Diketahui Pengguna Facebook Kini Makin Jarang Update Status Langsung, Apa Penyebabnya?

pengguna Facebook

Image dari Telegraph.co.uk

Jika menilik judul di atas dan harus menunjuk salah satu orang, maka saya bisa dijadikan contohnya. Ya, saya memang sudah sangat jarang update status langsung di #Facebook. Jika pun Anda mendapati ada status di profil Facebook saya maka itu hanya sinkronisasi retweet dari akun twitter saya. Saya memang beberapa kali mengakses Facebook namun tidak untuk mengupdate status tapi hanya untuk melihat notifikasi, pesan atau kabar dari beberapa teman saya.

Entah mengapa memang saya sudah malas melakukan update status langsung dari Facebook. Mungkin jika dihitung bisa jadi sudah hampir setahun saya sudah tidak melakukan update status langsung dari Facebook. Ini bukan berarti saya sedang bermasalah dengan media sosial ini tapi memang entah kenapa saya sudah malas jika mau update status di Facebook langsung dan juga bisa jadi saya lebih suka berinteraksi di Twitter.

Penurunan Jumlah Sharing di Facebook

Selidik punya selidik ternyata saya tidak sendirian dalam kategori orang yang jarang update status langsung di Facebook. Pasalnya sebuah data diketahui bahwa hingga pertengahan 2015 lalu, jumlah sharing secara keseluruhan di Facebook mengalami penurunan 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara, untuk jumlah posting original yaitu posting langsung di Facebook malah mengalami penurunan yang lebih parah yaitu mencapai 21 persen year over year.

Pada awal tahun 2016 ini sendiri, posting original sudah mengalami penurunan sebesar 15 persen year over year. Dari data ini maka bisa disimpulkan bahwa pengguna Facebook kini memang sudah semakin jarang melakukan “update status” baik itu dalam wujud  menulis sesuatu, mengunggah foto atau jenis konten lainnya secara langsung tentunya.

Artikel lain: Inilah 7 Pengumuman Penting Facebook di Konferensi F8 2016

Pentingnya Postingan Original Untuk Facebook

Bagi Facebook postingan original yang dilakukan pengguna secara langsung ini memang sangat penting. Apa untungnya? Menurut #media sosial yang telah memiliki jumlah pengguna mencapai 1,6 ini, postingan original akan bisa menghasilkan interaksi pengguna.

Seperti contoh postingan original mengenai status pertunangan atau update soal keluarga, akan mampu membuat pengguna lain akan merespon dengan memberikan komentar dan tanda “like”. Dengan respon baik ini maka suasana di media sosial karya Mark Zuckerberg ini akan hidup dan akan membuat penggunanya makin betah berlama-lama.

Penyebab Pengguna Jarang Update Postingan Secara Langsung

Pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab yaitu mengapa para pengguna Facebook kini makin jarang melakukan postingan original langsung dari Facebook? Untuk mengidentifikasi hal ini kita memang akan mendapatkan beberapa jawaban. Jawaban pertama, bisa jadi karena terlalu banyaknya jumlah “teman” dalam akun pengguna. Semakin banyaknya teman yang dimiliki memang akan membuat ruang privat di Facebook makin mengecil. Inilah yang membuat para pengguna makin malas untuk memposting langsung dari Facebook.

Hal kedua yang membuat para pengguna malas mengupdate status langsung di Facebook adalah karena terlalu riuhnya atau ramainya media sosial ini. Facebook saat ini memang sudah terlalu ramai dengan aneka berita serta iklan yang bertebaran di News Feed.

Dari sinilah kemudian banyak pengguna Facebook yang merasa tak nyaman dengan keadaan Facebook yang makin ramai dan riuh hingga membuat akhirnya mereka malas melakukan update status Facebook. Kemungkinan terakhir yang membuat pengguna jarang melakukan update status langsung di Facebook adalah karena adanya media sosial baru seperti Twitter, Path, #Instagram yang makin digemari netizen.




Upaya Facebook Membuat Pengguna Aktif Update Status Langsung

Mengetahui hal ini Facebook sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya agar pengguna kembali banyak melakukan posting langsung. Hal-hal yang dilakukan Facebook antara lain dengan mengubah algoritma News Feed supaya lebih menonjolkan posting original. Selain itu Facebook juga sering  mengingatkan pengguna mengenai event hari besar yang sedang marak dibahas.

Baca juga: Tipe Pengguna Facebook Yang Perlu Anda Remove Dari Pertemanan

Hal lain yang dilakukan Facebook adalah dengan mengangkat kembali posting lama yang diunggah tahun sebelumnya. Dan usaha terbaru dan yang akan muncul nanti adalah akan diluncurkannya aplikasi Facebook versi percobaan (beta) di iOS oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Di dalam aplikasi Facebook terbaru ini nantinya akan ada dua opsi posting baru, yakni musik dan slideshow. Selain itu ada juga opsi-opsi lain yang akan diberikan disana seperti foto, video, feeling, dan check-in. Menariknya lagi dalam aplikasi terbaru Facebook tersebut akan ada juga tombol GIF. Semua hal ini dilakukan Facebook untuk membawa kembali pengguna mau aktif lagi melakukan postingan langsung dari Facebook.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. kalo untuk update foto sih, aq lebih suka pakai instagram

  2. Gak juga saya rasa, bahkan semakin ramai, buktinya dari beberapa postingan (khususnya iklan terselip saya) menjadikan produk yg saya jual semakin laris. Alhamdulillah sesekali memang sedikit komentar, tapi saya lebih sering update postingan mengenai produk. bagus sekali koq pemasaran melalui FB

  3. Facebook sekarang jauh lebih ramai dan membingungkan, tak se elegan ketika awal 2009 saat pertama kali saya menggunakannya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud