Cara Menambah Fitur Recycle Bin di Android

Dumpster untuk android

Jika anda terbiasa menggunakan #windows di komputer anda, tentunya anda sudah familiar dengan sebuah fitur yang dinamakan Recycle Bin. Semua file dan folder yang anda hapus akan dibuang atau dikirim ke Recycle Bin dengan catatan anda tidak menghapusnya secara permanen (Ctrl + ALT + DEL). Dan jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya, anda bisa me-restore file atau folder tersebut dan menggunakannya kembali.

Recycle Bin merupakan salah satu fitur penting mengingat kadangkala seorang pengguna bisa saja “kecelakaan” dalam menghapus file maupun folder secara tidak sengaja. Namun kasus menghapus secara tidak sengaja tidak hanya terjadi di windows namun juga perangkat berbasis mobile secara #android. Pertanyaannya, adakah fitur Recycle Bin untuk android?

Jawabannya tidak secara default, android tidak memiliki fitur bawaan seperti Recycle Bin windows. Namun anda tetap bisa menggunakan fitur serupa recycle bin dengan cara menambah fitur recycle bin di Android lewat sebuah #aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda unduh secara gratis melalui google play store kita bisa menciptakan fitur serupa recycle bin. Nama aplikasi tersebut adalah Dumpster, dibuat oleh Baloota Dev.

Sama halnya dengan Recycle Bin di windows, setiap file yang dihapus di android baik itu foto, video, mp3, dokumen, maupun file dengan format lainnya nantinya akan tertampung di fitur Dumpster tersebut.

Fitur Aplikasi Dumpster :




  • Tidak membutuhkan ROOT, namun anda akan mendapatkan fitur tambahan jika perangkat anda telah di-ROOT
  • Tidak memerlukan koneksi #internet dalam beroperasi
  • Fitur terbaru : mengembalikan aplikasi yang sudah di-uninstall
  • Mengembalikan file yang di backup Dumpster hanya dalam 1 tap
  • Kemampuan untuk melihat preview foto, audio, dan video sebelum proses recovery/ pengembalian
  • Fitur setting waktu/ jadwal untuk penghapusan permanen file lama
  • Melindungi privasi anda dengan lockscreen spesial dan pembatasan akses.

Mengaktifkan Dumpster/ Recycle Bin di Android

1. Silahkan download dan install dumpster melalui link berikut ini : Dumpster di Google Play Store

2. Buka Dumpster maka anda akan dihadapkan pada “Terms and Conditions”, cukup accept untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Sebagai catatan, jika perangkat android anda sudah di-root, maka anda akan menemui pop up dari aplikasi root anda untuk memberikan akses pada Dumpster. Silahkan tap pada Grant untuk memberikan akses.

dumpster_1

3. Di halaman awal anda akan dihadapkan pada bagian Set Up, anda bisa menentukan tipe file yang ingin anda recover baik itu gambar, dokumen, video, audio, maupun tipe file lainnya.

dumpster_2




4. Pada menu Auto Clean yang berada di tengah, anda bisa melakukkan setting waktu atau penjadwalan untuk menghapus file secara permanen setelah melewati jangka waktu tertentu mulai dari 1 minggu, 1 bulan, sampai 3 bulan. Anda juga bisa tetap menjaga file tetap berada di Dumpster dengan memilih opsi OFF.

dumpster_3

5. Jika perangkat android anda sudah di root, sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan bagian ini (kotak merah) mengingat anda bisa mendapatkan beberapa akses lanjutan.

dumpster_4

Menggunakan Dumpster Untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Penggunaan dari Dumpster sendiri cukup mudah. Sebagai contoh saya akan menghapus sebuah file gambar dan file #video dari galeri. Dan setelah membuka file Dumpster, maka kedua file tersebut bisa ditemukan dengan previewnya sebagai berikut ini :

dumpster_5

Untuk mengembalikan file, cukup tap pada file yang ingin anda kembalikan kemudian opsi lain akan muncul. Sebagai contoh saya akan mengembalikan file bernama “Naruto The Movie LOL”, maka yang perlu saya lakukkan hanya melakukkan tap pada preview file tersebut dan melakukkan tap pada Restore.

dumpster_6

Dumpster akan tetap menyimpan file yang terhapus sampai anda melakukkan penghapusan secara manual, atau anda bisa menentukan waktu tertentu sampai file terhapus secara otomatis di Dumpster (cek Settings). Sebagai catatan, aplikasi Dumpster hanya bisa mengembalikan file yang sudah terhapus setelah anda menginstall dumpster dan tidak bisa mengembalikan file yang sudah terhapus sebelum anda menginstall dumpster.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud