Cara Meyakinkan Orang Tua Terhadap Karir Pekerjaan Di Dunia Online

Cara Meyakinkan Orang Tua Terhadap Karir Pekerjaan Di Dunia Online

peluang bisnis online
Image dari Fanpage.it

Dengan adanya internet, kini kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih luas. Bukan saja kesempatan mendapatkan pekerjaan, kesempatan untuk membangun bisnis sendiri pun kini juga semakin terbuka. Membangun #bisnis online seperti membuka toko online, menjadi seorang blogger atau juga Youtuber adalah beberapa contoh bisnis dan pekerjaan yang bisa dilakukan secara online dengan menggunakan internet.

Pekerjaan dan bisnis dari dunia #internet ini sangat menggiurkan dan banyak orang yang sudah mendapatkan sukses dari sana. Meski ada banyak sekali pemuda yang berhasil menjalankan bisnisnya secara online, namun sering kali orang tua masih belum yakin dengan apa yang kita lakukan di dunia online. Bahkan anggapan tidak  bekerja masih saja tetap melekat di pundak para pekerja online. Lantas bagaimana cara meyakinkan kedua orang tua bahwa pekerja online itu juga bekerja dan bisa menghasilkan uang juga, simak tips di bawah ini.

1. Buktikan Bahwa Pekerjaan Online Itu Ada Dan Menghasilkan

Cara pertama yang paling jitu tentu dengan membuktikannya pada orang tua. Anda harus mampu membuktikan dulu bahwa pekerjaan online itu ada dan itu bisa menghasilkan uang. Memang sangat sulit rasanya menjelaskan kepada orang tua tentang apa yang kita lakukan terkait dengan pekerjaan kita di dunia maya. Apalagi jika kita belum bisa menghasilkan apa-apa dari apa yang kita kerjakan, pasti itu akan sangat sulit.

Jadi sebaiknya buktikan terlebih dulu penghasilan yang Anda dapatkan dari dunia online baru Anda bisa menjawab keraguan orang tua Anda. Wajar jika orang tua meragukan pekerjaan di dunia online, ini mereka lakukan karena mereka khawatir anaknya tak bekerja dan tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri.

Artikel lain: Inilah 5 Step Merancang Kesuksesan Bisnis Online!

2. Tunjukkan Beberapa Orang Sukses Dari Dunia Online Pada Orang Tua

Selain cara di atas, Anda juga bisa untuk sementara waktu menunjukkan beberapa orang yang sudah sukses dari dunia online kepada orang tua Anda. Misalnya Anda seorang blogger, Anda bisa menunjukkan beberapa blogger sukses kepada orang tua Anda. Akan lebih bagus lagi jika ada teman Anda di sekitar Anda yang menjadi #blogger dan sudah berhasil.

Menunjukkan beberapa orang sukses tersebut akan membuat sedikit lega orang tua Anda. Karena tentu saja orang tua sangat khawatir jika nantinya anaknya tidak bisa menjadi orang yang sukses atau berhasil.

3. Minta Tolong Pada Teman Atau Orang Lain Untuk Menjelaskan

Nah, selanjutnya sangat terkait dengan poin nomor dua adalah dengan minta tolong pada teman atau orang lain. Lebih bagus lagi jika Anda minta tolong pada orang yang se profesi dengan Anda, ini akan sedikit memudahkan Anda dalam memberikan penjelasan kepada orang tua. Mintalah bantuan pada teman Anda untuk menjelaskan apa yang Anda kerjakan dan bagaimana mekanisme kerjanya.

Selain itu bisa juga Anda menyuruh teman Anda untuk menjelaskan juga mengenai gaji, atau penghasilan yang bisa didapatkan dari bekerja secara online. Biasanya orang tua bisa sedikit lebih percaya jika ada orang lain yang memiliki pekerjaan sama dengan apa yang Anda kerjakan.

4. Tunjukkan Cara Kerja Anda Dari A Sampai Z

Sesekali bolehlah Anda menunjukkan cara kerja Anda kepada orang tua. Meski mungkin saja orang tua Anda tidak mengerti apa yang Anda kerjakan, namun setidaknya mereka mengerti bahwa anaknya juga bekerja. Ini juga akan bisa membuat orang tua Anda yakin dengan apa yang Anda kerjakan.

Tunjukkan pekerjaan Anda mulai dari awal sampai akhir dan juga jangan lupa berikan penjelasan kepada mereka sesederhana mungkin agar bisa sedikit mengerti. Intinya adalah jangan bosan-bosan dan emosi ketika memberikan penjelasan kepada orang tua.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Motivasi Untuk Seorang Freelancer

5. Carilah Waktu yang Pas Untuk Menjelaskannya

Anda harus bisa mencari waktu yang tepat dalam menyampaikan penjelasan kepada orang tua. Jangan memaksakan diri jika memang tidak ada waktu yang longgar, karena bagaimanapun juga menjelaskan ini akan membutuhkan waktu yang lama.

Waktu bersantai pada sore hari bisa menjadi pilihan yang bagus, sambil ngobrol dan menikmati teh bersama, Anda bisa memulai menjelaskan kepada mereka. Anda harus sabar dan dengan keadaan yang benar-benar nyaman agar orang tua Anda pun juga nyaman mendengarkan penjelasan Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan