DeviantART, Tempat Kumpulnya Seniman Visual Seluruh Dunia Secara Online

DeviantART-Tempat-Kumpulnya-Seniman-Visual

Menyadari passion diri sendiri memang memberikan banyak keuntungan bagi diri kita. Kita jadi bisa mengembangkan diri sesuai dengan passion tersebut dan bisa menemukan komunitas yang bisa mendukung pengembangan passion kita. Passion apa yang menjadi hal dominan dalam diri kita?

Bila kita menyukai dan memiliki bakat di bidang kesenian, kita tentu bisa mulai ikut berperan aktif dalam komunitas-komunitas penggiat kesenian. Kini bahkan kita tidak perlu repot-repot mencari komunitas tersebut, karena internet bisa memfasilitasi kita untuk mengakses DeviantART (DeviantART.com), website yang menjadi komunitas online bagi para seniman utamanya konten visual dari seluruh penjuru dunia.

Apa Itu DevianART?

DeviantART adalah portal seni berkonsep digital yang menjadi wadah berkumpul bagi para seniman di seluruh dunia. Melalui DeviantART, para seniman yang terhubung dengan koneksi internet dapat memperlihatkan hasil karyanya, berbagi ide maupun sekedar berdiskusi dengan seniman-seniman lainnya.

Seniman-seniman yang berkumpul di DeviantART juga berasal dari beragam cabang seni, mulai dari desainer, fotografer, komunitas artist dan seniman-seniman lainnya.

Artikel lain: Beberapa Website Paling Kontroversial di Dunia

Latar Belakang DeviantART

DevianART dibentuk oleh Angelo Sotira, seorang pria yang jatuh cinta pada dunia seni. Pria kelahiran 14 Februari 1981 ini begitu mengagumi sosok Frank Vincent Zappa, seorang komposer dan musisi Amerika Serikat yang wafat pada tahun 1993. Salah satu kata-kata mutiara dari Vincent Zappa adalah “Without deviation from the norm, progress is not posibble”.

Kata-kata mutiara dari Vincent Zappa tersebut rupanya begitu membekas di hati Angelo dan menginspirasi nama dari sebuah website komunitas online bagi para seniman dunia yang dibentuk pada tahun 2000-an. Website tersebut kemudian diberi nama DevianART.

Fitur-Fitur Yang Ada di DeviantART

DeviantART bisa didefinisikan sebagai salah satu portal online pertama yang mengusung konsep user generated content. Setiap konten yang terdapat di website DeviantART berasal dari sharing antar para anggota seniman di dalamnya. Selain itu, DeviantART juga memiliki beragam fitur yang memungkinkan kita untuk membuat custom halaman profil personal. Kita bisa berbagi hasil karya seni, referensi teks literatur, foto, karikatur hingga file berformat video.

Anggota DeviantART bisa melakukan chat dengan anggota lainnya serta bisa memberikan komentar terhadap hasil karya yang di posting oleh anggota lain. Fasilitas #email dan group community juga menambah nilai sharing melalui DeviantART. Mencantumkan portofolio pribadi sambil melihat portofolio dan hasil karya seniman lain akan menambah referensi dan wawasan kita mengenai dunia seni.

Melakukan pencarian karya seni di website DeviantART juga tergolong sangat praktis. Kita tinggal mencarinya berdasarkan kategori karya seni atau nama artist yang membuat karya tersebut. Seluruh fitur-fitur bermanfaat tersebut juga ditunjang dengan fitur tutorial gratis seperti tutorial penggunaan software desain seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Perkembangan DeviantART di Masa Kini

DeviantART berkembang sebagai komunitas online raksasa bagi para seniman dunia. Tidak mengherankan bila DeviantART berinisiatif untuk meluncurkan group platform baru untuk menampung sejumlah posting dan komunitas baru yang sedang berkembang.




Group platform baru yang diluncurkan pada tahun 2010 tersebut mendapat sambutan positif dari para seniman yang aktif berkegiatan di DeviantART. Keunikan dan bidang bisnis internet yang spesifik telah membawa DeviantART semakin berkembang dan mengungguli pesaing-pesaingnya yang bahkan telah ditinggalkan oleh para penggunanya.

Hingga tahun 2012, setidaknya DeviantART tercatat memiliki 24 juta anggota aktif yang terdiri dari para seniman maupun para penikmat seni. Dengan jumlah pengunjung unik yang mencapai 64 juta pengunjung setiap bulan, ada lebih dari 140.000 karya seni yang diunggah di DeviantART setiap harinya. Anggota DeviantART juga bisa memperoleh fitur-fitur yang lebih berkualitas bila berlangganan layanan DeviantART secara premium.

Baca juga: Ganool.com, Alamat Terbaru Ganool Situs Download Film Gratisan

Jadi, bagi kita yang merupakan penikmat seni, seniman atau punya passion di bidang seni, bergabung di komunitas DeviantART bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita jadi bisa menghabiskan waktu luang dengan mencari referensi seni atau menikmati karya-karya seni modern dari seluruh seniman dunia. Mulailah mengisi hari-hari kita dengan kegiatan seni yang menyenangkan dan membawa dampak positif bagi kita dan orang-orang di sekitar kita.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud