Crayon’s Craft and Co, Bisnis Kreativitas Kerajinan Tangan Replika dan Miniatur

Crayon’s Craft and Co, Bisnis Kreativitas Kerajinan Tangan Replika dan Miniatur

Bisnis-Kreativitas-Kerajinan-Tangan

Bisnis hand made (Kerajinan tangan) adalah salah satu bentuk bisnis kreatif yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Namun jika dimaksimalkan dengan baik, maka bisnis ini berpeluang mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Keahlian mengkreasi yang hanya dimiliki sebagian orang dan tak bisa dilakukan oleh mesin ini merupakan faktor yang membuat kreasi kerajinan tangan ini akan terus memiliki kesempatan dan peluang menjadi bisnis yang menguntungkan.

Salah satu produk kreativitas kerajinan tangan yang ada di kota Bandung adalah Crayon’s Craft and Co. Crayon’s Craft and Co adalah produk kreatif kerajinan tangan miniatur berbahan utama clay dan lilin plastik yang kini telah sukses dengan meraup keuntungan yang besar dan meraih beberapa penghargaan seperti rekor MURI dan Dji Sam Soe Award. Lalu seperti apakah bisnis kerajinan tangan miniatur milik Syumeirati atau Yoyong ini? Berikut ulasannya.

Berawal Dari Bisnis Aksesori

Sebelum membuka bisnis kerajinan tangan, Syumeirati atau yang akrab dipanggil Yoyong ini menjalani bisnis aksesori. Saat itu bisnis aksesorinya sendiri telah memiliki outlet di beberapa  pusat perbelanjaan di Bandung. Perkemngan pasar bisnis aksesori yang kemudian mencapai titik jenuh membuat ibu dua orang anak ini harus berfikir dan memutar otak mencari alternatif usaha lain.

Artikel lain: Industri Kreatif : Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Berkonsep Craft Indie

Berpindah Ke Kerajinan Tangan Miniatur

Pada 2005, setelah semua outlet aksesorinya ditutup dan disatukan ke bangunan milik orangtuanya, Yoyong memilih bisnisyang sebenarnya tak jauh dari core business sebelumnya yaitu bisnis kerajinan tangan miniatur dan dummy (replika). Menurut Yoyong, ia memilih bisnis kerajinan tangan miniatur dan dummy ini karena bisnis ini masih belum banyak pemain dan pelakunya. Aneka kerajinan tangan miniatur dan dummy yang dijalankan Yoyong ini kemudian diberi nama Crayon’s Craft and Co.

Bagi Yoyong, memang tak sulit untuk memulai usaha barunya yang masih satu bidang diseputar kerajinan yang telah menjadi pasion-nya sejak dulu. Namun sayang diawal-awal usahanya ini, Crayon’s Craft and Co ini terus mengalami penurunan omzet bahkan hampir pailit. Namun dengan usaha dan kerja kerasnya yang pantang menyerah, akhirnya Crayon’s Craft and Co ini mampu bertahan dan kini berkembang dengan pesat.

Produk Crayon’s Craft and Co

Produk awal yang dikreasikan oleh Crayon’s Craft and Co adalah replika atau Dummy semangkuk bakso. Karena pasar yang menyambutnya dengan baik, Crayon’s Craft and Co pun kemudian mendapat beberapa order lagi seperti pembuatan miniatur gerobak bakso, replika martabak, dan dummy makanan lainnya. Saat awal usaha itu harga produk kreasi Crayon’s Craft and Co yang dipatok Yoyong adalah  Rp 250 ribu.

Pemesannya sendiri kala itu datang dari para pengusaha restoran dan perbelanjaan. Mereka memesan dummy atau replika buatan Crayon’s Craft and Co untuk dijadikan display di tempat usahanya. Untuk saat ini, harga  kreasi Crayon’s Craft and Co ini bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan. Variasi harga ini bergantung dari bahan dan tingkat kesulitannya.

Butuh Ketelitian Dalam Pembuatannya

Bahan pembuatan kreasi produk dummy atau replika Crayon’s Craft and Co sendiri adalah clay atau lilin plastik. Sementara bahan kayu dan besi akan digunakan untuk membuat miniatur benda-benda, seperti gerobak, kursi, dan kendaraan. Dalam pembuatannya, diakui Yoyong memang membutuhkan ketelitian yang lebih. Hal ini disebabkan karena produk Crayon’s Craft and Co yang berupa replika dan miniatur ini diusahakan benar-benar mirip dengan aslinya.

Untuk itulah, usaha serius dilakoni Yoyong saat merintis bisnis ini. ia sendiri harus jauh-jauh pergi ke ke Bangkok, Thailand, untuk mempelajari cara pembuatan kerajinan berbahan clay ini dengan baik. Setelah mendapatkan ilmunya, Yoyong lalu membaginya ke beberapa karyawan yang membantunya membuat kreasi Crayon’s Craft and Co.

Baca juga: Mawar Art Shop, Manfaatkan Rumput Liar Menjadi Uang Miliaran

Perkembangan Bisnis Crayon’s Craft and Co

Saat ini Crayon’s Craft and Co berkembang sangat pesat. Selain jumlah karyawan yang bertambah menjadi 70 orang, produk yang dihasilkannya pun semakin bervariasi seperti miniatur studio musik, ruang keluarga, dummy buah, dan replika makanan.

Menurut Yoyong, perkembangan bisnisnya disebabkan karena ia rajin ikut pameran. Dari pameran inilah Yoyong kemudian mendapat banyak orderan dari koorporasi besar, seperti Indofood, Garuda Indonesia, restoran-retoran besar di Bandung, dan toko kerajinan di berbagai daerah di Indonesia.

Crayon’s Craft and Co kini juga membuka kursus untuk membuat kerajinan tangan replika dan miniatur bagi siapa saja yang tertarik belajar berkreasi. Peminatnya sendiri sudah banyak dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan