Cara Menonaktifkan Microsoft OneDrive di Windows 10

Cara Menonaktifkan Microsoft OneDrive di Windows 10

Image dari Iphonehacks.com

Microsoft OneDrive atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Skydrive adalah layanan penyimpanan file online resmi dari #Microsoft yang mana layanan ini terintegrasi dengan Windows 10 dan menjadi salah satu aplikasi bawaan sistem operasi. Dengan mengaktifkan sinkronisasi dengan OneDrive, data-data pengguna seperti dokumen dan akan terupload secara otomatis sehingga Anda bisa mengambilnya kapan saja dari perangkat lain selama Anda terhubung dengan internet.

Namun ternyata tidak semua orang suka menggunakan OneDrive dengan berbagai alasan mulai dari terganggu dengan fitur upload otomatis yang menghabiskan kuota sampai dengan mengurangi konsumsi CPU #komputer. Bagi yang tidak ingin menggunakan OneDrive, bisa memilih untuk menonaktifkannya. Namun menonaktifkan Microsoft OneDrive di Windows 10 tidak bisa dilakukkan dengan sembarangan karena OneDrive adalah bagian dari sistem.

Ada 2 cara menonaktifkan Microsoft OneDrive di #Windows 10 yang bisa dipilih. Detailnya bisa Anda lihat di panduan berikut ini.



Menonaktifkan OneDrive Melalui System Startup Windows 10

Setelah Anda masuk ke Windows 10, Anda akan menemukan icon OneDrive di pojok kanan bawah desktop bersamaan dengan icon-icon program lain. Anda bisa masuk ke Settings OneDrive dan melakukkan disable startup sehingga program ini tidak memulai secara otomatis. Caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Fokus ke icon OneDrive di pojok kanan bawah. Klik kanan icon tersebut dan pilih Settings, maka jendela pengaturan Microsoft OneDrive akan muncul.

onedrive icon

2. Pada jendela OneDrive, Anda akan menemukan 4 tab yaitu Settings,Account, Auto Save dan About. Untuk kali ini langkah yang akan kita lakukan akan menggunakan 2 tab saja yaitu Settings dan Auto Save.

  • Tab Settings: Hilangkan centang pada Start OneDrive automatically when I sign in to Windows, seperti pada gambar.

onedrive settings

  • Tab Auto Save: Pilih This PC Only sebagai penyimpanan baik Documents maupun Pictures, dan hilangkan semua centang seperti pada gambar.

onedrive auto save

3. Klik OK, dan selesai. Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan disable OneDrive di bagian Startup di Task Manager.

Mematikan OneDrive Secara Permanen Melalui Group Policy Editor

1. Tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka run box. Ketik gpedit.msc kemudian Enter, maka jendela Group Policy Editor akan terbuka.

2. Pada jendela Group Policy Editor, silahkan menuju lokasi berikut: Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> OneDrive.

onedrive di policy editor

3. Fokus ke sisi kanan kemudian double klik atau klik kanan > Edit pada Prevent the usage of OneDrive for file storage. Jendela Prevent the usage of OneDrive for file storage akan terbuka, silahkan ubah statusnya dari Not Configured ke Enabled. Setelah itu klik OK.

jendela prevent

Dengan menggunakan cara di atas, akses ke OneDrive akan hilang. OneDrive tidak akan muncul di File Explorer dan Anda tidak akan bisa membukanya baik itu lewat Windows Store Apps atau fitur upload camera roll. Untuk mengembalikannya, cukup kembali ke proses nomor 3 di atas kemudian ganti dari “Enabled” ke “Not Configured“.

Tidak Direkomendasikan : Uninstall Microsoft OneDrive Secara Paksa Melalui Command Line

Yang satu ini adalah panduan yang tersebar di forum-forum, memanfaatkan file installer OneDrive yang terdapat pada folder system Windows untuk melakukan uninstall atau menghapus OneDrive secara permanen dari Windows 10. Cara ini tidak direkomendasikan karena saya sendiri tidak tahu bagaimana mengembalikan OneDrive setelah di uninstall mengingat program tersebut adalah bagian dari sistem dan bukan program pihak ketiga.

Jika Anda benar-benar yakin untuk melakukkan uninstall OneDrive, silahkan buka command line dan eksekusi 2 command di bawah ini:

Command untuk mematikan layanan Microsoft One Drive yang masih berjalan:

taskkill /f /im OneDrive.exe

Command untuk uninstall OneDrive, jika Anda menggunakan Windows 10 32bit:

%SystemRoot%\System32\OneDriveSetup.exe /uninstall

Command untuk uninstall OneDrive, jika Anda menggunakan Windows 10 64bit:

%SystemRoot%\SysWOW64\OneDriveSetup.exe /uninstall

That’s it! Sekian untuk artikel tutorial kali ini, terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.





2 total comments on this postSubmit yours
  1. terimakasih tipsnya. fitur ini tidak berguna untuk sy malahan sangat mengganggu

  2. Iya nih, Saya merasa tergangu dengan on*drive ini. Setiap menghidupkan laptop langsung muncul tuh di layar dan buat full CPU. Terima kasih atas infonya.!!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud