Copycino, Layanan Printing Gratis Berbasis Cloud Untuk Pelajar dan Mahasiswa Karya Theodorus...

Copycino, Layanan Printing Gratis Berbasis Cloud Untuk Pelajar dan Mahasiswa Karya Theodorus Ega

Copycino-Layanan-Printing-Gratis-Berbasis-Cloud
Image dari Copycino.me

Niat baik memang seringkali membawa seseorang pada hal-hal yang membahagiakan dan tak terduga. Inilah yang dialami oleh seorang pria bernama Theodorus Ega (Ega) yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di Prasetiya Mulya Business School dengan membuat jasa layanan printing gratis untuk para pelajar dan mahasiswa.

Seperti apakah kisah Theodorus Ega dalam menciptakan Copycino sebagai layanan yang bermanfaat dan berguna tersebut? Berikut ulasannya.

Latar Belakang Munculnya Copycino

Latar belakang munculnya Copycino berawal dari rasa iba Ega untuk membantu seorang temannya yang sedang kesulitan biaya untuk print karena ayahnya baru saja meninggal dunia. Berawal dari rasa iba ini Ega kemudian dengan ikhlas menolong biaya print temannya tersebut.

Namun, tak disangka-sangka ternyata biaya print tersebut cukup mahal, yaitu mencapai Rp 500 ribu. Merasa penasaran dengan harga yang mahal tersebut, Ega kemudian melakukan survei pada teman-teman lainnya untuk memastikan bahwa biaya print yang mahal tersebut memang benar adanya. Dan ternyata semua temannya mengaku bahwa biaya print tersebut memang mahal.

Nah, dari sinilah kemudian Ega terdorong untuk membuat alat dan layanan print untuk digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Alat dan layanan yang kemudian diberi nama Copycino ini terbilang sukses karena sejak diluncurkan, penggunanya selalu meningkat dari hari ke hari.

Artikel lain: Guepedia.com, Situs Penerbit Buku Online

Pengembangan dan Konsep Usaha Copycino

Bersama teman-temannya yaitu Paulina Felicia (CFO), Daniel Setiawan (CTO), Abdurrohman (CPO/HR), Richard Kuncara (COO), Ega mengembangkan Copycino dengan modal awal Rp 50 juta. Dengan kesungguhan dan keseriusan akhirnya Copycino pun meluncur di tahun 2013. Copycino sendiri diciptakan Ega dan kawan-kawannya sebagai sebuah layanan printing gratis untuk kalangan mahasiswa dan pelajar.

Meski berupa layanan gratis namun Ega yakin apa yang dibuatnya ini akan membuahkan hal yang manis ke depannya. Hal ini sudah mulai terbukti ketika ia akan menjalankan Copycino dimana dirinya mendapatkan sponsor mesin printer dan tinta cetak dari perusahaan besar.

Jadi, dalam usahanya ini Ega hanya berperan membuat anjungannya saja yang harganya murah. Copycino sendiri menggunakan teknologi berbasis cloud.

Penggunaan Copycino

Bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin menggunakan dan menikmati layanan Copycino ini, maka mereka hanya perlu melakukan sign up ke web www.copycino.me. Setelah mendaftarkan diri, selanjutnya para pelajar atau mahasiswa tadi diharuskan merekomendasikan Copycino ke teman-temannya lewat akun #media sosial seperti Instagram, Path, Timeline line yang dimilikinya.

Setelah melakukan share ke media sosial, Anda kemudian harus mengirimkan screenshot hasil share tersebut ke email : [email protected] Dalam hal sharing ini berlaku ketentuan bahwa satu kali share sama dengan 5 kali login. Satu kali login di Copycino sendiri berarti ada waktu 5 menit bagi pengguna untuk melakukan set up file yang akan di-print.

Meski terbatas, ternyata ada ketentuan juga bagi yang menginginkan layanan unlimited terkait login dan waktu. Caranya Anda melakukan upgrade ke unlimited service dengan hanya membayar Rp 50.000 per bulan.

Penyebaran Copycino

Saat ini layanan Copycino ini sudah tersebar di tiga universitas dan sembilan lokasi di Jakarta dan Tangerang Selatan. Untuk kampus sendiri, Copycino telah hadir di kampus Prasetiya Mulya, Universitas Bina Nusantara, Alam Sutera dan juga Summarecon Digital Center (SDC).

Meski terbilang sudah cukup lumayan dalam hal jangkauan pasarnya, namun Ega sebagai founder Copycino menyatakan bahwa dirinya selepas lulus kuliah berhasrat untuk melakukan ekspansi atau perluasan lagi. Jika perlu ia ingin membuat Copycino muncul diseluruh kawasan Indonesia dan juga Asia tenggara seperti Malaysia, Thailand, Singapura yang notabene memiliki demografinya sama dengan Indonesia.

Tidak hanya memperluas cakupan wilayah, Ega juga memiliki rencana untuk menjadikan Copycino ini tidak hanya melayani jasa printing tapi juga jadi service marketplace.

Baca juga: MamiKos ~ Aplikasi Pencarian Kamar Kost Dengan Kelebihan Data Lengkap Dan Akurat

Pencapaian Copycino

Seperti disebutkan sebelumnya, meski Ega masih dominan membuat usaha Copycino ini berkonsep free, namun ia sangat optimis bahwa Copycino akan mampu sukses dan berjaya. Selain telah memperoleh sponsor mesin printer dan tinta cetak dari perusahaan besar, Copycino ternyata juga telah mampu mendapatkan sebuah penghargaan.

Ya, dalam ajang National Champion Teras Usaha Mahasiswa 2016, Copycino berhasil menjadi pemenangnya. Dari ajang ini sendiri, Copycino bersama lebih dari 300 tim lainnya di seluruh Indonesia juga telah mendapatkan bekal pengetahuan dari kegiatan mentoring yang dilakukan selama 6 bulan. Get inspired!

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan