Denu Cokelat ~ Menilik Manis Legit Keuntungan Brand Bisnis “Choco In Jar” Unik

Denu Cokelat

Image dari Tokopedia.com

Cokelat adalah menu kuliner yang makin lama makin disukai masyarakat. Dengan berbagai olahan dan variasinya, cokelat makin menarik dan makin menjadi menu favorit dan utama yang dihadirkan oleh para pengusaha. Dan salah satu pengusaha yang juga menghadirkan cokelat sebagai menu utama dan andalannya adalah Amelia Herlinda Devita dan Nugraha Sugiarta.

Dengan inovasinya, ia mengubah cokelat menjadi sajian yang lezat dan menarik. Brand cokelatnya sendiri kemudian diberi nama Denu Cokelat. Bisnis yang didirikan dari tahun 2012 ini sendiri telah sukses dengan mencapai omzet sekitar Rp 100 juta-150 juta/bulan. Lalu seperti apakah kisah sukses Amelia dan Nugraha merintis Denu Cokelat hingga sukses sampai sekarang ini? Berikut ulasannya.

Awal Mula Bisnis dan Varian Denu Cokelat

Dengan modal Rp500 ribu, pada awal usahanya di tahun 2012 kala itu, Amelia dan Nugraha menghadirkan Denu Cokelat dengan cokelat custom, seperti cokelat ucapan selamat ulang tahun dan lain-lain. Tak dinyana produknya direspon dengan baik. Hal inilah yang membuat Amelia dan Nugraha makin yakin untuk mengembangkan Denu.

Seiring perkembangan, variasi produk meluas menjadi choco crust (choco in jar), sebuah menu cokelat cair yang di nikmati dari dalam botol kaca atau jar dan terdiri dari kombinasi bahan cokelat dan campuran makanan renyah seperti wafer atau biskuit. Choco crust pada brand ini sendiri ada 5 rasa, mulai dari original, biskuit and cream, mede, marshmallow sampai cokelat chacha.

Artikel lain: La Cokelat ~ Bisnis Kuliner Olahan Cokelat Dengan Ragam Produk Yang Memikat




Selain itu Denu Cokelat juga menghadirkan penganan-penganan cokelat yang dicampur dengan marshmallow, mede, dan cappuccino hingga cokelat siap seduh. Dari sekian variasi menu choco crust menjadi produk yang paling laris dengan penjualan sekitar 50% dari total keseluruhan produk Denu Cokelat.

Kendala dan Tantangan Jalankan Usaha

Saat menjalankan Denu Cokelat, Amelia dan Nugraha bukan tanpa hambatan. Menurut Amelia dan Nugraha kendala yang dialaminya lebih kepada tingkat persaingan yang ketat karena sudah banyaknya pengusaha cokelat custom yang bermunculan. Selain tingkat persaingan, kesulitan dalam melakukan #branding karena tidak adanya ciri khas yang melekat terhadap produk custom juga menjadi kendala tersendiri.

Namun sejak tahun 2013-2014 Amelia dan Nugraha mulai mengubah strategi dengan tidak lagi membuat produk custom. Mereka pun berpindah membuat menu baru tersendiri yang unik seperti varian choco crust, choco blus dan lain-lain. Dari sinilah konsumen merespon brand ini makin digemari masyarakat.

Keunggulan Denu Cokelat

Dari sekian banyak brand cokelat, terutama jenis choco in jar ini Denu cokelat memiliki keunggulan dari segi cita rasa. Dengan bahan-bahan kualitas tinggi membuat choco crust menjadi sangat lezat dan mampu membuat konsumen ketagihan. Selain menggunakan bahan-bahan berkualitas, brand ini juga dibuat dengan tidak menggunakan bahan pengawet dan juga tentunya halal. Denu Cokelat memang sudah mengantongi sertifikat P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dari Dinas Kesehatan setempat.

Produk Denu Cokelat sendiri banyak dipasarkan secara online. Dengan penjualan secara online sendiri Amelia dan Nugraha bisa lebih hemat dan juga yang terpenting mampu menjangkau pembeli dari semua wilayah. Dengan kemudahan yang ditawarkan media online ini pada akhirnya akan bisa menguntungkan konsumen dari dari kalangan muda yang sebagian besar memahami dan menggunakan teknologi #internet dalam kesehariannya.




Selain pemasaran online, brand ini juga dipasarkan secara offline dengan cara mengikuti bazaar di beberapa kota besar. Target pasar Denu Cokelat sendiri adalah pembeli di kisaran usia 17-35 tahun dengan 15 varian produk.

Baca juga: Cokelat nDalem ~ Bisnis Cokelat Khas Yogyakarta Berkonsep Kearifan Lokal

Pencapaian Usaha dan Rencana di Tahun 2016

Dengan harga jual antara Rp25 ribu hingga Rp70 ribu, kini Amelia dan Nugraha telah sukses mendapatkan omset dari Denu Cokelat hingga 150 juta per bulan. Dengan pencapaian ini sendiri Amelia dan Nugraha masih belum puas. Maka di tahun 2016 ini Amelia dan Nugraha memiliki target membuka gerai di gedung SMESCO Jakarta dan Surabaya.

Selain membuka gerai di gedung SMESCO, Amelia dan Nugraha juga ingin rutin mengikuti pameran rutin di kota-kota besar. Dan rencana lain di tahun 2016 ini adalah membuat buku resep dan juga memproduksi produk cokelat yang sehat dengan konsep low fat & low sugar yang diperuntukkan bagi pelaku diet dan pengidap diabetes.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Pengen jualan coklat yg di toples gini. Tpi saya lagi cari agennya. Pengen jdi reseller

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud