Contohlah Semut Dalam Bekerja Sama dan Tirulah Burung Dalam Membangun Jaringan Bisnis Anda

motivasi kerja

Image dari Google.com

Ada kalanya kita membutuhkan orang lain dalam membangun sebuah bisnis yang dilakukan dengan kerja sama. Sesuatu akan menjadi lebih kuat dan kokoh bila memiliki teman dalam jumlah yang banyak dengan satu tujuan. Salah satunya adalah adalah sapu lidi, dia menjadi kuat dan dapat membersihkan sampah karena terdiri dari banyak lidi. Lain halnya jika hanya sebatang lidi, selain tidak dapat menyapu sampah, lidi juga sangat mudah untuk dipatahkan.

Begitu pula dengan hewan semut yang selalu hidup berkoloni. Saling membantu satu sama lain untuk mempertahankan hidup mereka. Dan bila dihubungkan dengan dunia usaha, sebuah bisnis akan kuat bila dikerjakan secara bersama-sama, dan ketika Anda sudah memiliki bisnis yang kuat, lebarkanlah sayap seluas-luasnya yang dapat terbang bebas seperti burung.

Pentingnya Untuk Saling Menjalin Kerjasama Antar Pebisnis

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis yang sudah cukup kuat, sangat penting untuk mempertahankan bisnis Anda dengan membangun kerjasama yang kuat. Ciptakanlah suasana saling membantu dengan para pebisnis lainnya. Misalnya Anda sebagai pebisnis kuliner, merupakan hal yang sudah pasti membutuhkan bahan-bahan baku untuk kelangsungan bisnis Anda. Maka Anda pasti harus membangun kerjasama yang baik dengan pemilik bisnis bahan baku makanan yang Anda butuhkan.

Jalinlah kerjasama yang baik dengan mempererat hubungan antar sesama pebisnis. Jadikan hubungan Anda menghasilkan keuntungan di kedua belah pihak. Jangan biarkan perasaan mau menang sendiri menguasai diri Anda, karena cepat atau lambat akan berdampak buruk pada keseluruhan bisnis Anda.

Artikel lain: Motivasi Bisnis Tipis? Tingkatkan Dengan 6 Tips Berikut ini




Milikilah Sifat Saling Memiliki

Seekor semut yang melihat semut lainnya tersakiti, dia akan segera menolongnya meskipun sedang dalam keadaan membawa makanan. Seperti itulah seharusnya seorang pebisnis, dia akan membantu pebisnis yang sedang mengalami keterpurukan. Terbentuknya kerja sama diantara para pengusaha, akan menciptakan suatu sistem yang kuat, kokoh dan tidak mudah tergoyahkan.

Kalau kita perhatikan, banyak sekali pengusaha yang hanya memikirkan keuntungan bagi perusahaan miliknya saja. Dan lebih parahnya adalah menjatuhkan yang lainnya demi keuntungan besar. Persaingan dalam dunia bisnis memang tidak dapat dipungkiri. Namun, persaingan secara sehat banyak disanalah artikan dengan menjatuhkan perusahaan lainnya.

Ada yang merasa bangga karena telah berhasil memiliki omset yang banyak, namun berdampak pada kebangkrutan kompetitornya, ini situasi yang sangat disayangkan. Suatu pemandangan yang sangat indah bila perusahaan yang besar menolong perusahaan-perusahaan kecil untuk tetap bisa bertahan didunia bisnis yang begitu keras.

Suatu Sistem yang Kuat Akan Terbentuk dari Kerjasama yang Hebat

Apabila sudah terbentuk suatu sistem yang kuat didasari oleh jalinan kerjasama, penting juga untuk melebarkan sayap seluas-luasnya demi perkembangan bisnis Anda dan rekan-rekan Anda. Dua buah keran air akan lebih baik dibandingkan dengan satu buah keran air. Ini merupakan salah satu strategi menyiasati hal-hal buruk yang akan terjadi. Memiliki dua buah keran air akan lebih selamat, jika salah satu dari keran tersebut tidak mengeluarkan air.

Di sinilah mengapa pentingnya untuk mengembangkan bisnis dengan membuka beberapa cabang. Apa beberapa syarat yang harus dilakukan dalam pengembangan bisnis dengan cara tersebut yaitu harus tersedianya pusat bisnis yang sangat kuat sebagai tempat sandaran bagi cabang-cabang yang ingin dibangun.




Kepakkan Sayap Anda Untuk Melebarkan Jaringan Bisnis Anda

Semakin lebar sayap yang Anda kepakkan, maka bisnis Anda akan seperti burung yang dapat terbang kemanapun yang Anda inginkan. Membangun sebuah bisnis dengan jaringan yang luas, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Anda harus mengorbankan waktu, kerja keras dan beberapa resiko yang harus Anda ambil. Akan tetapi, seorang pebisnis tahu kapan ia harus bertindak dengan cepat dan kapan ia harus menunggu sampai waktunya tiba. Ada beberapa rencana yang harus disusun dengan rapi sebelum memutuskan untuk mengembangkan sebuah jaringan bisnis yang luas.

Baca juga: Nilai Positif Menjalankan Bisnis Dengan Persaingan Tinggi

Seperti menggunakan management resiko sebagai antisipasi dari hal yang tidak diingankan. Dan perlu juga merencanakan sistem management antara pusat dengan cabang-cabang yang terhubung, agar terbentuk lalu lintas bisnis yang rapi.

Sebuah bisnis yang besar, tidak dibangun dengan begitu saja. Akan terdapat didalamnya beberapa strategi bisnis, kerjasama yang kuat antar rekan bisnis, management yang sudah diatur sedemikian rupa dan beberapa pengaturan lainnya. Dengan menerapkan bisnis ala semut dan burung, maka perusahaan Anda akan menjadi perusahaan yang kuat dan memiliki jaringan luas.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Membaca tulisan ini akhirnya mendambakan tim yang memiliki visi yang sama dan semangat. itu tidak mudah juga.

  2. Gimana kalau kita membangun sebuah blogger dengan bersama bukan secara individual. karena menurut apa yang di katakan oleh mas marikson di atas, kita akan menjadi kuat jika bersama dan akan mempercepat perkembangan blogger kita …. kita ambil hikmah aja

  3. sepertinya budaya waspada yang terkadang berlebihan menjadi saling curiga, was-was dan takut membuka diri dengan orang lain yang blm dikenal akan sulit di kikis, apalagi dihilangkan.

    saya membayangkan suatu masa ketika blogger Indonesia yang jumlahnya jutaan orang ini bisa saling bersinergi, solid dan bersemangat untuk saling mendukung dan memperbaiki nasib.

    seperti sekumpulan semut yang bergotong royong mengangkat kue utuk dinikmati bersama-sama

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud