Cindy Leo ~ Pimpin PT Nozomi Otomotif Indonesia Hingga Sukses Melejitkan ke Puncak Prestasi

Cindy Leo Nozomi Otomotif

Image dari Gosbiz.com

Sebagai pemimpin perusahaan tentu saja Anda akan dituntut untuk menaikkan penjualan dan berbagai tanggung jawab besar lainnya. Inilah yang selalu menjadi tantangan bagi para direktur, termasuk Cindy Leo yang merupakan Direktur PT Nozomi Otomotif Indonesia yang memproduksi kendaraan roda tiga.

Di bawah kendali eksekutif wanita muda ini, perusahaan Nozomi telah sukses merambah industri motor roda tiga dengan melejit dan menyalip pemain lama yang terlebih dahulu meramaikan pasar. Padahal Nozomi tergolong pemain baru dalam industri transportasi roda tiga. Lalu bagaimana kisah sulung dari dua bersaudara ini membangun imperium bisnis Nozomi ini? Berikut ulasannya.

Bergabung dengan Nozomi Otomotif 

Selain terlibat dalam pembangunan fisik pabrik wanita kelahiran Medan, 18 Februari 1988 ini juga membangun divisi komunikasi pemasaran, layanan pelanggan, sampai proses sertifikasi ISO 9001:2008 untuk Quality Management System. Cindy Leo sendiri bergabung dengan Nozomi pada tahun 2012 setelah sebelumnya melanglang buana di luar negeri.

Di dalam negeri sendiri wanita lulusan Master of Science in Finance dari Simon Graduate School of Business University of Rochester, Amerika Serikat ini pernah berkarir di Sanyo, Ernst & Young, serta Columbia Cash & Credit. Saat baru kembali ke Indonesia, Cindy kemudian diminta sang ayah untuk bergabung dengan Nozomi. Saat bergabung dengan Nozomi tahun 2012, Cindy langsung ditunjuk menjadi pemimpin proyek ISO.

Artikel lain: Thai Lee ~ Sosok Wanita Sederhana Sang CEO SHI International




Jalankan Proyek ISO

Dengan jabatan yang diembannya ini, Cindy dituntut untuk mengetahui semua sistem dan prosedur di perusahaan. Selain dituntut untuk mengetahui sistem dan prosedur perusahaan Cindy juga ditugaskan untuk membuat alur proses semua departemen sampai dengan level instruksi kerjanya.

Tanpa konsultan, Cindy mengerjakan pekerjaan ini dengan target waktu satu tahun. Berbeda dengan di perusahaan lain yang menggunakan ISO untuk marketing tool-nya, di Nozomi Cindy menekankan ISO yang stabil dan memicunya untuk selalu menjaga kerapian dokumen dan mutu produk, serta mengedepankan kepentingan konsumen.

Antarkan Nozomi Raih Sertifikasi ISO 9001:2008

Dengan perjuangan dan kerja kerasnya, Cindy akhirnya sukses mengantarkan Nozomi meraih sertifikasi ISO 9001:2008 untuk Quality Management System pada Juli 2013. Selain antarkan Nozomi raih sertifikasi ISO 9001:2008, Cindy juga mampu membuat terobosan ekspansi painting line, local sourcing, standardisasi interior & eksterior dan lainnya.

Dari semua prestasi yang dicapainya, Cindy pun akhirnya berhasil membuat Nozomi mampu menyalip pemain lain yang lebih dulu meramaikan pasar motor roda tiga. Menurutnya dalam mencapai sukses ini kunci suksesnya adalah positioning motor roda tiga premium dan inovasi produk.

Langkah Strategis Cindy Leo Capai Target Pasar

Untuk mencapai target penjualan yang diminta Cindy sendiri mengaku menjalankan dengan tekun aktivitas below the line seperti Gebrak Pasar, Kanvasing dan pameran UMKM. Selain itu Cindy tak lupa juga untuk memanfaatkan #media sosial seperti Facebook dan Twitter, serta kampanye above the line di berbagai media.




Untuk mendukungnya lebih baik lagi, Cindy juga menerapkan kerjasama dengan banyak dealer untuk lebih mudah di edukasi. Diakui Cindy, keluarga besarnya yang merupakan pelaku bisnis pabrikan merupakan hal yang penting dan membantu dirinya mencapai target. Setiap kali akan menjalankan bisnis, Cindy selalu melihat jangka panjang.

Untuk itulah dirinya dan tim selalu menjalankan investasi pabrik, infrastruktur, IT system yang tidak setengah-setengah. Prinsip yang selalu ia junjung bersama tim dalam menjalankan tugasnya adalah jika melakukan sesuatu, maka ia akan menjalankannya dengan tidak setengah-setengah dan berjangka pendek. Hal ini dilakukan agar dirinya dan tim tidak menghabiskan waktu dan tenaga dengan sia-sia.

Baca juga: Sally Giovanny, Inspirasi Bisnis Dari Miliuner Cantik

Raih Tingkat Estafet Bisnis Keluarga

Jabatan yang kini dipegang dan dijalankan Cindy memang merupakan dasar yang dipersiapkan keluarganya untuk meraih tongkat estafet bisnis. Cindy Leo memang salah satu bagian dari keluarga pendiri Nozomi yaitu Leo Zahar. Orang tuanya Cindy sendiri memang berharap wanita yang telah memegang gelar Bachelor of Engineering in Mechanical & Manufacturing Engineering dari University of New South Wales, Australia ini mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan.

Dengan harapan dan ekspektasi dari orangtuanya itu Cindy pun mengaku tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Terlebih dirinya telah diberi kesempatan oleh orang tuanya untuk menimba pendidikan di luar negeri serta diberi kepercayaan dan tanggung jawab yang besar saat usianya masih muda. Dari sinilah Cindy mengaku makin bersemangat menjalankan jabatan dan tongkat estafet perusahaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud