Dini Hari ~ Sajian Oats Sehat Dengan Omzet Memikat

Dini Hari ~ Sajian Oats Sehat Dengan Omzet Memikat

Dini Hari oats

Aktivitas dan rutinitas manusia, terutama pada masyarakat perkotaan yang semakin padat setiap harinya membuat gaya hidup kini menjadi tidak sehat.

Pola makan yang tidak teratur, olahraga yang terabaikan serta stress berlebihan karena kerja adalah beberapa gaya hidup tidak sehat yang seringkali dialami oleh mereka yang hidup dikota-kota besar. Konsumsi jenis makanan yang tidak sehat seperti junk food juga merupakan fenomena gaya hidup tidak sehat yang juga acapkali dijumpai di perkotaan.

Dari persoalan ini, maka muncul #peluang usaha untuk mengolah dan memasarkan beragam makanan sehat atau makanan yang menggunakan bahan-bahan yang mendukung kesehatan tubuh. Tren hidup sehat yang kini menjadi kebutuhan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Dini Hatta Pamuntjak untuk memproduksi produk sarapan sehat berupa overnight oats (bubur oats).

Bisnis makanan sehat yang kemudian diberi brand Dini Hari ini telah mendapatkan respon yang positif dari publik. Lalu seperti apakah bisnis menu sarapan sehat yang dijalankan Dini ini? berikut ulasannya.

Artikel lain: Yourganic Raw Almond Mylk ~ Bisnis Susu Unik Berbahan Kacang Almond Yang Unik

Dimulai Tanpa Sengaja

Dini memulai bisnis menu sarapan sehat ini tanpa disengaja. Perempuan yang menggemari sajian menu makanan sehat ini awalnya mengunggah beberapa foto bubur oats bikinannya ke #media sosial Instagram dan Path. Tak dinyana, ternyata foto-foto bubur oats tersebut mendapat respon yang baik dari teman-teman kantornya yang menyukai bubur oats.

Maka sejak itu Dini seringkali mendapat pesanan bubur oats dari lingkungan kantornya. Sejak pemesanan terus bertambah, Dini kemudian memutuskan untuk serius menekuni bisnis menu makanan sehat ini. Keseriusan ini dibuktikan pada bulan Oktober 2014 saat Dini meluncurkan produk overnight oats miliknya dengan nama Dini Hari.

Sajian dan Varian Dini Hari

Meski berkonsep oats, namun Dini Hari tak melulu berisi bubur oats. Ini karena dalam produknya Dini mencampurkan bubur oats dengan beberapa bahan seperti susu rendah lemak, yoghurt, chia, flax seed, sereal, granola, cokelat, muesli dan buah-buahan.

Dengan kombinasi beberapa bahan ini membuat Dini Hari sangat lezat dan menggoyang lidah. Bahan-bahan ini kemudian ditata sedemikian rupa dalam wadah kaca (jar) sehingga membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Produk makanan oats sehat Dini Hari ini tersaji dalam 14 varian. Dari sekian varian tersebut yang paling laris manis menurut Dini adalah varian rasa cokelat, seperti choco banana, choco wafer dan choco strawberry. Tiap botol produk Dini Hari dijual dengan harga Rp 65.000. Tiap harinya Dini bisa menjual botol hingga 40 botol dengan laba berkisar 40%,” kata Dini yang masih harus membatasi kapasitas produksinya karena masih bekerja.

Bahan Baku, Pengemasan dan Pemasaran Dini Hari

Dalam proses produksinya, Dini harus memesan bahan bakunya dari luar negeri. Makanan yang memang berasal dari luar negeri ini tentu saja membuat bahan-bahannya seperti oats, sereal, granola, almond, dan lainnya harus diimpor. Untuk memperoleh bahan-bahan ini Dini mengakui bahwa ia harus membelinya di supermarket atau distributor barang-barang impor.

Setelah proses produksi, Dini Hari akan dikemas dengan menggunakan botol kaca (jar) yang menarik. Dipilihnya kemasan botol kaca ini dikarenakan alasan kemudahan dan kepraktisan serta untuk menjaga kualitas makanan. Pengemasan dengan botol kaca ini juga dipilih Dini supaya sesuai dan cocok dengan target pasar premiumnya.

Untuk memasarkannya sendiri, Dini memanfaatkan jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Path. Selain media sosial, Dini juga masih memakai pemasaran offline dengan berpromosi dari mulut ke mulut yang menurutnya sangat efektif. Untuk pengiriman produk ke konsumen, Dini menggunakan kurir khusus yang dilengkapi chiller box.

Baca juga: Egg Roll Ubi Ungu Shasa, Bisnis Camilan Unik Berbahan Dasar Ubi Ungu

Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Sehat Oats

Menurut Dini, untuk bisa sukses di bisnis produk makanan sehat oats ini, Anda harus pintar berkreasi memadukan berbagai bahan untuk menyajikan bubur oats yang enak. Selain itu, penampilan produk juga harus menarik agar bisa mendapat perhatian dan menggugah selera konsumen.

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan bahwa pelaku usaha di bidang kuliner sehat ini harus selalu rajin mencari referensi varian rasa dari berbagai sumber. Pasalnya, produk yang selalu menjadi pilihan favorit orang-orang yang suka maraton, yoga, dan olahraga lainnya ini akan terus berkembang.

Maka dari itu mereka yang akan menjalankan bisnis ini harus rajin membaca dan browsing #internet untuk menelusuri referensi varian rasanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan