Ciptakan Inovasi, Film ini Kawinkan Movie dengan Sistem Ecommerce

Hobi menonton film? Pernah tidak rekan-rekan tertarik dengan sesuatu seperti barang atau pakaian yang dipakai oleh sang pemeran film? Saya yakin semuanya pernah tertarik bahkan ingin memiliki barang yang serupa dengan yang ada dalam sebuah film favorit.

Nah, mungkin sudah jamak kita melihat film yang diselipi iklan sebuah produk seperti makanan, fashion, produk elektronik dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika justru produk tersebutlah yang menjadi “sajian utama” dalam sebuah film. Bagaimana jika berbagai detil barang yang diperlihatkan dalam film tersebut memang dapat dibeli. Wah tentunya menarik bukan.

Ide tersebutlah yang dituangkan dalam sebuah film berkonsep “shoppable” pertama di dunia berjudul Kingsman: The Secret Service. Film arahan Matthew Vaughn tersebut menjadi film pertama di dunia yang benar-benar menggabungkan konsep #ecommerce dalam hal ini produk fashion ke dalam tampilan movie. Menggandeng produk fashion dari ecommerce populer di Inggris, MrPorter.com, film bergenre action tersebut diproyeksi menjadi gerbang lahirnya konsep ecommerce baru di dunia. Berikut ini ulasannya.

Berawal Dari Ide Costume Designer Film

Film Kingsman: The Secret Service merupakan buah karya dari kolaborasi desainer kenamaan Arienne Phillips, sutradara Matthew Vaughn serta CEO MrPorter Natalie Massenet. Awalnya ide pembuatan film muncul dari pemikiran Arienne yang merasa selama ini peran perancang kostum film belum mendapatkan penghargaan yang layak. Padahal disadari atau tidak, kostum dapat menjadi salah satu penentu utama keberhasilan sebuah film. Tak jarang terdapat film yang melejit berkat kepiawaian sang desainer membuat kostum yang mampu memukau para penonton.

Ia merasa dari sisi finansial, baik desainer ataupun produsen fashion tidak memperoleh pendapatan lebih atau pun bentuk royalti apapun. Padahal, jika ditilik kembali potensi penggabungan antara film dengan industri fashion sebenarnya sangat tinggi. Dalam beberapa film utamanya yang bergenre drama, banyak penonton yang tertarik dengan kostum yang dikenakan para pemeran film tersebut. Inilah potensi besar yang ditangkap oleh Arienne, dan dari situlah ide menggabungkan film dan ecommerce muncul.

Menggandeng Produsen Fashion Klasik

Sesuai temanya yang oldschool namun tetap menonjolkan sisi hi-tech, semua kostum yang dikenakan dalam film Kingsman: The Secret Service tentunya di dominasi model klasik serta sebagian casual. Oleh karena itulah, Arienne langsung mengajak CEO MrPorter Natalie Massenet ke dalam proyek tersebut. Gayung pun bersambut, Natalie sangat menyambut baik dibuatnya film itu. Tidak hanya sendiri, dirinya bahkan juga ikut mengundang beberapa #bisnis fashion lain yang ada di Inggris untuk ikut serta “memamerkan” koleksinya.

Menurut Natalie, ide pembuatan film berkonsep “shoppable” atau dimana pemirsa dapat membeli semua detil barang dalam film merupakan terobosan baru di bidang industri fashion utamanya ecommerce.

Dan kini setelah lepas tayang beberapa waktu lalu, semua koleksi film Kingsman: The Secret Service sudah dapat diakses dan dibeli via laman MrPorter di sini.

Perkembangan “Shoppable” Film di Masa Mendatang

Saat ini dimana dunia hiburan sudah berkembang begitu pesat, film telah menjadi sajian yang bersifat universal. Tengok saja fenomena film Bollywood asal India atau booming drama korea yang sedang di minati oleh generasi muda di seluruh dunia. Dan dalam hal ini Fashion ecommerce sebenarnya mempunyai porsi keuntungan yang amat besar jika bisa memanfaatkannya dengan baik.

Seperti diketahui dengan munculnya demam drama korea, ternyata tidak hanya film atau musiknya saja yang diburu konsumen namun fashion style ala korea pun juga banyak digandrungi. Digabungkan dengan konsep ecommerce yang kian matang, pastinya dapat mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis dalam hal ini produk fashion.

Namun tidak menutup kemungkinan pembuatan shoppable film juga dapat ditandemkan dengan jenis produk lain yang di pasarkan secara online. Yang dibutuhkan tentunya kreatifitas untuk terus mengikuti dan memanfaatkan perkembangan yang ada saat ini.




Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Endorsement Gratis Dari Selebriti

Tertarik membuat konsep film tersebut? rekan-rekan mungkin bisa melakukannya dengan membuat film indie. Selamat mencoba.



1 comment on this postSubmit yours
  1. wah ternyata sesuatu di dalam film juga bisa di buat promosi ya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud