Cerdas “Menjual” Ilmu, Pemuda Ini Hasilkan $60ribu Dalam 1 Bulan!

Cerdas “Menjual” Ilmu, Pemuda Ini Hasilkan $60ribu Dalam 1 Bulan!

Nick Walter
Image dari Forbes.com

Kita semua tahu bahwa, internet menjadi salah satu ladang bagi masyarakat untuk menemukan beragam informasi yang mereka butuhkan. Beberapa informasi tersebut, mungkin bisa didapatkan dengan gratis lewat blog ataupun situs yang dibuka untuk umum.

Namun saat ini, konsep dalam “penjualan” informasi sudah berkembang utamanya jika disandingkan dengan bidang bisnis digital. Kita mengenal, banyak orang yang kemudian membuka kursus secara online ataupun menjual informasi dalam bentuk video ataupun ebook. Hal ini menjadi peluang bagi mereka yang sebenarnya telah mempunyai background keahlian tertentu.

Dan sebagai tambahan penyemangat bagi rekan-rekan yang mungkin ingin menghasilkan uang dari keahlian yang Anda miliki di sebuah bidang tertentu, kisah dari seorang pemuda bernama Nick Walter ini mungkin akan sangat tempat untuk Anda baca.

Artikel lain: Farrah Gray ~ Milioner Muda yang Penuh Dengan Kisah Inspiratif

Dengan pengetahuannya tentang bagaimana membuat sebuah #aplikasi berbasis sistem operasi iOS, ia berhasil mendapatkan uang lebih dari 60ribu dollar atau sekitar Rp 850juta dalam waktu 1 bulan saja! Ingin tahu informasi lengkapnya? Berikut ulasannya untuk pembaca setia Maxmanroe sekalian.

Awal Menemukan Potensi Baru

Pada awalnya Nick Walter yang berusia 25 tahun, merupakan seorang developer biasa yang sudah cukup lama menekuni bidang pembuatan aplikasi berbasis sistem operasi iOS. Pemuda yang berasal dari kawasan Provo, Utah ini sebenarnya sama sekali tidak mempunyai bayangan untuk menjual ilmunya hingga seorang teman memperkenalkan Nick dengan sebuah situs online bernama Udemy.

Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui tentang situs Udemy,  situs ini merupakan tempat berkumpulnya para penyedia informasi ataupun ilmu di bidang tertentu dalam bentuk penyediaan kelas online. Di Indonesia sendiri, situs ini memang belum terlalu terkenal. Namun untuk kawasan Indonesia, kita juga sudah punya beberapa situs yang menyediakan layanan serupa, misalnya SekolahPintar.com.

Back to topic, dari situlah Nick mulai tertarik untuk “menguangkan” ilmu yang dimilikinya dengan membuka kelas online dengan tema pembuatan aplikasi IOS. Jadilah yang mulai sebuah kampanye Kickstarter untuk memperoleh pendanaan.

Dalam kampanye untuk kelas online bertajuk “”How to Make a Freaking iPhone App” ini,  ia menargetkan untuk bisa meraih pendanaan $1000 dalam waktu 1 bulan. Bahkan pada waktu itu, ia memberikan potongan harga untuk kelas onlinenya, dari $199 hanya menjadi $29 saja.

Namun tidak disangka, kampanye yang ia buat justru mampu mendatangkan pendanaan jauh melebihi ekspektasi Nick yakni mencapai, $66,533 dalam waktu 30 hari. Pada titik ini, Nick secara tidak langsung telah mampu menghasilkan Rp850 juta, bahkan tanpa usaha yang terlalu besar.

Terus Mengembangkan Diri

Setelah mendapat kejutan dalam hal pendanaan yang dia peroleh,  Nick tidak Lantas menikmati kondisinya begitu saja. Ia berpikir bahwa, ini merupakan peluang yang tidak bisa disia-siakan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya tersebut.

Gayung pun bersambut ketika ia mendengar tentang informasi pelatihan yang dibuka oleh perusahaan teknologi #Apple yang  tidak lain merupakan otak dari sistem operasi iOS. Pelatihan tersebut membahas tentang, bahasa pemrograman baru, Swift yang diciptakan oleh Apple.

Tanpa berpikir panjang,  ketika masih menjalankan kelas online yang telah ia buat, Nick menyambi pekerjaan sampingannya tersebut  dengan kelas online dari Apple. Ketika itu Nick berpikir bahwa, jika ia bisa menjadi orang pertama yang membuka pelatihan online tentang bahasa pemrograman Swift, tentu bisa menjadi kesempatan yang sangat besar.

Dan benar saja, setelah beberapa waktu  menjalankan kelas online pembuatan aplikasi IOS, ia menawarkan kelas ekstensi baru bagi para muridnya untuk mempelajari bahasa pemrograman Swift. Sesuai dengan perkiraan, Nick mampu merangkul lebih dari 8000 orang untuk mengikuti kelas baru tersebut.

Baca juga: Jayson Gaignard ~ Dari Keterpurukan Hingga Berhasil Membangun Bisnis Bernilai Miliaran

Kita bisa mempelajari dua hal dari kisah Nick Walter di atas. Pelajaran yang pertama adalah, bagaimana kita mampu memanfaatkan apa yang telah kita miliki saat ini dengan lebih maksimal. Dengan bantuan yang ditawarkan oleh teknologi internet,  sebenarnya banyak sekali alternatif yang bisa kita lakukan salah satunya seperti yang dicontohkan oleh Nick.

Pelajaran yang kedua adalah, lihat bagaimana cara Nick Walter memandang potensi ketika ia mengetahui  adanya pelatihan bahasa pemrograman baru dari Apple, Swift. Kita juga harus mempunyai pemikiran yang sama, yakni pada beberapa kondisi jika kita ingin memenangkan persaingan dalam bisnis internet, syaratnya hanya satu, jadilah yang pertama!

4 KOMENTAR

  1. Kang max artikelnya sangat bagus dan inspiratif, bolehkah saya belajar kepada anda?

  2. dalam bisnis .. saya tidak bisa mau memulai dari mana …

  3. intinya dalam binis itu harus tahu dulu passion kita ya, nah itu yang menjadi kesulitan saya, sebenarnya saya passion nya dimana dan harus memulai dari mana

Tinggalkan Balasan