Cara Mengubah Presentasi Powerpoint Menjadi Video, Mudah dan Cepat

Cara-Mengubah-Presentasi-Powerpoint-Menjadi-Video

Tentunya kita sudah akrab dengan program bernama Microsoft Powerpoint atau yang biasanya cukup dikenal dengan nama Powerpoint saja. Microsoft Powerpoint adalah program yang berfungsi untuk membuat slide presentasi di komputer, presentasi bisa berbentuk teks, gambar, #video, atau bahkan audio karena program ini sangat maju dan memiliki banyak pilihan untuk kustomisasi. Tidak dipungkiri bahwa Microsoft Power Point adalah program presentasi terbaik dan paling banyak digunakan di dunia.

Presentasi dengan menggunakan Powerpoint mengharuskan pengguna untuk mengatur waktu jarak per slide sebelum perpindahan, atau cukup menekan tombol pada keyword untuk melakukkan perpindahan pada slide. Mainsteam dan membosankan menurut saya, mungkin Anda ingin mencoba cara yang lain agar presentasi bisa berjalan lebih menarik yaitu mengubah presentasi Powerpoint menjadi video. Memang bisa? Tentu saja bisa!

Kebutuhan untuk mengubah presentasi powerpoint menjadi dalam bentuk presentasi video bisa disebabkan beberapa alasan, misalnya saja jika anda ingin mencoba presentasi dengan cara yang sedikit tidak biasa dan lebih menarik. Alasan lainnya adalah, mungkin Anda ingin mengubah file presentasi menjadi video karena ingin mempblikasikan video tersebut di Youtube.

Alasan kedua itulah yang sering saya temui akhir-akhir ini. Para pemain Google Adsense #YouTube banyak yang menggunakan cara konversi file presentasi menjadi video. Itu bisa membuat mereka memproduksi video tutorial, tips, ataupun yang lainnya dengan cara yang lebih mudah namun tetap menjaga sisi originalitas karena file presentasi dibuat oleh mereka sendiri.

Artikel lain: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube?

Syarat untuk bisa melakukkan pengubahan powerpoint ke video adalah pada komputer Anda sudah harus terinstall Microsoft Powerpoint 2010 atau versi yang lebih tinggi. Sebagai contoh dibawah ini saya menggunakan Microsoft Powerpoint 2010. Untuk tutorial lengkap mengenai cara mengubah presentasi Powerpoint menjadi video, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:




1. Silahkan buka file powerpoint Anda

powepoint_1

2. Klik pada File, maka submenu File akan muncul

powepoint_2

3. Klik pada Save and Send, maka macam-macam model penyimpanan akan muncul.

powepoint_3

3. Pada pilihan penyimpanan, namun karena disini kita akan lebih fokus pada mengubah file .ppt menjadi video. Silahkan klik pada Create a Video.

powepoint_4

4. Sampai di langkah ini, anda bisa mengatur resolusi video beserta dengan timingnya. Setelah Anda selesai melakukkan setting, silahkan klik Create Video.




powepoint_5

5. Jendela penyimpanan akan muncul. Silahkan masukkan nama video yang anda inginkan kemudian klik Save.

powepoint_6

6. Proses konversi akan berjalan, lama waktu tergantung dari banyaknya slide powerpoint yang anda konversi, resolusi video target, serta timingnya. Process bar bisa anda lihat pada bagian bawah program Microsoft Powerpoint (perhatikan bagian di kotak merah).

powepoint_7

7. Setelah proses konversi selesai, anda bisa membuka video hasil konversi dengan media player pada komputer anda. Format video adalah .WMV (windows media video) dan dibawah ini saya membukanya menggunakan VLC Media Player.

powepoint_8

Semua elemen yang berada dalam presentasi powerpoint akan masuk dalam video mulai dari gambar, efek transisi, efek suara, sampai dengan animasi. Jadi pastikan anda sudah mengecek semua elemen presentasi sebelum anda mengkonversinya menjadi video. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Simak juga video berikut ini.




8 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya coba merubah power point saya ke bentuk video, bisa berproses tetapi finalnya tidak bisa menyelesaikan (not finish).
    itu kenapa ya gan..mohon infonya

  2. Keren Om, good tutorial

  3. Wah sangat membantu sekali… izin Copas nanti saya sertakan sumber dari sini.. terima kasih

  4. Mohon penjelasan.

    Saya mencoba membuat power point menjadi video dengan office 2010, berhasil.
    Tetapi setelah power point tersebut saya sisipkan video dan kemudian saya ubah menjadi video power point dengan cara yang sama, proses konversinya sangat lama dan akhirnya gagal. Berulang-ulang selalu gagal.
    Bagaimana cara mengatasinya?

  5. Ijin Copy paste . ane sertain link blog agan di akhir blog saya . terima kasih . karena artikel ini sangat membantu sekali

  6. Terima kasih buat artikelnya. Saya sempat bingung untuk mengkonversi ppt menjadi video, tapi problem solved setelah googling dan menemukan artikel ini.
    Sangat bermanfaat sekali buat saya.
    Thank you :)

  7. Untuk powerpoint yang 2007, bisa menggunakan windows movie maker untuk mengubah slide presentasi menjadi video. Cukup mudah kok.
    Selain itu kita bisa pakai juga software seperti Camtasia Studio atau software berbayar lain.

  8. Ini untuk Microsoft 2010 ke atas…?
    Kalau untuk 2007 bagaimana…?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud