Cara Mengambil Screenshot Website Satu Halaman Penuh

awesome screenshot

Adakalanya, anda ingin sekali mengambil screenshot sebuah halaman website ntah untuk keperluan tugas atau hanya ingin mengambil gambar dari tampilan website tersebut. Seperti kita tahu bersama sebenarnya langkah untuk mengcapture halaman website sangatlah mudah. Tinggal menggunakan tombol print screen pada keyboard dan kemudian mem-paste kannya pada program pengolah gambar yang ada pada #windows.

Cara itu memang yang secara umum banyak digunakan, namun dengan cara mengambil screenshot #website tersebut, hasil yang nampak terbatas pada bagian yang terlihat saja. Atau dengan kata lain, anda tidak bisa mengambil screenshot bagian halaman website dari atas sampai pada dasar halaman.

Untuk mengambil screenshot dari sebuah halaman website dalam satu halaman penuh, anda memerlukan sebuah addons atau extension browser bernama Awesome Screenshot. Awesome Screenshot adalah tool pendukung browser yang biasa digunakan untuk meng-capture halaman website baik itu sebagian halaman maupun satu halaman penuh.

Awesome Screenshot tersedia untuk beberapa #browser besar seperti google chrome dan firefox. Untuk panduan lebih lengkapnya tentang cara mengambil screenshot website, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Download dan install addons atau extension untuk browser melalui link berikut : chrome atau firefox




2. Jika sudah terinstall, akan ada logo awesome screenshot berbentu lensa kamera di pojok kanan atas browser anda (kotak merah pada gambar). Pada contoh kali ini saya menggunakan mozilla firefox.

awesome_1

3. Buka halaman website yang ingin anda ambil screenshotnya, dan setelah halaman website terbuka secara keseluruhan klik pada icon awesome screenshot yang terletak di pojok kanan atas halaman.

awesome_2

4. Pilih mode pengambilan layar yang akan anda ambil, apakah anda hanya akan mengambil bagian halaman website yang terlihat atau keseluruhan halaman. Anda juga bisa menggunakan shortcut yang disediakan oleh awesome screenshot yaitu CTRL + SHIFT + V untuk mengambil bagian halaman website yang terlihat atau CTRL + SHIFT + E untuk mengambil gambar keseluruhan halaman.

5. Setelah mode pengambilan gambar di-klik, maka hasil “tangkapan” akan terbuka di tab baru. Sebagai contoh saya akan mengambil gambar halaman depan maxmanroe.com dengan mode pengambilan gambar seluruh halaman. Hasilnya tampak pada gambar dibawah ini :

awesome_3

Halaman tersebut adalah halaman dengan simple editing disertai dengan tombol Done. Klik Done untuk menuju pilihan penyimpanan.

7. Silahkan langsung simpan atau jika anda ingin mensharenya terlebih dahulu, silahkan klik pada beberapa tombol share #media sosial yang tersedia di sisi sebelah kanan atas. Proses penyimpanan bisa memakan waktu sampai beberapa menit mengingat resolusi gambar sangat besar.




awesome_4

8. Jika menurut anda proses penyimpanan berjalan terlalu lama, anda bisa memilih untuk menshare-nya di Awesome Screensot dengan cara mengeklik Temporary (kotak merah). Anda akan mendapatkan link dari gambar tersebut dan kemudian bisa mendownloadnya.

awesome_5

9. Resolusi dan size dari gambar yang dihasilkan cukup besar. Gambar yang saya ambil memiliki ukuran 1.4MB dengan resolusi 1349 x 4267 pixels. Berikut ini adalah tampilan halaman depan Maxmanroe.com setelah di-capture menggunakan awesome screenshot :

Maxmanroe Full

Tampilan Maxmanroe.com Satu Halaman Penuh

Perlu dicatat, resolusi gambar yang di-capture oleh awesome screenshot adalah resolusi asli dan ukurannya cukup besar. Jadi sebaiknya anda cek terlebih dahulu ukuran gambar sebelum anda menggunakannya. Untuk proses penangkapan gambar juga tidak berlangsung sekejap, tapi harus menunggu beberapa detik (jika yang diambil keseluruhan halaman). Sekian untuk artikel kali ini, dan semoga bermanfaat.



9 total comments on this postSubmit yours
  1. Ini yang saya cari dari dulu, terima kasih mas atas pencerahannya. Mantap!

  2. Makasih mas berhasil, soalnya saya kalo screenshot gapernah satu layar penuh hehe

  3. Terimakasih mas..pas butuh ketik kw langsung nemu dan ternyata isinya pas sekali…kebetulan mau capture website yang udah pernah aku bikin buat contoh portofolio..thks mas sekali lagi

  4. Mantap nih guru yang satu ini,, segala tau, makasih udh berbagi ilmu nya..

  5. Alhamdulillah sangat membantu sekali, akhirnya bisa screnschot ilmukomputer[dot]id

  6. Sangat membantu, alamat ini lebih baik bekerja sebelumnya saya mencoba dengan paste link web saya namun kurang bagus hasilnya.

    Cara yang ini sangat puass. Makasih admin.

  7. Thanks Berat pak admin, sangat membantuk tuk contoh tampilan halaman template…:-)

  8. thankyou mas. barusan ngecobain nih. karna percaya aja gitu kalo ngesave-nya lama, akhirnya aku cuman klik kanan save image as aja di preview image nya. cepet. hehe.

  9. baru tau ada screenshoot yang bisa begitu..
    pengetahuan lagi. thank u mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud