Beranda Bisnis Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi: Apakah Bisnis Anda Terpengaruh?

Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi: Apakah Bisnis Anda Terpengaruh?

Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi

Bagaimana dampak virus Corona terhadap ekonomi Indonesia dan Global? Ini sebuah pertanyaan yang mungkin belum pasti jawabannya.

Virus Corona telah menjadi perhatian serius bagi umat manusia di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, virus ini telah mewabah di mana penyebarannya sangat cepat dan lintas negara.

Ada berbagai kekhawatiran yang merebak seputar virus Corona, baik itu di tingkat pribadi, keluarga, daerah, di tingkat nasional, bahkan global.

Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya pada diri sendiri, bagaimana kemungkinannya saya atau orang-orang yang saya cintai terinfeksi Corona? Apa yang akan saya lakukan bila saya atau orang-orang yang saya cintai ternyata terinfeksi virus ini?

Di sisi lain, para pebisnis juga memiliki kekhawatiran yang sangat besar. Bagaimana dampak virus Corona terhadap ekonomi dan bisnis saya di masa mendatang?

Melalui artikel ini, saya akan mencoba berbagi apa yang saya ketahui tentang virus Corona dan dampaknya terhadap ekonomi, serta langkah potensial yang bisa kita ambil.

Apa itu Virus Corona?

Pada dasarnya ada banyak jenis virus Corona, seperti; SARS, MERS, dan beberapa lainnya. Nama “Corona” mengacu pada cahaya di sekitar struktur cincin virus ini ketika dilihat dengan mikroskop.

Dalam hal ini, virus Corona yang dimaksud adalah COVID-19 yaitu virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Seseorang yang terinfeksi virus ini diketahui melalui gejala yang timbul pada manusia, seperti flu, demam, batuk, dan sesak napas.

Apa itu Virus Corona covid-19
Bentuk coronavirus dilihat melalui mikroskop elektron, sumber web.musc.edu

Virus ini dapat ditularkan dari satu orang ke banyak orang lainnya dengan berbagai cara, seperti; melalui sentuhan, bersin, batuk, dan lain-lain.

Menurut WHO, cara terbaik agar tidak terinfeksi virus ini adalah dengan menjaga kebersihan tangan, menghindari orang bersin/ batuk, serta menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di keramaian.

Apa Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi Sejauh Ini?

Ada beberapa industri yang telah mengalami dampak buruk akibat wabah Covid-19 belakangan ini. Terutama industri yang tergantung pada barang-barang yang diproduksi di Tiongkok karena produksi di sana sedang melambat.

Salah satu dampak virus Corona terhadap ekonomi di Indonesia terlihat dari penurunan nilai mata uang Rupiah Indonesia terhadap Dollar Amerika. Saat artikel ini dipublish, nilai mata uang Rupiah mengalami penurunan yang cukup tajam.

Dollar hari ini
Nilai Rupiah Indonesia terhadap Dollar Amerika Serikat, 19/03/2020

Selain itu, beberapa industri di Indonesia juga sedang mengalami penurunan atau terdampak negatif akibat pandemi Coronavirus ini, diantaranya;

  • Industri perhotelan
  • Industri manufaktur
  • Bisnis pariwisata
  • Bisnis ritel
  • Bisnis barang-barang mewah
  • Pasar saham global
  • Bisnis smartphone
  • Bisnis transportasi (pesawat, kapal, transportasi darat)

Menurut beberapa sumber menyebutkan industri manufaktur, pariwisata, dan perhotelan mendapatkan pukulan yang sangat telak sejak adanya pandemi Coronavirus. Hal ini terlihat jelas karena terjadi penurunan okupansi yang signifikan sehingga berbagai perusahaan melakukan berbagai upaya efisiensi.

Selain yang disebutkan di atas, tidak menutup kemungkinan industri lainnya juga sedang mengalami kemerosotan sebagai akibat adanya pandemi Coronavirus.

Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Saat ini para pelaku usaha sedang menunggu dan melihat perkembangan karena belum adanya kepastian situasi. Dan tentu saja perkembangan berikutnya akan tergantung pada seberapa efektif tindakan pengendalian virus Corona yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan masyarakatnya.

Seperti kita ketahui, berbagai kasus yang terjadi di luar Tiongkok, termasuk Korea Selatan, Iran, dan Italia, telah mengalami peningkatan jumlah yang signifikan.

Demikian juga halnya dengan Indonesia. Ketika artikel ini ditulis, jumlah korban yang terinfeksi virus Corona di Indonesia telah mencapai 172 orang dengan 7 orang meninggal dunia dan 9 orang sembuh (156 kasus aktif).

Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di situs https://www.worldometers.info/coronavirus/

Namun, tentu saja kita tidak bisa berdiam diri hanya melihat dan menunggu situasi. Meskipun sedang wait and see, bukan berarti tidak melakukan apa-apa.

Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Terlepas apakah saat ini Anda merasakan dampak COVID-19 atau takut akan hal itu, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sebagai pribadi yang perduli terhadap diri sendiri dan orang lain.

1. Mulai Bekerja Dari Rumah

Sesuai dengan arahan dari pemerintah Indonesia, saat ini sangat disarankan agar para karyawan melakukan pekerjaannya dari rumah (work from home).

Tentu saja kebijakan setiap perusahaan tidak akan sama karena beberapa pekerjaan memang tidak bisa dikerjakan secara remote atau online.

Mungkin beberapa profesi tidak dapat melakukan upaya ini, namun mereka yang dapat melakukannya sudah seharusnya dengan penuh kesadaran mengikuti arahan dari pemerintah.

Upaya ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir potensi penyebaran atau penularan baru virus Corona yang mungkin terjadi di lingkungan kerja.

2. Menjaga Kesehatan

Faktanya, virus Corona bisa menginfeksi siapa saja. Namun ketika itu terjadi, mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang optimal memiliki peluang lebih baik untuk kembali pulih dibandingkan dengan mereka yang kurang fit.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dengan teratur, berolahraga, dan istirahat dengan cukup.

Secara teori, pola hidup sehat itu tidak sulit untuk dilakukan. Hanya saja, sebagian besar manusia memang tidak mau perduli dengan dirinya sendiri atau dengan orang lain.

Baca juga: Tips Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi Corona Virus di Indonesia

Artikel singkat ini memang tidak menjelaskan secara lengkap karena saya bukan seorang pakar. Namun, tidak ada salahnya kamu dan saya mulai lebih aware terhadap perkembangan pandemi Coronavirus.

Situasi saat ini sedang cukup sulit dan penuh tantangan bagi semua pihak, terutama bagi para pebisnis yang sering berhubungan dengan banyak orang. Namun, saya yakin, pada satu titik, masalah ini akan selesai, dan hanya mereka yang perdulilah yang dapat merasakan manfaat dari setiap tantangan yang dihadapi.

Selamat berbisnis, dan semoga tetap sehat selalu!

8 KOMENTAR

  1. saya bergerak di guide wisata lokal kena imbasnya. skrng lokasi lokasi wisata ditutup oleh pihak terkait. kapan ya kira2 pandemi ini segera berakhir. Ya Tuhan semoga Negeri ini lekas membaik.

  2. Sangat kerasa sekali efeknya pak. Salah satu dampak yang paling kerasa di usaha mebel kita yang mengalami penurunan omset. Order menurun karena banyak dari para buyer nampaknya ingin menunda pembeliannya karena memilih prioritas kebutuhan pokoknya.

  3. Saat komentar ini ditulis, jumlah yg terinfeksi sudah diatas seribu orang. Hal yang harus kita waspadai adalah, jika pemerintah dan kita semua gagal mengendalikan penyebaran virus ini. maka jumlah mereka yg terinfeksi akan menjadi sangat masif.

    Dan jika itu terjadi, hal yang sangat berbahaya adalah rumah sakit dan tenaga medis sudah tidak mampu menangani sebagian pasien karena jumlahnya yang sangat besar, maka akan banyak pasien yg tidak tertangani dan …

    Jika penyebaran sudah sedemikian masif, ekonomi akan jatuh, karena kita semua pasti disibukkan dengan kondisi masing-masing, perusahaan-perusahaan akan kesulitan beroperasi, termasuk akan kesulitan untuk membayar karyawannya.

    Yuk kita patuhi himbauan pemerintah, dengan menjaga diri dan keluarga kita agar penyebaran virus ini bisa dihentikan.

  4. Suka dengan artikel agan, baru komentar skrg. Corona memang secara membabibuta mengacaukan ekonomi dunia dari berbagai sisi. Semoga badai corona segera berlalu dan bisa lebih prduktif kembali.

  5. Pengaruh yang ‘diam diam’ tapi diabaikan, kayanya nilai rupiah yang mulai melemah :(

  6. Kalau menurut saya. Seharusnya di dunia yang serba online seperti sekarang ini. Tidak berpengaruh terhadap bisnis. Bahkan untuk bisnis seperti market sudah bisa melalui ojek online

Tinggalkan Balasan