Digantikan Mesin, Inilah 7 Profesi Yang Terancam Punah

profesi telller bank

Semakin berkembang dan bertumbuhnya #teknologi setiap tahunnya membuat banyak perubahan di dunia. Teknologi yang sejatinya diciptakan untuk bisa membantu manusia dalam menjalankan tugas dan pekerjaan, ternyata menyimpan sesuatu yang mengancam diri manusia itu sendiri. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah tergantinya pekerjaan atau profesi manusia oleh mesin.

Menurut analisis dari Glassdoor, situs komunitas pencari kerja, otomatisasi yang kini sedang menggejala di seluruh belahan bumi diprediksi memiliki kemungkinan 47 persen terjadinya fenomena penggantian pekerjaan atau profesi yang akan diambil alih oleh tenaga mesin. Menurut Scott Dobroski, Ahli Komunitas Glassdoor, ada beberapa jenis pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer yang kemungkinan besar akan digantikan perannya oleh tenaga mesin.

Masih menurut Dobroski, meski kini teknologi dan mesin telah menjadi hal yang sangat umum, tapi tidak semua pekerjaan nantinya akan bisa digantikan mesin. Beberapa pekerjaan yang membutuhkan kreativitas atau skill multitasking dan kemampuan sosial tinggi seperti weeding planner (perencana pernikahan) tidak akan pernah tergantikan sampai kapan pun. Lalu pekerjaan atau profesi apa sajakah yang terancam hilang dan punah karena tergantikan oleh mesin ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 7 Profesi Langka yang Dipandang Sebelah Mata Namun Penghasilannya Tinggi

1. Teller Bank

Profesi pertama yang terancam punah dan tergantikan mesin adalah teller bank. Bukti nyata bahwa profesi ini berpotensi digantikan mesin adalah munculnya teknologi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dengan adanya ATM yang bisa menjalankan sebagian besar fungsi teller bank, masyarakat pun kini lebih memilih menggunakan mesin ini untuk berbagai keperluan seperti mengambil uang tunai, transfer dana, membayar tagihan, dan lainnya. Memang dengan memanfaatkan ATM, transaksi perbankan bisa lebih mudah dan menghemat waktu.




Apalagi kini dunia perbankan yang juga mengembangkan aplikasi teknologi ATM ini dengan meluncurkan mobile banking dan #internet banking, maka profesi teller bank ini pun akan semakin terancam hilang dan punah.

2. Kasir

Selain teller bank, profesi kasir juga terancam punah digantikan mesin. Munculnya mesin khusus untuk melayani pembayaran pembeli di beberapa toko besar di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa menjadikan profesi kasir semakin terancam.

Mesin khusus ini memang canggih karena memiliki kemampuan memindai dan melayani pembayaran dari pembeli secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga saat ini, mesin mandiri tersebut diketahui sudah berjumlah 430.000 unit di seluruh dunia, meningkat hingga empat kali lipatnya dari tahun 2008 lalu.

3. Resepsionis

Menerima panggilan telepon adalah salah satu bagian tugas resepsionis yang kini sudah banyak dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Sistem penjawab yang mengambilalih pekerjaan resepsionis ini sendiri disebut virtual receptionist. Di negara-negara dengan teknologi maju seperti Jepang, peran resepsionis bahkan sudah tergantikan robot sungguhan.

4. Operator Telepon

Ancaman yang dikenai pada resepsionis ini ternyata juga menimpa profesi operator telepon. Apalagi pekerjaan utama operator telepon adalah menerima panggilan dari konsumen, tentu saja akan semakin terancam karena sekarang mesin penjawab otomatis sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan.




5. Tukang Pos

Sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika kini penggunaan #email (surat elektronik) sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan masyarakat. Dan keberadaan email yang kini telah populer tentunya akan menggeser peran surat berbentuk fisik. Dan dampak akhirnya adalah perofesi pengantar surat fisik (tukang pos) akan semakin terancam punah.

6. Agen Perjalanan (Travel Agent)

Profesi lainnya yang terancam punah karena tergantikan mesin adalah agen travel (agen perjalanan). Seperti kita tahu bahwa banyaknya maskapai yang membuka #website sendiri untuk melayani pemesanan tiket serta munculnya banyak aplikasi smartphone penyedia layanan pemesanan tiket akan membuat keberadaan agen travel terancam. Memang dengan adanya beragam layanan via jaringan internet ini pengguna akan merasakan kemudahan dan kepraktisan tersendiri daripada harus mendatangi tempat agen travel.

Baca juga: Menilik Asyiknya Jalani Profesi Backpaker

7. Wartawan Media Cetak

Dengan meningkatnya layanan blog dan #media online yang profesional menjadikan profesi wartawan media cetak atau koran juga diprediksi akan terus menurun. Faktor kemudahan dan akses internet yang semakin terjangkau dan murah memang menjadikan orang lebih banyak memilih media online daripada harus membeli koran atau majalah. Ancaman pada profesi wartawan media cetak ini sudah mulai terlihat dengan banyaknya media cetak yang tutup dan gulung tikar.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Jika benar-benar terjadi penggaguran akan meningkat dong.Terutama negara berkembang seperti negara kita.

  2. Bener tu mas… Untuk yang terakhir saya kurang sepakat. Cuma kurang dikit hehe… Mungkin cuma medianya yang gulung tikar tapi untuk profesi wartawan masih tetap, mereka kemungkinan akan beralih ke media online. Beberapa media online profesional juga sebagian jemaan dari media cetak.. :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud