Beranda SEO Cara Riset keywords Dengan Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Cara Riset keywords Dengan Menggunakan Google Adwords Keyword Tools

Cara-Riset-keywords

Perhatian: Google Adwords Keyword Tools Sudah ditutup dan diganti dengan Google Adwords Keyword Plan, Baca Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

Sebelum anda membangun sebuah website bisnis anda ataupun blog pribadi anda tentunya anda ingin menentukan topik dan kata kunci website anda terlebih dahulu. Melakukan riset kata kunci atau keywords merupakan langkah awal yang wajib dilakukan oleh setiap webmaster karena hal ini dapat membantu keberhasilan sebuah website di mesin pencari seperti google, dan bahkan bisa dikatakan bahwa riset kata kunci adalah kunci keberhasilan sebuah situs karena akan sangat mempengaruhi trafik pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google.

Salah satu alat atau tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci website anda adalah Google Adwords: Keyword Tool. Sebenarnya alat ini pada awalnya disediakan oleh pihak google kepada advertiser mereka dengan tujuan agar pihak advertiser atau pengiklan mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh orang untuk mencari sebuah informasi di mesin pencari google.

Bagi para publisher adsense, internet marketer, ataupun blogger, tentunya tools ini adalah salah satu tools terbaik pencari kata kunci untuk membangun website bisnis mereka, dan dapat digunakan secara gratis. Lalu anda bertanya, bagaimana cara riset keywords dengan menggunakan google adwords keyword tools? Baca terus artikel ini karena sebenarnya caranya cukup mudah. Berikut ini adalah gambar tampilan Google adwords keyword tools:

Google-Adword-keyword-tools1

Langkah pertama adalah membuka situs Google Adwords: Keywoord Tools. Akan muncul halaman seperti gambar di atas. Sebaik anda mendaftar terlebih dahulu atau login dengan menggunakan email google anda, tujuannya adalah agar  dan anda tidak perlu memasukkan kode verifikasi pada halaman riset dan juga keywords yang ditampilkan akan lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Adwords: Keywoord Tool, perhatikan gambar di atas:

  1. Pada kolom No. 1, anda masukan keywords/ kata kunci yang menjadi topik utama website yang akan anda buat. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci yang berhubungan dengan niche anda.
  2. Pada  kolom No. 2, anda bisa mengambil ide kata kunci dari website lain yang se-niche dengan topik anda, tapi hal ini bukan sebuah keharusan karena anda mungkin ingin memilih kata kunci yang berbeda. Pada kolom kategori anda bisa memasukkan kategori yang sesuai dengan topik yang anda pilih, tapi anda bisa saja tidak mengisi kolom tersebut.
  3. Pada kolom No. 3, pastikan anda mencentang salah satu type pencarian yang anda inginkan. Saran saya, sebaiknya anda mencentang kotak “exact match” atau “persis” agar anda tahu jumlah pencarian di google yang persis mengetikan sebuah kata kunci.
  4. Pada Kolom No. 4,  langkah ini adalah salah satu yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan karena akan sangat mempengaruhi hasil pencarian kata kunci yang akan anda temukan. Pastikan anda memilih lokasi negara, dan bahasa yang anda target. Bila target market anda adalah Amerika, pastikan anda telah memilih “United States” atau “Amerika Serikat” pada opsi dan filter lanjutan.
  5. Kolom 5, setelah anda selesai memilih setingan pencarian kata kunci, silahkan anda klik “Search” atau “Telusuri”, anda akan diberikan data dari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang anda pilih.
  6. Pada kolom 6, anda akan melihat data setiap kata kunci yang anda masukkan, seperti: jumlah pencari kata kunci secara global, jumlah pencari kata kunci dari lokal, harga CPC (cost per click) untuk adsense, trend pencarian lokal, dan lain-lain.

Sampai pada langkah di atas, anda akan menemukan banyak sekali kata kunci yang berhubungan dengan niche anda. Sebaiknya anda tidak terlalu terburu-buru dalam memilih keywords yang ditampilkan di google adwors kwyword tools, saya sangat menyarankan agar anda melakukan riset kata kunci tersebut lebih lanjut karena akan berhubungan dengan tingkat persaingan kata kunci yang akan anda pilih. Untuk riset keywords yang lebih mendalam akan saya bahas pada artikel berikutnya.

115 KOMENTAR

  1. infor yang sangat menarik sekali gan

  2. biar optimal pake seo by yoast itu gimana ya boss?

  3. Cara riset keywordnya cukup simpel untuk dipraktekan. Thanks Mas sudah share.. jadi makin tahu banyak nih soal SEO..

  4. Terima kasih Tipsny mas MaxManroe, sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya :)

  5. thank you bos, artikel sangat bermanfaat dan membantu saya good posting.

  6. ane kalau nyari keyword paling males, bingung mau pilih mana yang cocok atau nggak, moga tutor diatas bisa menyelesaikan masalah saya

  7. Yudha Winchester

    mas kalo adveertiser dari Indonesia yang bagus apa aja ya mas ????

  8. Tutorial nya keren nih mas, memang saya lagi cari cara research keyword yang ampuh seperti artikel maxmanroe ini

    • Ini artikel sudah expired mas, di bagian atas sudah dijelaskan lho hehehe

      • Expired?? berarti gak bisa dicoba donk ??
        padahal ini membantu banget loh

  9. alhamdulilah keyword website saya lumayan terbaik,padahal belum paham planing keyword seperti yang di bahas di artikel ini.tapi melihat hasil keyword2 lain nya yang sesuai bidang usaha saya jadi tergiur memiliki nya lagi :)

  10. Terima kasih gan, sangat membantu kami artikelnya
    Tolong di share jasa premium iklan adwords yang efekstife, efisien serta murah meriah pastinya,,,hehehehehehey,,,maklum gan masih UKM,,jadi nyarinya yg MUMER dulu

  11. thanks sharing nya.pertamax_d tunggu kunbalnya.. ^_^

  12. Membantu sekali mas, saya juga baru melakukan riset mau buat blog baru. .
    Thanks info mas, Pertamax!

  13. Saya juga masih menggunakan keyword planner, mudah2an kedepannya bisa kebeli yang premium :)

  14. IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap

    wah informasi unik yang harus diperaktekan nih :D
    buat para adsenseers B|

  15. nembak keyword duluu wkwk
    terima kasih om max praktek doloe

  16. thanks mastah sharingnya sangat membantu sekali buat newbie yang lagi kebingungan cara riset keyword…bravo blogger indonesia

  17. trimakasih sangat membantu saya yang masih belum mengerti betul bagaimana mengembangkan blog, dan riset keyword…..txs banget

  18. Terimakasih gan infonya karena Selama ini saya g pake tool keyword google
    Langsung dicoba neh gan

  19. kemarin saya dapet telpon dari google indonesia, karena mereka melihat saya pernah daftar di google adwords tapi belum pernah pasang iklan satu pun disana.
    mungkin kalau sekarang udah berbayar itu kali yah ? jadi google keyword tools ini ada di dalam feature berbayar mereka. ada sih pilihan2nya, bisa per klik, bisa yg per tayang, dan lain2nya…pernah baca ada dokumennya gitu. saya lupa link dokumen google adwords nya, tapi bisa di googling kayaknya.

    • Google Adwords berbayar kalau kita pasang iklan, tapi untuk menggunakan tools Google Keywords Planner gratis kog

  20. Sangat bermanfaat sekali gan, soalnya saya baru mengembangkan website :)

  21. menurut saya sih sangatlah mudah… tp yg untuk pemula belum tau harus bagai mana cara memasang keywordnya BOSS?

  22. keyword plan menjadi tool bagi saya pridadi untuk menentukan target keywoard yang akan saya bikin, karena ini punya google saya rasa tidak ada keraguan untuk itu.

  23. kok google adwords nya nanyain saya harus bayar dulu baru bisa pakai keyword riset nya ?

  24. Filter penyaring air

    Waduh mohon info yg update dong, ane masih bingung karena riset kw sekarang pake kw planner ? m

  25. Kumpulan Tutorial Free

    wokeh gan, penjelassannya dapat di mengerti :)

Tinggalkan Balasan