Dubsmash, Aplikasi Seru Untuk Video Selfie dan Lipsync Yang Mendadak Populer

Dubsmash-Aplikasi-Seru-Untuk-Video-Selfie

Ada yang heboh baru-baru ini di dunia #jejaring sosial. Sebuah aplikasi Android karya pengembang asal Jerman yakni Jonas Druppel, Daniel Taschik dan Roland Grenke yang bernama Dubsmash ini tiba-tiba menjadi viral di media sosial saat banyak orang ramai memperbincangkan dan menggunakannya. Salah satu kehebohan yang membuat Dubsmash menjadi viral ini juga tak bisa dilepaskan dari keterlibatan para seleb yang kemudian ikut mempopulerkannya.

Namun apapun itu penyebabnya yang jelas Dubsmash saat ini telah mencuri perhatian banyak pengguna sosial, terutama Instagram dan Facebook. Bahkan di instagram terdapat hastag #dubsmash telah mencapai lebih dari 2 juta video, sedangkan pengunduhan aplikasi sendiri telah mencapai lebih dari 50 juta pengguna sejak peluncurannya pada bulan November 2014. Lalu seperti apakah kelebihan Dubsmash yang begitu menghebohkan tersebut? Berikut ulasannya.

Fitur Seru Dubsmash

Daftar Isi

Dengan #aplikasi Dubsmash, pengguna akan bisa melakukan video selfie yang diikuti oleh aktivitas lypsync yang seru. Keseruan kedua aktivitas ini disebabkan karena pengguna tak hanya akan melakukan video selfie dan terutama lypsync yang biasa saja. Pada penggunaan Dubsmash, pengguna dapat merekam ekspresi muka dan lypsync dengan  suara-suara yang lucu. Dalam Dubsmash terdapat tiga kategori yang bisa Anda pilih yaitu kategori Trending, Discover dan My Sounds.

Untuk kategori Trending sendiri terdapat beberapa tema yang dapat dipilih diantaranya adalah Comedy, Love, Cartoon, Animals, Reality TV, Party dan Superheroes and Villains yang menyajikan berbagai klip suara yang ada di dalam film Star Wars, Harry Potter, Batman, Iron Man, hingga Joker. Pada kategori Discover, pengguna bisa mencari klip suara berbeda dari yang ada di Trending. Sedangkan pada kategori My Sounds, pengguna diberi kebebasan untuk menggunggah klip suara sendiri.

Keunikan lain dari Dubsmash adalah bahwa dalam aplikasi ini terdapat pengaturan bahasa yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Dan dengan demikian itu artinya kita secara leluasa bisa mengisi suara dengan koleksi audio berbahasa Indonesia. Sampai saat ini sendiri, sudah banyak koleksi audio berbahasa Indonesia yang bertengger di library Dubsmash, bahkan sampai lagu dangdut pun ada disana.

Artikel lain: ShapeKit ~ Aplikasi Pembuat Pola Animasi Pengembang Kreatifitas Anak

Cara Menggunakan Dubsmash

Untuk menggunakan aplikasi Dubsmash, pengguna bisa melakukannya dengan sangat mudah. Ketika pengguna mengklik salah satu kategori klip suara, aplikasi Dubsmash akan langsung mengarahkan ke kamera depan atau kamera belakang smartphone untuk melakukan rekaman lipsync.  Setelah selesai dengan rekaman lipsync menggunakan Dubsmash, pengguna dapat menyimpan aplikasi tersebut ataupun membagikannya ke sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan lain-lain.

Pencipta dan Hak Cipta Dubsmash

Dubsmash merupakan aplikasi gratis untuk perangkat #Android yang ditawarkan oleh Mobile Motion GmbH yang berpusat di Berlin, Jerman. Pencipta dan pengembang Dubsmash sendiri adalah tim yang terdiri dari tiga orang yaitu Jonas Druppel, Daniel Taschik dan Roland Grenke. Dibalik kepopuleran Dubsmash saat ini amat disayangkan ternyata aplikasi karya Jonal Druppel tersandung masalah hak cipta.

Permasalahan hak cipta Dubsmash tersebut terdapat pada klip suara yang ada di aplikasi Dubsmash seperti segmen lagu dan klip film yang ternyata tidak memiliki lisensi. Mengutip situs The Guardian, hal tersebut nantinya diyakini bakal dibahas di masa depan. Muncul kemungkinan bahwa si pemegang lisensi bakal bekerja dengan aplikasi ini untuk mengolahnya menjadi uang.

Baca juga: Merlin Bird Photo ID ~ Aplikasi Untuk Mengenali Berbagai Jenis Burung

Viral Secara Global

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa kepopuleran aplikasi Dubsmash ini salah satunya disebabkan oleh keterlibatan para selebriti yang kemudian mereka share ke akun media sosialnya. Dan sebagai catatan, Dubsmash tidak hanya populer di Indonesia, namun aplikasi dari Jerman ini telah populer dan viral secara global.




Beberapa selebriti dunia yang pernah menggunggah video Dubsmash adalah penyanyi Jennifer Lopez dan aktor Hugh Jackman. Sedangkan artis Indonesia yang menggunakan aplikasi Dubsmash ini adalah Ayu Ting Ting, Luna Maya Aliando, Prilly Latuconsina, Jesica Iskandar, Chika Jessica, Jordi Onsu, Kartika Putri, dan lain sebagainya. Dengan adanya keterlibatan para artis dan selebriti ini maka tak bisa dipungkiri jika kemudian aplikasi Dubsmash menjadi viral, melejit dan populer. Di bawah ini salah satu kompilasi Dubmash, yang menurut saya cukup lucu dan menarik untuk ditonton.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. hahahaa,,, kocak liat viedo nya,, jadi kepengen nyobain dubsmash

  2. MENgulang masa lalu, itu yg tak bisa, namun entah kenapa, itulah yg aku inginkan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud