10 Cara Promosi Usaha Makanan Agar Lebih Banyak Pelanggan

Cara Promosi Usaha Makanan

Bagaimana cara promosi usaha makanan yang tepat sasaran agar lebih banyak pelanggan? Topik ini adalah salah satu pembahasan yang cukup menarik karena usaha makanan saat ini menjadi salah satu primadona dalam dunia usaha.

Tidak jarang sebuah usaha makanan berawal dari bisnis sampingan seseorang yang berbekal pujian dari orang terdekat. Keahlian membuat jenis makanan tertentu dan disukai oleh orang-orang terdekat bisa memberikan motivasi pada seseorang untuk membuka usaha makanan.

Sayangnya, keahlian memasak makanan yang lezat bukanlah satu-satunya faktor kesuksesan dalam berbisnis kuliner. Ada beberapa faktor lainnya yang punya peranan penting bagi keberhasilan usaha kuliner yang dijalankan.

Cara promosi usaha makanan merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan sebuah bisnis kuliner. Menjalankan strategi yang efektif dalam mempromosikan produk kuliner yang dijual dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Nah, bagi Anda pecinta kuliner dan pemilik usaha makanan, berikut ini adalah beberapa cara promosi usaha makanan yang bisa Anda pelajari dan terapkan pada bisnis Anda:




1. Konsisten Menjaga Kualitas Makanan

Cara promosi usaha makanan yang pertama dan terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kualitas dan rasa makanan. Promosi ke luar secara gencar hanya akan sia-sia bila kita tidak bisa memberikan kualitas yang baik kepada konsumen.

Selain itu, mempertahankan kualitas yang sudah diciptakan sejak awal merupakan hal berikutnya yang harus tetap dijaga. Kita pasti pernah bertemu dengan usaha makanan yang tidak konsisten dengan rasa makanan yang dijual ketika konsumen mereka sedang ramai. Ini bukan hal yang bagus karena akan membuat kecewa pelanggan.

Perhatikan standar dan prosedur memasak di bisnis Anda agar kualitas makanan bisa tetap sama.

Artikel lain: Strategi Pemasaran Produk Baru Bagi yang Memulai Bisnis

2. Cara Promosi Usaha Makanan dengan Memanfaatkan Momentum

Tidak setiap hari sebuah usaha makanan  mendapat banyak kunjungan, bahkan terkadang bisa sangat sepi pembeli. Kita bisa melakukan berbagai upaya agar bisnis makanan yang dibangun mendapat pelanggan baru dan pelanggan tetap.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan ikut serta dalam kegiatan bazar atau event-event lain yang mengundang keramaian. Berpartisipasi dalam kegiatan bazar, eksibisi, pasar malam, dan perayaan momen tertentu akan membuat usaha makanan Anda selalu mendapat konsumen baru.

Misalnya pada momen acara peringatan Hari Kemerdekaan, Anda bisa memberikan diskon untuk paket makanan tertentu. Promosi ini juga bisa dilakukan melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang.




3. Membuat dan Menyebarkan Selebaran

Cara promosi usaha makanan dengan trik yang satu ini terbukti cukup efektif untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang baru dan belum mengenal usaha makanan Anda. Usahakan selebaran tersebut dibuat dengan desain dan informasi yang mudah diingat oleh orang lain.

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan kontak tempat usaha Anda. Selain itu, brosur tersebut juga bisa ditambahkan resep makanan yang menjadi andalan di tempat Anda, atau informasi dan pengetahuan tentang bahan-bahan makanan, dan informasi lain yang masih relevan.

4. Membuat Stiker dan Memasangnya di Tempat yang Mudah Terlihat

Trik seperti ini sudah cukup sering kita lihat. Biasanya stiker ini dipasang di tempat yang cukup sering dilalui oleh orang-orang sehingga mudah terlihat khalayak ramai.

Namun, pastikan Anda tidak memasang stiker di tempat yang dilarang. Misalnya di fasilitas umum dan properti pribadi, ini bisa mengakibatkan orang lain merasa tidak nyaman.

5. Membuat Peta Lokasi Usaha Pada Kemasan Produk

Trik ini bisa dilakukan bila tempat usaha kuliner Anda memang kurang strategis. Kualitas dan rasa makanan yang Anda jual mungkin sangat baik, tapi jika orang lain tidak mengetahui lokasi usaha Anda maka proses pemasaran akan terhambat.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membuat peta lokasi tempat usaha dan memasangnya pada kemasan makanan. Selain bisa menjadi media promosi gratis, kemasan makanan juga bisa menjadi penunjuk lokasi tempat usaha.

6. Bergabung dengan Komunitas Tertentu

Untuk memperkenalkan kuliner andalan Anda, maka ada baiknya bila bergabung dengan komunitas yang masih relevan dengan bisnis Anda. Dengan memiliki komunitas yang aktif, kegiatan saling berbagi informasi antar anggota akan memberikan peluang baru bagi Anda.

7. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Hari gini siapa sih yang tidak pakai media sosial, terutama kaum milenial. Nah, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kuliner yang ingin dijual.

Promosi di media sosial tidak hanya tentang penjualan langsung, namun lebih ke branding dan membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat di media sosial.

Memanfaatkan media sosial untuk promosi akan menghemat banyak uang untuk promosi. Dan, selain promosi gratis, dengan media sosial kita juga bisa mengumpulkan data base calon pelanggan potensial.

8. Perkenalkan Bisnis Anda ke Instansi Terdekat

Trik promosi yang satu ini cukup efektif agar langsung mendapatkan perhatian dari target market yang dibidik. Misalnya, Anda menjual kuliner khas daerah, maka Anda bisa menghubungi Dinas Pariwisata atau Departmen Perindustrian, dan instansi terkait, untuk bekerjasama membangun pariwisata dan juga memperkenalkan makanan khas daerah kepada turis yang datang.

9. Bekerjasama Dengan Agen Perjalanan

Ini adalah cara promosi usaha makanan yang tidak banyak dilakukan saat ini. Namun, jika kita bicara tentang kuliner khas daerah, maka akan sangat relevan bila bekerja sama dengan agen perjalanan.

Anda bisa menawarkan komisi kepada partner yang bersedia membantu promosi kuliner Anda. Setiap kali ada turis yang berbelanja di tempat Anda atas rekomendasi si agen perjalanan, maka agen tersebut akan mendapatkan komisi.

10. Membuat Program Diskon di Momen Tertentu

Pada momen-momen tertentu, sebagian orang akan berbelanja lebih banyak dari sebelumnya. Misalnya pada hari Raya Idul fitri atau hari Raya Natal. Buatlah program diskon pada momen-momen penting tersebut untuk menarik lebih banyak orang untuk berbelanja kuliner Anda.

Penjualan yang minim di hari-hari yang sepi pembeli akan tertutupi dengan penjualan besar-besaran di momen-momen tertentu. Dengan begitu, bisnis Anda akan tetap mendapatkan keuntungan.

Baca juga: 5 Peluang Usaha dari Hobi Makan

PENUTUP

Demikianlan beberapa cara promosi usaha makanan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan. Lakukan hal-hal yang paling berpengaruh pada bisnis kuliner Anda, lakukan dengan konsisten dengan memberikan sentuhan inovasi.

Semoga bermanfaat!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud