Ini 6 Dampak Negatif Jika Terlalu Ambisius Dalam Pekerjaan

Ambisi yang tinggi dan tidak terkendali selalu menjadi benalu dalam setiap pekerjaan. Jika ambisi tinggi tersebut tidak segera Anda kendalikan, maka suatu saat akan menghancurkan karir Anda sendiri.

Ada banyak akibat buruk yang ditimbulkan dengan adanya sikap ambisi yang terlalu besar ini. Akbiat negatif tersebut sangat berpotensi merusak karir yang sudah Anda bangun sejak awal.

Lalu apa saja sebenarnya akibat negatif dari sikap terlalu ambisius ini, simak penjelasan di bawah ini.

  1. Membuat Anda Mudah Depresi

Ambisi yang tidak terkendali terhadap pekerjaan, seringkali membuat lupa waktu. Setiap hari, siang dan malam yang diingat hanya pekerjaan dan pekerjaan. Semua waktunya dihabiskan untuk memikirkan pekerjaan dan target yang dibuat sendiri.

Jangankan untuk bersantai dan menikmati liburan, untuk melakukan aktivitas harian seperti makan, tidur dan berolahraga pun akan sulit dilakukan. Keadaan seperti ini sangat tidak sehat untuk jiwa dan raga Anda, jika dibiarkan, maka akan menimbulkan mudah stres dan memicu depresi.




Betapa tidak, tubuh dan pikiran Anda setiap hari harus diperas tanpa ada waktu untuk istirahat barang sebentar saja.

  1. Kecenderungan Antisosial Meningkat

Disadari atau tidak, ambisi yang tidak terkontrol terhadap pekerjaan akan membuat Anda menjadi seorang yang antisosial. Anda akan lebih mengutamakan pekerjaan Anda dari pada berinteraksi sosial dengan lingkungan Anda.

Anda kemudian akan menjadi pribadi yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Baik di lingkungan sekitar rumah Anda, maupun di lingkungan kerja Anda.

Jika keadaan seperti ini terjadi, maka lingkungan Anda pun juga tidak akan respek terhadap Anda. Akibatnya di lingkungan kerja Anda justru tidak akan mendapat dukungan untuk naik jabatan.




Artikel lain: 5 Tanda Anda Terlalu Ambisius Dalam Berkarir, Waspadalah

  1. Sulit Menjadi Orang yang Bijak

Menjadi orang yang bijak dalam menghadapi masalah bukanlah perkara yang mudah. Terlebih jika Anda berada dalam cengkraman ambisi yang tak terkendali, maka sulit sekali.

Anda akan menjadi sangat sulit memandang masalah secara jernih dan fair. Terutama jika ada masalah terkait dengan pekerjaan, Anda cenderung ingin sesegera mungkin menyelesaikan masalah. Yang kemudian akan menuntun Anda untuk mengambil keputusan dengan tergesa-gesa.

Dan semakin buruk lagi, Anda akan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah dengan cara apapun tanpa mengindahkan yang lain.

  1. Sulit Memahami Kelemahan Diri Sendiri

Orang yang memiliki sikap terlalu ambisius, biasanya akan menganggap dirinya yang terbaik dalam berbagai hal. Pencapaian yang sudah ia raih akan menguatkan sikap percaya diri yang cenderung ke arah egois. Nah, sikap seperti ini akan membawa orang seperti ini untuk sulit memahami kelemahan diri sendiri.

Padahal, ketika Anda sulit memahami kelemahan diri sendiri, maka Anda pun akan kesulitan untuk berkembang. Dan, ketika Anda sulit berkembang, maka karir Anda pun tidak akan pernah meningkat.

Karena Anda adalah seorang yang terlalu ambisius, maka kondisi karir yang mentok ini akan membuat Anda depresi seperti penjelasan di atas.

  1. Menjadi Kurang Teliti Dalam Berabagai Hal

Sikap terlalu ambisius pada pekerjaan akan membuat Anda menjadi seorang yang kurang detail terhadap pekerjaan. Hal ini terjadi karena yang Anda pikirkan bukan pekerjaan itu sendiri, melainkan capaian atau target yang Anda buat sendiri.

Ini kemudian akan membuat Anda menjadi tidak teliti terhadap pekerjaan Anda sendiri, yang kemudian akan menurunkan kinerja Anda sendiri. Padahal, untuk mencapai target atau prestasi yang diinginkan memerlukan fokus dan kinerja yang maksimal.

Sikap ketidaktelitian ini tentu akan membuat prestasi atau target yang Anda jadikan tujuan, justru akan semakin jauh dari gapaian Anda.

  1. Menjadi Orang yang Kurang Menghargai Orang Lain

Ambisi tinggi yang tidak terkendali akan membuat Anda menjadi orang yang kurang bisa menghargai orang lain. Apalagi di dunia kerja, Anda akan menganggap pencapaian Anda adalah usaha Anda sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain.

Hal ini terkait erat dengan sikap antisosial seperti di atas. Anda sulit menghargai kontribusi teman Anda meski sangat sedikit. Karena dalam setiap usaha kita tentu ada peran dari orang lain meski itu sangat kecil sekali.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

Kesimpulan: Sebenarnya, menjadi seseorang yang ambisius bukanlah hal yang buruk (jika tujuannya baik). Namun, ambisi tanpa kontrol akan membuat seseorang menjadi egois dan tidak perduli dengan situasi dan keadaan di sekitarnya, bahkan lebih buruk bila tidak perduli dengan kesehatan sendiri.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya jadi ingat betapa ambisi nya saya beberapa hari ini dalam mengurus blog. Mungkin sekarang waktunya istirahat dulu kali ya mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud