Dianggap Sebagai Kompetitor, Instagram Memblokir Tautannya ke Profil Telegram dan Snapchat

Instagram blokir Telegram dan Snapchat

Image dari Technewstoday.com

Aplikasi berbagi foto, yakni Instagram telah memutuskan untuk melakukan pemblokiran profil pengguna yang bertautan langsung dengan aplikasi Telegram dan Snapchat. Pertama kali informasi ini mencuat dari akun Twitter resmi Telegram beberapa waktu lalu.

Setelah melakukan pemblokiran tersebut sudah bisa di pastikan membuat para pengguna #Instagram yang ingin memasukan profil deskripsi berupa tautan ke aplikasi Telegram maupun Snapchat otomatis tidak akan di kenali oleh sistem. Instagram akan memberikan sebuah peringatan bahwa tautan dari layanan tersebut tidak di dukung oleh Instagram.

Artikel lain: Inilah 4 Kegunaan Fitur Multiple Account Instagram yang Bisa Kelola Banyak Akun



Kendati kondisinya semacam itu, Instagram tidak memberlakukan peraturan hal yang sama dengan tautan dari aplikasi media sosial lainnya. Maka dengan begitu pengguna dari Instagram masih bisa memberikan tautan dari profil seperti Twitter, Facebook, ataupun situs pribadi yang lainnya, ke laman profilnya.

Upaya Pembatasan Layanan Serupa

Seperti dilansir dari laman informasi Tech Crunch, Senin (7-3-2016), Instagram telah memastikan berita pemblokiran tersebut. Menurut juru bicara yang di utus oleh Instagram, pihaknya memang telah menghilangkan fitur tautan ‘add me’ di laman profil Instagram.

Sayangya, pihak dari Instagram belum bisa memberikan informasi secara jelas di balik tindakan pemblokiran tautan ke #aplikasi Telegram maupun Snapchat. Beberapa pihak telah memberi pendapatnya akan tindakan tersebut, dengan menilai aplikasi yang telah di akuisisi oleh Facebook tersebut tidak ingin memberi tautan langsung ke aplikasi lain yang di nilai menjadi kompetitornya selama ini.

Berdasarkan informasi yang telah di rangkum, Telegram meskipun di kenal sebagai aplikasi chatting ternyata telah di bekali fitur edit foto langsung di dalamnya. Sementara untuk aplikasi Snapchat sendiri sudah jelas memiliki fungsi  yang di dominasi pengiriman gambar atau video.

Baca juga: Inilah 5 Selebritas Dunia dengan Jumlah Followers Instagram Terbanyak 

Pemblokiran Serupa Pernah Terjadi

Sebenarnya ini bukan pertama kali Telegram mengalami tindakan pemblokiran dari aplikasi lainnya yang memiliki fungsi sama. Sebelumnya, tautan yang mengarah pada aplikasi profil chatting asal Rusia tersebut juga telah di blokir oleh WhatsApp, dan lagi-lagi merupakan salah satu layanan yang di miliki oleh Facebook.

Namun, jika menilik dari kebiasaan #Facebook, pemblokiran tautan tersebut memang telah menjadi hal yang sifatnya lumrah. Untuk sekedar informasi saja pada tahun 2010, aplikasi media sosial Facebook mendapatkan banyak krtitikan pedas karena telah melakukan pemblokiran pada tautan layanan penyedia hosting asal Swedia, yakni Pirate Bay di sistem chatting dan juga laman News Feed.

Memang kejadian tersebut sangat wajar adanya jika terjadi dalam dunia bisnis. Bahkan jika kita langsung mencoba untuk terjun ke dalam dunia bisnis, akan jauh lebih parah dari peristiwa di atas. Tidak jarang juga orang-orang saling sikut dan menggunakan berbagai upaya dan cara agar bisnis yang sedang di jalaninya bisa berjalan dengan baik.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud