Beranda Tutorial Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

Cara-Riset-Keywords-Dengan-Google-Keyword-Planner-8

Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi #SEO adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi. Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Mengapa saya mengatakan bahwa melakukan riset keywords adalah sebuah keharusan? Ketika kita membangun sebuah website/ blog untuk bisnis, maka trafik tertarget adalah sesuatu yang sangat berharga. Trafik ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, salah satunya adalah dari mesin pencari Google. Jika website/ blog Anda teroptimasi dengan baik untuk keywords yang Anda inginkan, maka kemungkinan besar website Anda tersebut akan berada pada halaman utama setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut. Dan tentunya ini akan memberikan trafik tertarget GRATIS ke website bisnis Anda secara terus menerus yang kemungkinan besar akan menghasilkan konversi.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:

1. Mendaftar ke Google Adwords

Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, lihat gambar.

[spoiler]Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner[/spoiler]

2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah berhasil mendaftar, kita bisa langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.

2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan pilih “Google Keyword Planner”, lihat gambar.

[spoiler]Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-2[/spoiler]

2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad group ideas”, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-3.jpg[/spoiler]

2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”. Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-4[/spoiler]

2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Lihat gambar

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-5[/spoiler]

2.5. Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link “Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.

3. Catatan Penting

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.

Baca juga: Tips Pasang Iklan di Google Adwords, Ada Seni Tersendiri

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.

[spoiler]
Cara-riset-keywords-dengan-Google-Keyword-Planner-6[/spoiler]

Demikianlah cara riset keywords dengan Google Keyword Planner yang sering saya lakukan saat mencari kata kunci terbaik untuk website saya. Riset kata kunci ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun ini adalah langkah terbaik ketimbang Anda buang-buang waktu memilih keywords sembarang yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google. Semoga artikel ini membantu.

132 KOMENTAR

  1. Sebagai blogger sebaiknya mengetahui cara mencari kata kunci untuk membuat artikel yang akan diterbitkan diblog. Google menyediakan sebuah tool yang bermanfaat untuk menganalisa kata kunci yang banyak diminati sesuai statistik pencarian digoogle.

  2. Baru belajar meriset kata kunci. terima kasih infonya om.

  3. alhamdulillah,saya uda coba beriklan di adwords.iklan saya di jasa sedot wc dan dengan mengikuti step dr adword planner keyword saya merasa sangat terbantu terarah dalam menentukan kata kunci yang berbuah klik ke website saya.trimaksih

  4. saya sudah coba tips nya maxmanroe tapi kok masih sedikit membingungkan ya untuk riset keywordnya, yang muncul di halaman google planner nya cuma tentang pasang iklan dan biaya nya.

    • Mohon maaf mas Zai, artikel ini sudah tidak relevan karena sekarang penggunaan Google Keyword Planner harus beriklan di Google Adwords baru bisa menggunakan semua fiturnya.

  5. artikel keyword-planner.nya sangat membantu buat newbie Mas. Makasih

  6. akhirnya ketemu juga artikel ini, mantap bang terimakasih ya bang max ada pencerahan baru buat saya. artikelnya sangat membantu sekali.

  7. Saya mau nanya gan. Apakah memasukan kata kunci pada label itu bisa mendatangkan pengunjung dari hasil pencarian?

  8. bang max, ada artikel untuk strategi memaksimalkan kinerja adwords gak? supaya mamaksimal dan tentunya bisa menghemat biaya? terima kasih

    • Kalau mau dibahas secara mendalam bakalan panjang sekali artikelnya. Yang saya bahas di sini cuma cara riset keywords aja, kalau beriklan di Adwords harus dibahas sendiri di artikel lain

  9. setuju sekali, memang benar jika ingin riset keword tentukan dulu langkah-langkahnya, jika sudah baru kita mulai action.

  10. sekarang tampilannya dah beda ya bang… pusing nyari toolnya di sebelah mana.. :(

  11. google keyword planner tampilannya udah beda.. :-(

  12. Hallo Admin Saya Mau Tanya Knapa Yah Tiba Tiba Blog Saya Turun menjadi 40% Pas Saya Cek Di CHKme Solusinya Gimana Yah ?
    Thankz

    • Turun apanya mas Hendi? Turun kecepatannya, atau turun trafiknya? Saya biasanya cek website menggunakan Google Search Console atau Google Analytics.

    • Kalau mau yg gratisan coba pakai kwfinder.com, tapi maksimal cuma bisa 3 kali dalam 24 jam dan resultnya sangat terbatas. Versi berbayarnya ada sih, tapi termasuk agak mahal.

  13. sangat membantu mas info nya apa lagi bagi saya yang masih baru belajar blog

  14. Makasih ka atas informasi dan tutorialnya, tapi selain google keyword planner apakah ada lagi yang lain? Atau memang google keyword planner itu sendiri yang paling bagus dalam meriset nya!

    Terimaksih :)

  15. sangat signifikan mas tah…terima kasih

  16. ari kuncoro mukti

    mas setelah coba trik mas seminggu yang lalu traffik blog saya meningkat 3x lipat, yang biasanya cuma 100 perhari sekarang sudah sampai 400 pengunjung perhari, makasih mas, saya jadi semangat ngeblog nih.

  17. makasih ya gan ilmunya.. walau ga pernah make, ya… ada benarnya juga kita mencari kata kunci yang sering di cari orang. intinya kan ke pembaca ya gan.. makasih ya.

  18. mas sepertinya artikel ini mesti di update lagi, sekarang google planner sudah tidak gratis lagi, kita mesti membuat kampanye dulu baru bisa menggunakan fitur lengkap seperti ini lagi :(

    • Betul mas, sekarang Google Keyword Planner banyak sekali perubahan. Nanti akan dibahas topik ini di konten berikutnya

  19. Sekarang tidak ada menu tool nya, jadi tidak bisa dipratekan ya bang? adakah cara terbaru?

    • Iya om, sekarang banyak perubahan di Google Keyword Plan. Tp untuk para advertiser masih bisa riset keywords walaupun datanya tidak selengkap dulu. Untuk saat ini saya masih mengandalkan Google Keyword Plan, tapi ada opsi lain seperti: keywordtool.io/google, keywordshitter.com, lsigraph.com

  20. masih bingung saya gan pake keyword planner,,apa itu gunanya lebih tepat ke niche blog atau ke artikelnya?

    • Tools itu untuk membantu riset kata kunci pak, cocok digunakan untuk semua jenis website.

  21. kalo satu website terdapat macam2 artikel bertema campur2 untuk keyword sndiri recommendasinya gmna ya bos. mklum newbie

  22. cara mencari keyword nya gimana si om. saya bingung nih

  23. saya udh buka google adword keyword planner. setelah sign in tmpilannya lansung campaign. tidak ada pilihan tool nya. itu gmn ya..

    • Ya bu Novi, sekarang ada banyak perubahan untuk penggunaan Google Keyword Planner.

      • Bang kl bisa di update cara riset keywordnya dong untuk alternatif gkp soalnya bingung ni ternyata gugel kiword plannya dah gak bisa maksimal

  24. minta rekomendasi tools yang untuk buat cari keyword yang berbayar dong bang max, kalo bisa sekalian di share cara pakenya,hehehe

Tinggalkan Balasan