Cara Menonton Video Youtube Secara Offline di Android

Image dari Yourstory.com

Image dari Yourstory.com

Youtube merupakan situs sharing video terbesar di dunia yang dimiliki oleh raksasa internet #Google. Jutaan video tersedia di Youtube dan siap ditonton oleh pengguna di seluruh dunia, dan setiap harinya puluhan ribu video ditambahkan oleh pengguna membuat pilihan video yang ingin ditonton di Youtube semakin banyak.

Untuk bisa menonton video di Youtube dengan nyaman dan tanpa buffering baik itu saat menggunakan perangkat desktop atau mobile, pengguna harus memiliki koneksi #internet yang cepat dan stabil. Jika tidak, maka kegiatan streaming anda akan terganggu. Lalu bagaimana cara menonton video youtube tanpa koneksi yang memadai, atau bahkan saat offline sekalipun?

Artikel lain: Cara Download Video YouTube di Android



Jawabannya adalah dengan menggunakan fitur yang baru diperkenalkan oleh #Youtube beberapa bulan lalu. Tidak ada nama resmi untuk fitur ini, namun untuk lebih mudahnya saya akan menyebutnya Youtube Offline. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menyimpan video di aplikasi youtube sehingga video tersebut bisa ditonton lagi meskipun dalam keadaan tanpa koneksi internet.

Tahapan Cara Menonton Video Youtube Secara Offline di Android

Dalam judul artikel ini, saya menuliskan “secara offline” namun dalam langkah-langkah awal, kita akan membutuhkan koneksi internet yang digunakan untuk mengunduh video youtube yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Unduh dan install aplikasi Youtube for Android melalui link berikut ini: Youtube di Google Play Store.

2. Silahkan buka aplikasi Youtube di perangkat #Android milik Anda, kemudian login menggunakan akun Google yang masih aktif.
offline_1
3. Silahkan cari video yang ingin anda unduh terlebih dahulu. Setelah anda menemukan #video yang ingin anda tonton offline, tap pada video tersebut untuk membukanya.
offline_2
4. Pada halaman video tersebut, anda akan menemukan tombol download berukuran kecil yang terletak dibawah video. Tap pada tombol unduh atau download tersebut.
offline_3
5. Selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih resolusi video. Untuk pemilihan resolusi, silahkan sesuaikan dengan resolusi layar perangkat android anda. Setelah anda menentukan resolusi, tap pada OK.
offline_4
6. Setelah Anda melakukkan tap pada OK, proses download video akan berjalan. Anda bisa mengecek prosesnya pada status bar perangkat Android anda. Kecepatan proses menyimpan video bisa berlangsung cepat atau lambat tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.
offline_5
7. Setelah proses download selesai, anda bisa menemukan daftar video yang sudah anda download di Menu Pengguna > Available Offline. Tap pada Saved Videos, dan di sana video yang sudah Anda unduh siap untuk ditonton dalam keadaan offline sekalipun, dan tanpa buffering.
offline_6

Apakah Ada Video Yang Tidak Bisa Disimpan Offline?

Jawabannya adalah, ADA. Kita tahu bahwa Youtube sangat ketat dalam hal piracy dan copyright dan pada keadaan tertentu pengguna tidak bisa menonton video di Youtube. Saya tadi sempat menemukan video yang tidak boleh disimpan offline yang tandanya adalah, pada tombol download terdapat tanda strip dan jika di tap jendela pemberitahuan seperti pada gambar dibawah ini akan muncul:

offline_8

Bisakah Video Hasil Unduhan Dicopy Atau Dimainkan di Video Player Lain?

Karena kita bicara soal Android, tentunya banyak pengguna yang berpikir apakah video hasil unduhan dari Youtube menggunakan aplikasi resmi bisa dicopy dari memori internal atau ditonton menggunakan video player lain seperti MX Video. Jawabannya adalah, TIDAK. Dalam hal ini, sepertinya Google menggunakan cara yang unik untuk “melindungi” video mereka dari kegiatan pembajakan.

Format video yang disimpan dalam Youtube Offline adalah .EXO (hasil kompres dan enkripsi). Format tersebut adalah format file system dan satu-satunya cara membuka file tersebut adalah menggunakan aplikasi Youtube di perangkat android. Selain itu jika pengguna membagikan video youtube dengan opsi pengiriman bluetooth, yang nantinya dikirim bukanlah file video namun hanya link menuju video yang bersangkutan.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud