Dukung Petisi Online Ini! Jika Kalian Geram Dengan Maraknya Berita Menyesatkan

Image dari Change.org

Image dari Change.org

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita menggunakan #internet setiap hari. Penyebaran informasi saat ini bisa diakses dengan mudah melalui internet untuk kemudian dijadikan bahan referensi untuk kepentingan tertentu.

Disamping memberikan banyak manfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dan bidang lainnya, nyatanya di sisi lain penyebaran informasi internet juga menimbulkan dampak negatif bagi para penggunanya. Dampak negatif tersebut harus segera ditanggulangi supaya tidak menyebar menjadi hal yang menimbulkan perpecahan bangsa.

Fenomena Berita HOAX Di Ranah Online

Hadirnya fenomena berita HOAX di ranah online Indonesia sudah bukan hal yang asing lagi. Setiap saat selalu ada saja berita online yang dimuat dengan tujuan menguntungkan kelompok tertentu atau menyebarkan isu berbau SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Berita online yang belum bisa dipastikan validitasnya justru menjadi topik hangat yang memicu perdebatan sengit di kalangan netter Indonesia.

Di samping itu yang juga tidak kalah berbahaya adalah berita yang telah “dipelintir” agar terlihat jauh lebih menarik bagi pembaca. Berita semacam ini umumnya memasukkan beberapa informasi yang sebenarnya memang ada, namun telah dibumbui dengan lebih banyak informasi yang tidak benar. Jika berbicara mengenai tujuannya, mungkin akan banyak motif mengapa para penyebar informasi tersebut beraksi. Mulai latar belakang untuk menciptakan chaos hingga berbuntut keuntungan material, nyatanya saat ini semakin banyak oknum yang bermain di “ladang basah” ini.

Tak bisa dipungkiri jika berita online yang menyangkut SARA selalu bisa memicu kontroversi dan masalah yang besar. Padahal sebagai negara yang besar sudah sepatutnya Indonesia tak lagi meributkan hal-hal yang sifatnya SARA atau HOAX. Ada banyak nilai-nilai yang jauh lebih penting untuk diperbincangkan daripada berdebat soal SARA atau berita HOAX yang tak memberikan keuntungan.

Artikel lain: Change.org – Media Petisi Online Terbesar di Dunia

Membuat Petisi Online untuk Menghentikan Berita HOAX

Kekuatan berita HOAX dalam mempengaruhi pola pikir pengguna internet tampaknya harus diatasi dengan cara berbasis online juga. Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah petisi online yang terdapat di Change.org.

Petisi online tersebut bertajuk “Menghentikan penyebaran berita kebencian, kebodohan, dusta, fitnah, hoax, kepada anak bangsa yang lain, baik muslim ataupun non muslim.” Secara garis besar, petisi online tersebut menghimbau kepada pihak-pihak yang tak bertanggungjawab dan mengatasnamakan diri dari partai  atau kelompok agamis untuk berhenti menebarkan berita yang tak sesuai dengan fakta di Indonesia.

Melanjutkan yang sudah disampaikan sebelumnya, tujuan membuat berita HOAX yang memperkeruh kehidupan berbangsa tersebut sebenarnya bukan hanya soal upaya memecah belah persatuan Indonesia saja. Lebih dari sekadar tujuan tersebut, para pengelola situs berita online juga mendapatkan keuntungan yang nilainya fantastis. Keingintahuan para pengguna internet akan meningkatkan nilai trafik pengunjung pada situs yang bersangkutan. Sehingga pundi-pundi pengelola situs akan bertambah banyak berkat pemasangan iklan pada situs tersebut.

Dengan tagline “Gerakan Anti Fitnah, Satukan Ukhuwah”, petisi online tersebut berusaha memberikan saran pada para pembuat dan situs-situs yang mengusung berita HOAX untuk menghentikan tindakan tidak bertanggungjawab tersebut. Karena menyebarkan berita online yang kebenarannya tidak dapat dipastikan bukan hanya menimbulkan kerugian bagi para pembaca, namun juga mendatangkan dosa bagi sang pembuat dan penyebar berita.




Petisi Online Tentang Berita HOAX Mendapat Respon Positif

Hingga pertengahan Juli 2015 ini, petisi online tentang berita tersebut mendapatkan dukungan dan respon yang positif dari para pengguna internet. Tercatat sudah lebih dari 6.600 pengguna internet yang menandatangani petisi sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan anti fitnah yang kian merajalela. Secara terus terang, petisi online tersebut ditujukan untuk 8 situs yang dianggap paling sering menyebarkan berita HOAX bertemakan SARA di Indonesia.

Sejumlah dukungan tersebut juga diperkuat dengan alasan yang diberikan para penandatangan petisi di kolom komentar situs Change.org. Sebagian besar dari pengguna internet yang menandatangani petisi menyatakan bahwa fitnah tersebut mencerminkan tindakan sekelompok oknum tak bertanggungjawab yang ingin menyerang sesama muslim atau masyarakat non muslim.

Baca juga: Opini.id ~ Wadah Online Berbagai Pendapat dan Pandangan Masyarakat Indonesia

Langkah yang dilakukan oleh para penggerak petisi online tersebut mungkin tidak bisa menyadarkan para pembuat dan penyebar beritas HOAX secara tak langsung. Namun setidaknya hal tersebut sudah menjadi salah satu cara yang bijak untuk berupaya menanggulangi maraknya berita HOAX di Indonesia.

Melalui gerakan ini pula, masyarakat Indonesia pengguna internet diajak untuk lebih cerdas dan bijak dalam menanggapi berita dan isu yang disebarkan oleh oknum-oknum tertentu. Memilih untuk menyimak berita dari sumber yang terpercaya akan menjadi solusi yang lebih baik bagi kebutuhan akan berita dan informasi.

Semoga gerakan petisi online tersebut menyadarkan kita untuk menjadi pengguna internet yang bijak dan teliti. Karena masih banyak informasi dan hal-hal yang jauh lebih penting daripada menyimak berita HOAX berbau SARA yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Semoga mereka cepet sadar mas… ksihan jga yg gak tau apa-apa disuguhi info yg gak jelas smacam itu, :)

  2. Yang fitnah kayak gitu wajib dipetisi biar nggak semakin merusak mental anak bangsa. Yuk dukung

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud