Cara Uninstall Internet Explorer Pada Windows 8 dan 8.1

Cara Uninstall Internet Explorer Pada Windows 8 dan 8.1

Image dari Windows8core.com
Image dari Windows8core.com

Internet Explorer dikenal sebagai salah satu pelopor web #browser yang digunakan oleh para penjelajah dunia maya untuk melakukkan browsing. Browser ini sudah ada sejak tahun 1995 dan tersedia secara default sebagai web browser pada sistem operasi windows.

Meskipun begitu, tidak serta merta browser ini menjadi browser terpopuler. Justru sampai sekarang internet explorer dikenal sebagai salah satu browser yang paling tidak diinginkan oleh penjelajah dunia maya dan kalah saing jika dibandingkan web browser lain seperti firefox web browser dan google chrome.

Rendahnya popularitas internet explorer tidak lepas dari beberapa masalah yang terjadi pada browser ini di masa lalu seperti seringnya crash saat sedang digunakan, banyaknya celah keamanan, sampai dengan sulitnya proses uninstall karena dulu Microsoft mengintegrasikan internet explorer dengan #sistem operasi windows.

Meskipun di generasi sekarang Internet Explorer sudah jauh lebih baik, namun popularitas browser ini terlanjur kalah saing dari browser lainnya sehingga mengakibatkan banyak pengguna sistem operasi windows yang ingin menghapusnya.

Cara Uninstall Internet Explorer Pada Windows 8 dengan Mudah

Pada sistem operasi #windows 8 dan 8.1, versi internet explorer yang saya temui adalah Internet Explorer 11 yang dirilis pada tahun 2013. Pada kedua versi sistem operasi windows ini, microsoft menyediakan opsi bagi para pengguna yang ingin menghapus web browser ini. Namun cara uninstall Internet Explorer di Windows 8 sedikit berbeda jika dibandingkan dengan program-program windows lainnya. Untuk panduan selengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Silahkan buka kotak pencarian yang terletak di Start Screen Windows kemudian ketikkan “features”. Pada hasil pencarian yang tersedia, silahkan pilih “Turn Windows features on or off“.

explorer1

2. Jendela Windows Features akan terbuka, tunggu selama beberapa detik sampai daftar fitur pada windows ditampilkan seluruhnya.

explorer2

3. Cari program yang ingin anda uninstall kemudian hilangkan tanda centang yang terletak di sebelah kiri nama program. Dalam hal ini, hilangkan centang pada Internet Explorer 11.

explorer3

4. Setelah anda menghilangkan tanda centang, maka jendela peringatan dari windows akan terbuka. Silahkan klik Yes untuk menyetujui, dilanjutkan dengan klik OK pada jendela Windows Features.

explorer4

5. Setelah itu, jendela baru akan muncul. Jendela tersebut berisi proses penghapusan Internet Explorer 11 dari OS windows 8 atau 8.1 anda. Tunggu sampai prosesnya selesai dan anda akan dihadapkan pada pemberitahuan bahwa permintaan untuk uninstall internet explorer telah dilakukkan, disertai dengan permintaan untuk melakukkan restart.

explorer5

Anda bisa memilih untuk melakukkan restart secara langsung dengan mengeklik Restart Now atau melakukkan restart nanti dengan mengeklik Don’t Restart.

Setelah anda melakukkan restart, silahkan cari program internet explorer pada daftar program untuk memastikan bahwa web browser tersebut telah benar-benar dihapus dari sistem operasi windows 8 atau 8.1 milik anda. Sekian untuk artikel kali ini, dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

3 KOMENTAR

  1. informasi yang menarik, bertambah dah pengetahuan berkaitan dengan sistem operasi windows 8

  2. tumben kang maxmur posting tutorial..biasanya bisnis dan pasar,,tapi juga keren kang,,ane suka baca disini kang,,artikelnya menarik untuk ditulis ulang

    • Di blog ini penulisnya ada banyak mas, artikel ini ditulis sama mas Dian Ribut huehuehue

Tinggalkan Balasan