Cara Menciptakan Tim Kerja Yang Produktif Ala Google

Menciptakan Tim Kerja Yang Produktif

Image dari Skipprichard.com

Mempunyai perusahaan besar dan terus berkembang adalah keinginan bagi setiap orang yang terjun dalam dunia bisnis. Namun demikian untuk meraih posisi dan kesuksesan dalam mengembangkan bisnis atau perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Untuk membuat perusahaan terus mengalami perkembangan, salah satu yang harus Anda lakukan adalah menjaga produktifitas tim kerja Anda sendiri. Karena bagaimanapun juga eksistensi dan perkembangan perusahaan sangat terkait erat dengan produktifitas tim kerja, karena ketika tim Anda tidak produktif sama halnya perusahaan Anda akan mandeg.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan tim kerja yang produktif ini. Raksasa bisnis internet #Google pun juga memiliki tips dan strategi tersendiri untuk meningkatkan produktifitas tim kerja mereka. Bahkan untuk menciptakan tim kerja yang produktif ini Google mengadakan sebuah proyek khusus untuk meneliti dan menganalisa perilaku karyawan mereka. Dan dari penelitian itulah akhirnya mereka mendapatkan suatu formula yang dianggap paling tepat untuk membuat tim kerja menjadi lebih produktif. Apa saja formula tersebut, simak di bawah ini.

1. Pentingnya Rasa Aman Secara Psikologis Pada Karyawan

Dalam setiap menjalankan pekerjaannya di sebuah perusahaan, tentunya setiap karyawan dituntut untuk selalu mengambil keputusan secara cepat dan akurat. Di sini, dari setiap keputusan yang diambil pasti akan membawa resiko tersendiri yang tak jarang membuat takut para karyawan itu sendiri, dan mau tidak mau itu harus ditanggung karyawan juga akibatnya.

Dalam proses pengambilan keputusan tersebutlah kadang banyak membuat karyawan ragu dan takut sehingga efeknya tentu saja akan berpengaruh secara psikologis ketika keputusan yang mereka ambil ternyata salah. Maka, pentingnya memberikan rasa aman secara psikologis pada karyawan sangat diperlukan. Ini perlu dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada karyawan bahwa setiap keputusan yang diambil adalah yang terbaik.

Artikel lain: Cara Membuat Struktur Tim Ideal Untuk Menguatkan Startup

2. Saling Membantu Untuk Hal Positif

Tim kerja dalam sebuah perusahaan harus bisa saling bahu membahu untuk mengerjakan sesuatu yang positif. Bekerja di dalam sebuah tim tidak boleh bekerja sendiri dan berusaha melakukan semuanya sendiri.

Perlu diketahui bahwa esensi dalam bekerja dengan tim adalah ketika seseorang merasa nyaman di saat harus mengandalkan atau dibantu orang lain dalam pekerjaannya. Jadi dalam sebuah tim kerja harus ada saling percaya pada masing-masing orang di dalamnya untuk saling membantu menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

3. Peranan Dan Struktur yang Jelas Dari Masing-masing Anggota Tim

Ini harus dilakukan dengan detail, kejelasan tupoksi dalam sebuah tim kerja harus jelas. Setiap anggota tim kerja harus mengetahui peranan dan fungsi mereka dengan jelas dalam rencana kerja. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam mengerjakan setiap proyek dalam perusahaan. Tumpang tindih dalam pekerjaan hanya akan membuang-buang waktu dan energi tim kerja Anda. Jadi sejak awal Anda harus membuat tim kerja yang jelas dan Anda juga harus mampu mendefinisikan tanggungjawab dari masing-masing anggota tim kerja.

4. Memberikan Manfaat Secara Lebih Personal

Dalam mengerjakan setiap tugas dari perusahaan, Anda harus memastikan bahwa pekerjaan tersebut memiliki makna tersendiri untuk masing-masing karyawan. Maksudnya adalah, perusahaan juga harus mampu memberikan tugas yang bisa menghadirkan passion kepada para karyawannya.

Sederhananya, setiap pekerjaan yang diberikan bisa memberikan manfaat pada karyawan seperti bisa memberikan ilmu baru, menjalin hubungan dengan orang baru, ataupun pekerjaan yang diberikan bisa melibatkan hobi di dalamnya. Ini penting sekali untuk bisa terus menjaga produktifitas dan kualitas pekerjaan dari masing-masing karyawan.




Baca juga: 5 Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim dalam Sebuah Startup

5. Yakinkan Bahwa Tiap yang Dikerjakan Berdampak Positif Pada Kehidupan

Ini sangat perlu Anda lakukan, yakinkan pada setiap tim kerja bahwa apa yang dikerjakan adalah sesuatu yang memiliki dampak yang bagus untuk kehidupan umat manusia. Bahwa setiap yang dikerjakan adalah sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk perubahan pada tatanan yang lebih baik.

Nah, meyakinkan tim kerja seperti ini sangat bagus untuk memupuk alam bawah sadar mereka bahwa apa yang mereka lakukan dengan penuh kerja keras adalah sangat berguna dan bermanfaat untuk masyarakat. Dan lebih dari itu, apa yang mereka lakukan pasti dinantikan oleh masyarakat. Ini tentu akan membuat setiap tim kerja menjadi bangga sehingga dengan sendirinya akan bekerja lebih optimal ke depannya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Informasi yang bermanfaat..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud