atas kabar pembukaan cabang eBay Indonesia ini kemudian semakin terbukti dengan adanya pernyataan dari Senior Director Communications Ebay Asia Pasifik Daniel Feiler dari sebuah surat elektronik. Namun sayangnya ketika Feiler ditanya lebih lanjut waktu dan di mana kantor perwakilan eBay ini akan dibuka, Feiler tak bisa menjelaskannya lebih jauh.

Menurutnya, eBay masih berfokus pada pencarian kandidat terbaik pada posisi Head of Cross Border. Nantinya setelah didapatkan orang yang tepat menduduki posisi Head of Cross Border ini maka kemudian akan ditentukan waktu dan lokasi kantor dari eBay Indonesia.




eBay Buka Kantor di Indonesia, Bagaimana Nasib Blanja.com?

Sebenarnya sebelum membawa kabar akan membuka kantor perwakilan di Indonesia ini, eBay telah masuk ke pasar ecommerce Indonesia melalui kerjasama dengan situs Blanja.com. Blanja.com yang merupakan bentukan Telkom Group menjadi mitra eBay melalui kerjasama dengan modal patungan atau join venture.

Nah saat diketahui bahwa eBay akan membuka kantornya di Indonesia, maka terendus isu bahwa Blanja.com akan kehilangan mitranya yaitu eBay. Namun saat dikonfirmasi pada pihak eBay Asia Pasifik, mereka menyatakan bahwa belum ada rencana untuk mengakhiri kerjasama dengan Blanja.com.

Lebih dari itu pihak eBay sendiri merasa puas dan senang dengan kerjasama dengan Blanja.com yang telah mengalami kemajuan. Maka alih-alih akan menghentikan kerjasama eBay malah berharap kerjasama ini bisa menjadikan pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan. Menurut Feiler sendiri masa depan ecommerce Indonesia sangat cerah sebab pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur telekomunikasi di negeri ini telah mengalami kemajuan yang pesat.

Baca juga: Ingin Belanja di eBay? Yuk Cobain Versi Lokalnya Di Blanja.com!

Tanggapan Pihak Blanja.com

Blanja.com sendiri merupakan anak usaha Telkom melalui PT Metraplasa yang diperkenalkan pada Desember 2014 silam. Menurut Direktur Telkomsel saat itu, Alex J. Sinaga menyatakan bahwa didirikannya Blanja.com ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan minat masyarakat Indonesia terhadap aktivitas belanja online.

Dari kabar akan dihentikannya kerjasama oleh eBay ini pihak Blanja.com, Aulia E. Marianto, enggan memberikan komentarnya lebih jauh.  Aulia malah mengarahkan media untuk menanyakan langsung ke pihak eBay.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud