Cara Menghapus History Pencarian YouTube di Android

Cara Menghapus History Pencarian YouTube di Android

Image dari Technowriter.net

Menggunakan #Youtube di Android, tentunya pengguna juga akan sering memanfaatkan kotak pencarian untuk menemukan video yang akan ingin ditonton. Setiap kali pengguna melakukan pencarian di aplikasi Youtube, maka kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna akan disimpan dan muncul sebagai history sekaligus rekomendasi kata kunci setiap kali pengguna akan melakukan pencarian video.

Sebagai contoh, saat ingin mencari video yang berhubungan dengan quest tersembunyi di game Skyrim. Saya akan menggunakan kata kunci Skyrim hidden quest atau beberapa kata kunci lain yang direkomendasikan oleh Youtube. Setelah saya melakukkan pencarian, maka kata kunci tadi akan tersimpan sebagai history dan muncul setiap saya akan melakukkan pencarian.

history pencarian

Pada awalnya mungkin tidak akan menjadi masalah jika history pencarian pada aplikasi Youtube masih sedikit. Namun jika pengguna terus membiarkannya tanpa melakukan proses pembersihan, maka daftar history berisi kata kunci tersebut akan mengganggu pengguna setiap akan melakukan pencarian.

Efek di performa mungkin tidak terlalu terasa, namun bayangkan saja jika history pencarian muncul menutupi seluruh layar seperti gambar diatas, sangat menganggu bukan?

Artikel lain: Cara Download Video YouTube Tanpa Software

Cara Menghapus History Pencarian YouTube di Android

Jika anda ingin tahu cara membersihkan history pencarian di aplikasi Youtube untuk Android, caranya sangat mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Buka aplikasi Youtube di perangkat #Android Anda, kemudian masuk ke Settings.

android youtube 1

2. Pada halaman Settings, silahkan pilih Privacy.

android youtube 2




3. Untuk membersihkan history pencarian, silahkan tap pada Clear Search History. Jendela notifikasi akan muncul, lanjutkan dengan tap OK.

android youtube 3

Sampai disini history pencarian aplikasi Youtube di perangkat Android milik Anda sudah terhapus namun Youtube masih akan menyimpan kata kunci pencarian yang akan Anda inputkan di pencarian selanjutnya. Jika Anda ingin mendisable fitur penyimpanan history Youtube, silahkan switch bagian Pause search history ke bagian ON (ditandai dengan switch berwarna hijau). Sekedar informasi, opsi ini juga terletak di Settings > Privacy.

android youtube 4

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Setelah aktif, maka Youtube akan berhenti menyimpan history pencarian Anda. Tentu saja, Anda bisa mengaktifkannya kembali dengan switch ke bagian OFF. Untuk memastikan bahwa history pencarian sudah terhapus, silahkan gunakan kotak pencarian sekali lagi untuk mencari #video kesayangan Anda.

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah aplikasi masih menyimpan kata kunci pencarian setelah Anda mengaktifkan Pause search history. Sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya dan terima kasih sudah berkunjung.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud