Cara Memperoleh Role Model Yang Sesuai Dengan Karakter Kita

ROLE MODEL

Image dari Nozomimorgan.com

Keberadaan role model dalam kehidupan kita sangat penting sekali, selain sebagai motivator, role model juga bisa dijadikan sebagai mentor meski tidak secara langsung. Role model adalah orang yang lebih sukses dari kita dan nantinya akan kita jadikan sebagai panutan kita. Ada banyak sekali orang sukses di sekitar kita, namun seringkali kita sulit menentukan siapa yang akan kita jadikan sebagai contoh dan panutan dalam kehidupan kita.

Karena bagaimanapun juga dari masing-masing orang sukses tersebut pasti memiliki karakter yang berbeda, maka kita pun harus juga bisa memilih role model yang tepat untuk kita. Penyesuaian karakter role model dengan diri kita ini sangat penting untuk memudahkan kita dalam mengambil pelajaran dari setiap proses yang mereka lalui. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih role model yang tepat untuk karakter Anda.

1. Kenali Dengan Baik Diri Sendiri

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah tentu saja harus mengenali terlebih dahulu karakter kita sendiri. Kenali kelebihan kita dan kekurangan kita, kemudian apa passion kita, apa mimpi dan tujuan kita dalam hidup. Proses mengenali diri ini tidak bisa Anda lakukan dalam waktu yang singkat, terkadang juga memerlukan proses yang panjang sampai kita benar-benar bisa mengetahui dengan baik karakter kita.

Bahkan sering kali juga kita memerlukan orang lain untuk membantu kita dalam menemukan passion dan keinginan kita. Jika Anda merasa sulit mengenali diri Anda sendiri, Anda bisa berdiskusi terlebih dulu dengan, teman, sahabat atau keluarga Anda. Ini penting Anda lakukan untuk bisa segera mengenali diri Anda secara lebih baik.

Artikel lain: Role Model ~ Strategi Jitu Untuk Dukung Pengembangan Diri

2. Buat Catatan Orang-Orang yang Sukses

Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah memetakan dan membuat daftar banyak orang sukses yang Anda ketahui. Buatlah daftar sebanyak mungkin kemudian klasifikasikan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ada banyak bidang yang masing-masing tentunya ada orang-orang sukses di dalamnya, di bidang bisnis, olahraga atau juga di bidang politik.

Tulis masing-masing mereka untuk memudahkan Anda mendapatkan role model yang tepat. Karena sebenarnya role model tidak hanya satu, Anda bisa membuat daftar sebanyak-banyaknya.

3. Padukan Beragam Karakter Positif Dari Mereka

Langkah selanjutnya, Anda bisa mempelajari berbagai karakter positif dari mereka dan kemudian diambil untuk diaplikasikan pada diri sendiri. Anda bisa memadukan berbagai karakter positif dari mereka sehingga akan muncul banyak karakter hebat pada diri Anda.

Padukan setiap karakter positif mereka dalam diri Anda, kerja keras, pantang menyerah, inovatif dan berbagai karakter positif yang tentunya pasti dipunyai oleh orang-orang sukses tersebut. Sebagai pemula, Anda harus sadar juga bahwa semua yang Anda jalani ini akan memerlukan proses panjang dan memerlukan energi besar dalam diri Anda.

4. Pelajari Proses yang Mereka Lalui

Proses selanjutnya yang harus Anda lalui adalah, jangan hanya mempelajari beragam karakter mereka. Anda juga harus mempelajari berbagai proses yang pernah mereka alami, kesulitan mereka, bagaimana mereka bisa bangkit dari keterpurukan, itu yang sangat penting untuk Anda ketahui. Karena kesuksesan yang mereka dapatkan tentu bukan didapatkan dengan cara yang mudah.




Proses ini akan sangat bermanfaat bagi Anda ketika nantinya Anda menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup Anda atau juga dalam bisnis Anda. Dengan ini Anda tidak perlu risau lagi karena ketika Anda tengah mengalami kesulitan, Anda tidak lagi merasa sendiri, ada orang sukses yang juga pernah mengalami kesulitan sebelumnya.

Baca juga: Merasa Kesulitan Dalam Mengembangkan Diri, Mungkin Ini Penyebabnya

5. Jadilah Diri Sendiri, Jangan Jadi Mereka

Dari berbagai poin di atas, yang paling penting adalah poin ini. Jadilah diri sendiri, jangan pernah Anda berusaha untuk menjadi orang lain. Boleh mengambil pelajaran dari berbagai orang sukses yang ada, namun Anda harus tetap menjadi diri sendiri.

Ambil saja pelajaran dari proses yang mereka lalui, karakter positif mereka, lalu jadikan satu dalam diri Anda sesuai dengan karakter yang Anda miliki. Karena meski Anda banyak belajar dari mereka, namun Anda sendirilah yang tetap menjadi penentu kesuksesan jalan hidup Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud