Daftar Istilah Penting Dalam Twitter dan Artinya

Image dari Mashable.com

Image dari Mashable.com

Maxmanroe.com ingin menghadirkan tulisan-tulisan yang sedikit berbeda dari biasanya. Kami akan mengulas istilah-istilah yang pernah atau mungkin sering kita temui di dunia Internet. Nantinya akan ada beberapa seri daftar istilah berdasarkan tema yang diangkat. Dan yang akan menjadi tema artikel kali ini adalah istilah penting di #media sosial Twitter.

#Twitter merupakan salah satu social media yang sudah populer selama beberapa tahun belakangan ini. Mengangkat konsep micro blogging,  Twitter mampu masuk sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan netter dan bersaing dengan situs besar seperti Facebook.

Untuk lebih mengenal penggunaan Twitter, yuk kenali dulu beberapa istilah penting dalam Twitter dan juga artinya. Berikut ulasan singkatnya:



1. Direct message (DM)

Pesan pribadi dua arah antar pengguna Twitter dengan batasan 140 karakter. Pihak pengirim pesan hanya bisa mengirimkan Direct Message pada pihak yang sudah melakukan mem-follow dirinya. Selain itu, Dua pengguna Twitter yang saling follow dapat berkirim Direct Message.

Artikel lain: 6 Tips Sederhana Dalam Memanfaatkan Twitter Untuk Bisnis

2. Favorites

Tweet yang Anda tandai karena dianggap informatif, menarik atau menyentuh. Biasanya tweet yang di favorites ditandai dengan gambar bintang berwarna kuning. Tweet yang telah Anda favorites akan masuk ke daftar favorites Anda sehingga dapat dibaca kembali di lain waktu.

3. Follow

Suatu tindakan untuk mengikuti timeline dari akun Twitter orang yang di follow. Orang yang saling kenal di dunia nyata biasanya melakukan saling follow di Twitter. Bila orang yang di follow tidak mengunci akun Twitternya, Anda bisa langsung follow dan mengikuti aktivitas timeline nya.

Sedangkan bila orang yang ingin Anda follow ternyata mengunci akunnya, maka request anda akan menjadi notifikasi bagi orang tersebut. Orang tersebut berhak memutuskan apakah akan mengizinkan anda untuk melakukan follow terhadap akun mereka atau tidak.

4. Follower

Kumpulan akun Twitter orang yang sama-sama mem-follow sebuah akun Twitter tertentu. Biasanya seorang follower memutuskan untuk mem-follow sebuah akun Twitter karena tertarik dengan karakteristik tweet yang akun tersebut sampaikan.

5. Following

Status yang menunjukkan bahwa Anda telah mem-follow akun Twitter tertentu. Dengan melakukan following, Anda dapat mengikuti aktivitas Tweet dari sang pemilik akun.

6. Unfollow

Tindakan untuk menyudahi kegiatan follow terhadap akun Twitter tertentu. Ketika Anda melakukan unfollow terhadap sebuah akun Twitter, maka tweet akun tersebut tak akan muncul di timeline Anda.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang meng-unfollow suatu akun. Misalnya karena merasa sudah tidak terganggu dengan isi tweet yang disampaikan atau karena ada konflik dengan sang pemilik akun yang terjadi di dunia nyata. Selain itu, jumah follower pada akun yang anda unfollow akan berkurang secara otomatis.

Artikel lain: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat

7. Tweet

Tulisan yang dapat Anda posting di timeline Twitter. Jumlahnya tidak melebihi 140 karakter dan biasanya dapat berisi informasi, obrolan, ungkapan hati atau kata-kata motivasi.

Meskipun secara default tweet tersebut dibatasi hanya 140 karakter, sebenarnya para pengguna Twitter tetap bisa menulis tweet dengan panjang lebih dari itu atau bahkan tanpa batas. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Twitlonger, Socialscape, dan lain-lain.

8. Retweet (RT)

Tindakan mem-forward suatu tweet yang ada pada timeline sehingga para follower Anda juga dapat melihat tweet tersebut. Retweet merupakan salah satu attitude Twitter yang sopan karena tetap mencantumkan sumber asli yang pertama kali membuat tweet.

9. Timeline

Suatu daftar tweet dari list dari orang-orang yang sudah Anda follow berdasarkan satuan waktu yang berurutan. Timeline biasanya muncul berurutan berdasarkan kronologi pembuatan tweet. Tweet yang baru saja di posting akan muncul di urutan teratas timeline.

10. Hashtag

Lambang tanda pagar (#) agar pengguna Twitter lainnya dapat mencari kata kunci tertentu dengan mudah dan cepat. Kata kunci yang memakai hashtag terbanyak biasanya akan menjadi trending topic di suatu negara atau bahkan di dunia.

11. List

Fitur Twitter yang dapat digunakan untuk mengelompokkan sejumlah tweet yang berasal dari akun-akun Twitter yang Anda follow. List dapat dibuat untuk mengelompokkan para sahabat, perusahaan kompetitor serta kelompok akun lainnya.

12. Mention

Suatu tindakan untuk memberi tahu seorang pengguna Twiter dengan mencantumkan username nya pada tweet (@username) sehingga orang tersebut akan ikut membaca tweet yang Anda kirimkan. Orang yang di mention akan mendapatkan notifikasi Twitter.

13. Trending topic

Tema bahasan yang sedang menjadi tren di Twitter dan biasanya disertai dengan penggunaan hashtag. Trending topic biasanya berhubungan dengan suatu tema yang sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna Twitter.

14. Over Heard (OH)

Tindakan memposting kembali isi Twitter orang lain yang dianggap menarik tanpa mencantumkan sumber aslinya.

15. Search

Fitur berupa kolom yang dapat digunakan untuk mencari sesuatu pada Twitter. Cara penggunaannya cukup dengan mengetikkan kata kunci pada kolom tersebut. Untuk mempermudah proses search, anda dapat menggunakan hashtag (#).

Baca juga: 9 Kesalahan Umum Dalam Penggunaan Twitter Untuk Marketing

Di atas tadi adalah beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam penggunaan media sosial Twitter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semua.





9 total comments on this postSubmit yours
  1. Terimakasih ya..jadi nambah ilmu maklum saja masih awam menggunakan tweeter

  2. Dulu tak tau,tapi skarang berkat blog ini jd udah tau istilah yg di pake dalam twitter. Thank you so much ..

  3. Terimakasih informasinya, retweet, bingung, kadang membuat kita tidak percaya diri. Muncul berbagai perasaan dan prasangka terhadap orang lain, dll, hanya karena baru menggunakan Twitter. Tetapi melalui twitter, informasi dari akun yang kita follow terhitung detik sudah siap baca. Ini artinya twitter mempunyai informasi lebih cepat karena terhitung detik, singkat, padat dan jelas.
    Maaf sdh kutip kata-katanya, mudah-mudahaan kata2 yang dikutip sesuai dengan penempatannya…haha…maklum belajar. Artikelnya sangat bermanfaat,

  4. Masih awam pake twetter. Tapi alhamdulillah istilah – istilahnya bisa tau dari blog ini. Makasih banyak :D

  5. Lumayan membantu #Thanks

  6. gan kalau jejaring sosial seperti twiter bisa menambah backlink blog tidak,,?

    • Bisa, link nya nofollow. Twitter lebih ke branding dan menambah trafik mas.

  7. twitter jarang pake jadi belum ngerti bayak, ternyata banyak sekali fitur fiturnya, terimakasih untuk informasinya, gampang sekali di fahami

  8. Twitter memang oke….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud