Chikrez ~ Franchise Menguntungkan Bisnis Kuliner Ayam Krispi

waralaba Chikrez

Satu lagi produk kuliner olahan ayam yang potensial dan perlu bisa Anda jadikan referensi bisnis franchise yaitu Chikrez. Dengan pasar yang masih sangat besar, produk kuliner ayam memang tidak pernah redup peminat. Chikrez yang merupakan usaha ayam goreng tepung yang berada di bawah bendera PT Cita Rasa Prima telah baru berdiri pada bulan April 2015.

Usaha yang digerakkan oleh sang founder  Evan Sjambali dengan pusatnya di Bandung ini mengusung bisnis sajian ayam goreng tepung ala KFC. Sejak awal berdiri, Evan memang sengaja langung menawarkan kemitraan. Dengan total gerai yang kini berjumlah tiga outlet milik sendiri yang tersebar di Bandung  ini, Chikrez menawarkan jalinan kemitraan yang saling akan saling menguntungkan. Lalu seperti apakah bisnis dan jalinan kemitraan Chikrez ini? Berikut ulasannya.

Produk Chikrez

Chikrez sendiri menyajikan ayam goreng tepung dengan beberapa varian rasa seperti Original, Black Paper dan Spicy. Harga jual menu ayam goreng ini dimulai dari Rp 6.000 sampai Rp 10.000 dengan perubahan harga yang bisa berubah sesuai dengan lokasi. Sang founder Evan menjelaskan bahwa Chikerz memiliki perbedaaan konsep dengan kompetitor lainnya yaitu selain rasa ayam yang enak, franchise ayam goreng ini memberikan tiga varian rasa langsung dalam penjualannya.

Untuk bahan baku sendiri, Evan memasok ayam khusus untuk mitra yang diambil dari daerah sekitaran Bandung dengan kualitas yang terjamin karena menggunakan tepung terbaik. Sebelum Chikrez Fried Chiken difranchise kan, Evan merupakan Head Marketing PT. Cita Rasa Prima Group telah melakukan test market dan beberapa evaluasi dengan tujuan agar Chikers bisa bersaing dengan para kompetitor Fried Chicken lainnya.

Artikel lain: Finger Chicks ~ Gurihnya Peluang Waralaba Kuliner Ayam




Investasi Kemitraan Chikrez

Bentuk kemitraan yang tawarkan oleh Chikrez ini berupa paket #investasi senilai Rp 15.900.000. Dengan investasi ini mitra akan mendapat fasilitas hak merek, booth, kompor gas, peralatan masak lengkap, bahan baku awal, resep, panduan dan pelatihan. Karena brand Chikrez ini masih baru dan belum banyak ada di kota-kota, Evan juga menawarkan kemitraan sebagai master franchise dengan investasi sebesar Rp 30.900.000.

Dengan menjadi master #franchise, selain mendapat fasilitas tadi, mereka juga diperbolehkan menjual bahan baku ke mitra usaha. Kemitraan Chikrez ini sendiri berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang jika kontrak sudah habis dengan proses pembayaran yang bersifat negotiable.

Dalam pelatihan yang diberikan PT. Cita Rasa Prima, mitra akan diberikan pembelajaran cara olah, cara masak, booth Chikrez, 20 kg ayam, 15 kilo tepung untuk satu kali. Untuk ayam, per 1 kg ayam sendiri umumnya bisa menjadi sembilan potong, namun bisa jadi berubah dan disesuaikan berdasarkan perkembangan daya beli marketnya. Chikrez di Bandung sendiri bisa menghabiskan 40-80 potong ayam per hari, tukas Evan.

Kelebihan Kemitraan Bersama Chikrez

Selain beberapa fasilitas tadi, dalam jalinan kerjasama ini mitra juga akan mendapat beberapa keuntungn lain seperti pihak pusat yang tidak memungut biaya royalti dan kelebihan dari produk Chikrez.  Dalam kerjasama ini mitra hanya diwajibkan membeli bahan baku dari pusat, seperti tepung, bumbu dasar dan sambal.

Evan mengklaim, kelebihan Chikrez ada pada cita rasa yang tidak membosankan karena mempunyai banyak pilihan.  Selain itu semua, dalam kemitraan ini, dijelaskan oleh Evan bahwa pihak pusat juga akan membantu mempromosikan booth-booth Chikrez lewat #media sosial.




Perhitungan Usaha Kemitraan Chikrez

Dalam jalinan kemitraan ini, mitra bisa mendapatkan omzet minimal Rp 500.000 atau Rp 15.000.000 per bulan dengan laba bersih hingga 30% dengan asumsi target penjualan 50 porsi lebih ayam goreng tepung setiap harinya.  Tentu dengan besarnya pasar kuliner olahan ayam ini, Evan menyatakan bahwa mitra sangat mungkin mencapai target tersebut bahkan bukan tidak mungkin bisa melewati target tersebut.

Baca juga: Ayam Bacok ~ Peluang Usaha Waralaba Cemilan Filet Ayam Aneka Rasa

Dari sini mitra bisa balik modal dalam empat bulan. Namun supaya target tercapai, mitra diharuskan cermat dalam memilih lokasi berjualan serta menyiapkan luas gerai minimal empat meter persegi dengan tiga karyawan.

Jika melihat antusias yang ada pada acara IFRA beberapa waktu yang lalu di Jakarta, Evan menuturkan bahwa peminat Chikrez yang mendaftar sudah sangat melebihi ekspektasi. Dari momen itulah, Evan meyakini bahwa franchise Chikrez akan diterima dimasyarakat dan akan terus berkembang.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Tolong kontak person buat kemitraan. Trima kasih

  2. 595658CB ini kontak bb sy. Mohon hubungi. Cez dsini tidak ada kontak yg untuk dihubungi

  3. Minta kontaknya dums. Gmn cara kemitraan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud