Diperbarui, Fitur Stories Instagram Nampak Makin Ciamik dan Juga Makin Mirip Snapchat

Fitur-Stories-Instagram

Seperti kita ketahui bahwa sudah dua pekan fitur stories diluncurkan oleh #Instagram untuk para penggunanya. Fitur yang diakui oleh kreasinya yaitu Kevin Systrom menyontek dari Snapchat ini sendiri menjadikan media sosial berbasis gambar ini makin berwarna. Tentu saja ketika fitur yang merupakan layanan foto dan video kedua ini muncul, maka penggunanya pun jadi makin betah dan nyaman.

Saya sendiri sebagai salah satu pengguna Instagram memang merasa lebih betah dan nyaman saat ada fitur stories ini. Apalagi saat melihat fitur stories yang terus diperbarui, membuat saya makin betah menggunakan Instagram. Lalu seperti apakah pembaruan dan update jejaring sosial yang dirilis pada 6 Oktober 2010 tersebut? Berikut ulasannya.

Awal Mula Fitur Stories Muncul

Sebelum membahas fitur stories dari Instagram yang diperbarui, kita coba tengok dulu awal mula fitur ini muncul. Pada awal mula Instagram stories muncul pada awal bulan Agustus 2016 silam, pengguna bisa menambah teks dan gambar di foto dalam Stories dengan cara mengakses rangkaian avatar berbentuk lingkaran di bagian atas tampilan aplikasi.

Fitur stories yang kemudian menjadi timeline kedua yang lebih kasual ini memang terlihat mirip dengan Snapchat. Hal ini terlihat dari foto dan video yang otomatis terhapus setelah melewati waktu 24 jam. Karena foto dan #video yang akan otomatis terhapus ini maka sebagai pengguna Anda tidak perlu merasa was-was untuk melakukan postingan dalam jumlah banyak.

Selain itu, Anda juga tak perlu ragu untuk mengunggah hasil kreativitas Anda dengan fitur stories karena fitur ini terpisah dengan timeline atau beranda utama dan akan bebas dari komentar serta tanda “like”.

Arikel lain: Inilah Bukti Kecerdasan Sistem Periklanan yang Diterapkan Oleh Instagram




“Stories” Instagram Bisa Dilihat Melalui Web, Begini Caranya

Setelah sepekan berlalu, Instagram yang sebelumnya menghadirkan fitur stories hanya melalui aplikasi yang ada di platform iOS dan Android pada perangkat smartphone, kali ini bisa kita akses lewat web. Namun untuk membuka stories dari web ini kita harus melakukan teknik tertentu.

Pertama, buka browser Google Crome dan cari ekstensi bernama Chrome IG Story (yang tentunya sebelumnya sudah Anda unduh dan install terlebih dahulu). Berikutnya, buka dan log in akun Instagram Anda dari situs Instagram. Dari sini maka ekstensi Chrome IG Story tersebut akan otomatis aktif dan menghadirkan fitur stories. Untuk mengakses Instagram stories ini Anda bisa melihatnya di bagian teratas linimasa, mirip dengan tata letak pada #aplikasi mobile-nya.

Selain melihat dan menggunakan fitur stories pada web, dengan ekstensi ini maka Anda juga bisa mengunduh beberapa gambar dan video kreatif di dalamnya. Caranya cukup klik kanan pada gambar dan video kreatif yang ditampilkan dan memilih “Download Story” maka Anda bisa mendapatkan dan menyimpan foto atau video yang disukai.

Diperbarui, Instagram “Stories” Makin Mirip Snapchat

Setelah penggunaan fitur stories dari web, kembali Instagram menghadirkan pembaharuan. Ya, tepatnya pada 16 Agustus 2016 kemarin hari, Instagram memperbarui fitur stories dengan menambahkan fitur untuk melakukan zoom in dan zoom out saat merekam video serta juga fitur berganti kamera depan dan belakang.

Dengan pembaharuan fitur stories ini banyak pakar yang menganggap bahwa Instagram stories sangat mirip dengan Snapchat. Untuk melakukan zoom in saat sedang merekam video, Anda cukup menggeser jari ke atas tombol shutter. Sedangkan untuk melakukan zoom out, Anda tinggal menggerakkan jari kembali ke tombol shutter.




Cara untuk melakukan zoom in dan zoom out sendiri terbilang sangat mirip dengan mekanisme zooming pada Snapchat. Sedangkan untuk fitur mengganti kamera depan dan belakang ini bisa Anda lakukan dengan mengetuk layar ponsel sebanyak dua kali. Fitur mengganti kamera sendiri bisa Anda lakukan di tengah-tengah proses perekaman.

Baca juga: Belajar Instagram Marketing dari Hasil Analisa Terhadap 26 Akun Instagram Artis Indonesia

Masih Tersedia di Beberapa Negara Saja

Sayangnya pembaruan dari Instagram untuk fitur stories yang terbaru ini masih tersedia di beberapa negara saja. Untuk toko aplikasi Android Google Play Indonesia sendiri pembaruan fitur stories ini belum tersedia. Diyakini pihak Instagram sedang mengusahakan update fitur stories ini secara bertahap di beberapa negara.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. keren sih, tapi agak gmana gitu…

  2. yang masih aq tunggu sampai saat ini fitur moderasi komentar pada instagram

  3. tapi semenjak ada fitur instagram stories hp aku kok makin bertambah lelet ya. pas tutup Instagram selalu keluar pesan “tampaknya instagram mengalami masalah”. :O

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud