Ini Cara Mengatur Tampilan News Feed Facebook Agar Lebih Nyaman

Cara-Mengatur-Tampilan-News-Feed-Facebook

Media sosial apa yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet? Salah satunya tentu saja #Facebook. Mulai populer di kalangan pengguna internet dunia sejak periode 2009, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini berhasil menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan digemari hingga saat ini. Ragam fitur Facebook seperti fitur tag foto, beragam games seru, kolom iklan hingga konsep news feed menjadi alasan mengapa media sosial ini tetap diminati oleh para pengguna internet.

Untuk mengisi waktu senggang, seringkali kita betah berlama-lama memperhatikan news feed Facebook. Ada posting yang terasa sangat bermanfaat dan informatif, namun tidak sedikit pula posting di news feed yang terasa tidak penting bahkan mengganggu. Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatur tampilan news feed Facebook agar kegiatan di media sosial semakin menyenangkan:

1. Un-follow Pengguna Facebook yang Menyebalkan

Rasanya semua orang pasti memiliki teman Facebook yang sok eksis, narsis atau menyebalkan. Teman seperti itu biasanya membuat posting yang terkesan mengganggu, berlebihan atau seringkali berisi curahan hati dalam kata-kata kasar. Melakukan un-friend terhadap teman Facebook tersebut seperti tak mungkin sebab kita mengenalnya di dunia nyata.

Lantas bagaimana solusinya?

Mudah kok! Un-follow saja teman Facebook tersebut. Fitur un-follow akan membuat kita tetap menjalin pertemanan di Facebook namun tidak akan melihat konten yang di posting oleh pengguna Facebook tersebut. Caranya sangat praktis, kita tinggal meng-klik icon anak panah yang menuju ke bawah pada posting yang bersangkutan, lalu pilihlah sub menu “un-follow (nama teman Facebook kita)”.

Artikel lain: Tipe Pengguna Facebook Yang Perlu Anda Remove Dari Pertemanan

2. Menyembunyikan Posting dari Fans Pages

Teman Facebook seringkali ingin berbagi informasi atau pengetahuan dengan cara mengajak kita bergabung atau membagikan konten dari suatu pages tertentu. Padahal tentu tidak selamanya informasi dari pages yang dimaksud memang berguna dan menyenangkan bagi kita.

Bila tidak ingin menyinggung perasaan teman kita, kita bisa menggunakan fitur “Hides all from …” untuk menyembunyikan semua posting yang berasal dari pages tersebut. Dengan demikian, kita tidak lagi merasa terganggu dengan posting yang tampil di news feed Facebook kita.

3. Gunakan Fitur Survey Facebook

Facebook ternyata memiliki fitur survey yang dapat membantu kita untuk menentukan konten yang ada di news feed Facebook kita. Cara untuk menggunakan fitur survey ini cukup mudah, kita cukup meng-klik icon anak panah yang menuju ke bawah pada posting yang kita inginkan. Selanjutnya, pilihlah sub menu more option untuk memunculkan pilihan “take a survey to make news feed better”.

Setelah masuk ke fitur survey, Facebook akan menampilkan 15 layar yang bisa kita pilih dan berikan rating sesuai dengan minat kita. Sehingga survey ini bisa membuat Facebook mengetahui jenis posting seperti apa yang paling kita minati.

4. Laporkan Postingan yang Mengganggu

Sejumlah postingan yang terasa aneh seperti tag foto dari pengguna Facebook yang tidak kita kenal atau posting berupa link yang tidak kita kehendaki bisa kita laporkan sebagai bug pada Facebook. Untuk tag foto, kita bisa memilih sub menu “I don’t want to see this” untuk menunjukkan rasa tidak suka kita terhadap suatu posting. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi posting sejenis pada news feed Facebook kita.




5. Mengelola Preferensi News Feed

Langkah terakhir dalam mengatur news feed Facebook adalah membuat pengaturan pada bagian setting. Melalui sub menu “preferences news feed”, kita bisa melihat siapa saja pengguna Facebook yang sudah kita un-follow serta konten-konten apa saja yang cenderung kita sukai atau tidak kita sukai.

Baca juga: Saatnya ‘Berdiet’ Facebook, Hindari Ketergantungan Pada Sosmed

Penggunaan media sosial memang menjadi salah satu sarana komunikasi dan hiburan. Namun bukan berarti kita bisa mengacuhkan setiap konten yang ada di media sosial tersebut. Mengatur konten media sosial menjadi salah satu cara bijak untuk membuat media sosial menjadi sarana pembelajaran yang modern dan informatif. Jangan tunggu lama lagi untuk mengatur news feed Facebook kita agar kegiatan komukasi terasa lebih nyaman!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud