Cara Mengambil Screenshot Layar di Windows 7, 8 dan 8.1

Cara Mengambil Screenshot Layar di Windows 7, 8 dan 8.1

cara mengambil screenshot layar

Screenshot merupakan sebuah gambar yang diambil dengan “menangkap” tampilan layar pada sebuah #komputer. Gambar yang diambil bervariasi sesuai dengan kebutuhan, seperti screenshot tampilan desktop, windows explorer, atau bahkan screenshot browser yang sedang menampakkan sebuah halaman website.

Tujuan dari pengambilan screenshot tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menunjukkan keadaan dan informasi pada saat kita mengambil screenshot pada desktop. Saya sendiri sering menggunakan screenshot sebagai petunjuk dokumentasi atau tutorial yang nantinya akan dipublikasikan pada beberapa situs termasuk situs ini. Dengans screenshot yang jelas, sebuah panduan atau tutorial akan lebih mudah dimengerti karena menunjukkan “demonstrasi” langsung dari teks yang menerangkan.

Cara mengambil screenshot layar pada komputer bisa dikatakan sederhana, namun bisa dikatakan masih banyak orang yang tidak mengetahui cara pengambilans screenshot yang lebih mudah dan cepat. Untuk itulah di sini saya akan berbagi cara mudah untuk mengambil screenshot pada kompyter bersistem operasi #windows.

Ada 3 cara mengambil screenshot layar yang sering saya gunakan dan itulah yang akan saya tulis dan bagikan untuk teman-teman pembaca. Untuk lebih jelasnya, silahkan terus ikuti panduan ini.

Artikel lain: Cara Mengambil Screenshot Website Satu Halaman Penuh

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc)

Cara pertama adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot, yaitu dengan menggunakan tombol Print Screen yang terletak di sisi sebelah kanan keyboard. Penyingkatan Print Screen bisa saja berbeda antara satu merk dengan merk lain, seperti pada Lenovo misalnya saya menemukan bahwa Print Screen ditulis dengan PrtSc dan bukan PrintScr seperti pada kebanyakan laptop.

Cara pengambilan gambar dengan Print Screen cukup mudah, anda cukup mempersiapkan jendela windows yang ingin anda “tangkap” layarnya, kemudian tekan tombol Print Screen pada keyboard, lalu paste (Ctrl + V) pada program pengolah gambar yang anda miliki.

Anda bisa mem-pastenya pada Adobe Photoshop, Corel Draw, atau Paint, melakukkan editing sesuai kebutuhan, dan kemudian menyimpannya. Saya sendiri lebih suka menggunakan Paint karena program ini bawaan dari windows dan loadingnya lebih cepat.

screenshot_1

2. Menggunakan Shortcut Tombol Windows + Print Screen

Cara ini bertujuan untuk mengambil screenshot satu layar penuh dengan memanfaatkan kombinasi tombol windows + print screen yang ada pada keyboard. Setelah menyiapkan tampilan desktop yang ingin anda capture gambarnya, tekan tombol windows + print screen maka desktop anda akan meredup selama 1 detik.

Peredupan itu adalah proses pengambilan screenshot dan screenshot layar yang sudah diambil secara otomatis akan disimpan pada folder C:\Users\Nama User\Pictures\Screenshots. Jika pada folder Pictures anda tidak terdapat folder Screenshot, maka windows akan membuatnya secara otomatis saat anda mengambil screenshot menggunakan cara ini.

screenshot_2

3. Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah tool bawaan dari Windows yang fungsinya untuk mengambil screenshot. Yang saya sukai dari Snipping Tool adalah karena tool ini memiliki 4 pilihan untuk mengambil screenshot. Anda bisa mengambil screenshot dalam layar penuh, dalam 1 mode window, dalam bentuk yang bebas (free form), sampai dengan pengambilan “kotak” (rectangular).

screenshot_3

Tool ini sering saya gunakan ketika mengambil screenshot dengan cepat dan minor edit karena opsi untuk editing pada tool ini sangat minim. Jika anda ingin opsi lebih banyak dalam editing setelah pengambilan screenshot, anda bisa menggunakan cara pertama.

Beberapa cara mengambil screenshot diatas bisa digunakan pada beberapa versi windows seperti windows 7, windows 8, dan windows 8.1. Cara-cara tersebut adalah cara yang sering saya gunakan ketika sedang membuat artikel tutorial pada blog ini. Sekian untuk artikel kali ini, dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

4 KOMENTAR

  1. Min apakah Lightshot tidak bisa digunakan di windows 7-8.. kenapa tidak ada didalam Artikel ?

  2. kalau saya biasa pakai software greenshot untuk ambil screenshot di laptop, soalnya lebih sering screenshot sebagian layar jadi sangat mudah pakai software tersebut

  3. Kalau saya biasanya pakai aplikasi Lightshot biar gampang diedit atau dikasih tanda-tanda gitu.

  4. thanks gan atas informasinya

Tinggalkan Balasan