Cara Mengembalikan Start Screen Windows ke Keadaan Awal

Jika dibandingkan dengan versi #windows sebelumnya, windows 8 dan 8.1 memiliki tampilan Start Screen yang sangat berbeda. Jika windows versi sebelumnya seperti Windows 7 menggunakan tampilan langsung berupa taskbar, start menu, dan wallpaper desktop. Windows 8 dan 8.1 memiliki Start Screen berupa Tile pada Modern UI atau Metro.

Di Metro UI atau Modern UI Windows 8/8.1, pengguna bisa melakukkan pin to start setelah menginstall program baru. Pin akan membuat sebuah program berada langsung di Start Screen sehingga saat pengguna ingin membukanya bisa langsung menuju Start Screen dan memilih program tersebut tanpa harus mencarinya di daftar #aplikasi terlebih dahulu.

Pengguna juga bisa melakukkan unpin jika menghendaki untuk menghilangkan sebuah program dari Start Screen, juga bisa melakukkan resize ukuran dan drag drop untuk mengatur peletakan program agar lebih nyaman secara posisi. Intinya, Windows 8 dan 8.1 memberikan keleluasaan pada pengguna untuk mengatur keseluruhan daftar program dan hal apa saja yang ingin ditampilkan seperti weather dan newsfeed di Start Screen Windows.



Setelah melakukkan pengaturan di sana-sini, kadang Start Screen windows terasa penuh dan pengguna ingin mengembalikan atau me-reset ke keadaan semula. Daripada melakukkan unpin dan pin satu persatu, pengguna bisa menggunakan opsi yang disediakan windows.

Cara Mengembalikan Start Screen Windows ke Keadaan Awal

Di sini saya akan memberikan 2 Cara Mengembalikan Start Screen Windows ke Keadaan Awal. Secara pengoperasian, kedua cara di bawah ini sama. Perbedaannya hanya terdapat pada penggunaan command line atau manual via windows explorer. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.

Menggunakan Windows Explorer

1. Buka Windows Explorer anda kemudian ketikkan perintah berikut di Address Bar : %LocalAppData%\Microsoft\Windows. Kemudian tekan enter maka sebuah lokasi folder akan terbuka.

startscreen_1

Anda juga bisa menggunakan kombinasi Windows + R, masukkan alamat diatas kemudian tekan enter untuk membuka lokasi diatas.

startscreen_2

2. Pada folder yang sudah terbuka,anda akan menemukan dua buah file yaitu appsFolder.itemdata-ms dan appsFolder.itemdata-ms.bak. Kedua file tersebut adalah kunci dari tutorial ini. Jika anda ingin mengembalikan Start Screen Windows 8 dan 8.1 ke kondisi awal, anda bisa menghapus kedua file tersebut.

Jika anda ingin mengembalikan posisi penataan Start Screen sewaktu-waktu, anda bisa mengcopy kedua file tersebut ke folder backup anda dan baru menghapusnya.

startscreen_3

3. Setelah kedua file dihapus, restart komputer anda dan tampilan start screen akan ter-reset seperti pertama install.

Menggunakan Command Line

1. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, perbedannya hanya pada cara ini kita akan menggunakan command line. Tekan kombinasi Windows + R, ketik perintah CMD lalu Enter maka jendela command line akan terbuka.

startscreen_4 2. Setelah jendela command line terbuka, ketik perintah berikut lalu Enter : del %LocalAppData%\Microsoft\Windows\appsFolder.itemdata-ms*

Perintah di atas akan secara otomatis menghapus file dengan nama appsFolder.itemdata-ms dan appsFolder.itemdata-ms.bak.

startscreen_5

3. Setelah itu, restart komputer anda dan anda akan menemukan start screen anda sudah kembali ke keadaan awal.

Start Screen Windows 8/8.1 Sebelum dan Sesudah Reset

Sebelum

startscreen_6 Sesudah

Saya juga mengaplikasikan hal ini pada laptop saya yang berjalan pada sistem operasi windows 8.1 dan hasilnya bisa anda lihat pada kedua gambar diatas.

Gambar pertama adalah sebelum reset dilakukkan, start screen penuh dengan program pihak ketiga, folder shortcut, dan #game. Sedangkan gambar kedua adalah keadaan setelah start screen direset, hanya menampilkan beberapa program default windows. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Maaf gan mau nanya!.laptop saya kan pke window 8 udah d ganti scren windownya ke window 7.nah pas saya mau psang balik lage ke window 8 tetep g bisa mulu udah nurutin semua tutornya dari agan udah d hapus 2 file yang appsFolder.itemdata-ms .pas d restar laptopnya file scren mash ada tidak ganti dan file appsfolder pas d cek lage ko mash ad pdhal sudah saya hapus.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud